21 April

21 April

April merupakan bulan yang identik dengan wanita. Bulan yang selalu mengingatkan kembali pada sosok pejuang wanita di masa lalu yakni RA Kartini. Bertepatan pada tanggal 21 April ia dilahirkan dan ditakdirkan untuk memperjuangkan hak-hak wanita yang dikenal dengan sebutan emansipasi wanita. Semangatnya yang membara, membawanya terus berjuang untuk mendapatkan keadilan atas hak-hak wanita, hingga ia ditetapkan sebagai salah satu Pejuang Wanita Indonesia. Jerih payahnya tidak terbuang sia-sia, hingga sekarang para wanita di Indonesia dapat terus mengembangkan dan menunjukkan potensi mereka.

Dahulu kala sebelum dikenal adanya emansipasi wanita, hak-hak kaum hawa terinjak-injak, dianggap lemah, bahkan dianggap tidak berdaya jika dibandingkan dengan kaum pria.  Hingga banyak keterbatasan dan diskriminasi yang diterima oleh kaum wanita, seperti tidak diizinkannya mengenyam pendidikan yang tinggi layaknya kaum pria, tidak bebas menentukan pilihan atau bahkan tidak memiliki pilihan sama sekali, dan bahkan wanita dianggap hanya dikodratkan untuk diam dirumah, melayani suami, serta mengerjakan pekerjaan dapur. Hal tersebut yang menggugah semangat RA Kartini untuk menyamakan hak antara kaum pria dan kaum wanita.

Sejak umur 12 tahun RA Kartini memulai perjuangannya. Ketika ia dilarang melanjutkan pendidikannya setelah sebelumnya bersekolah di Europese Lagere School (ELS), ia tidak menyerah begitu saja. Larangan tersebut dan berita tentang kemajuan wanita-wanita di Eropa yang menyulut hatinya untuk memperjuangkan hak wanita di Indonesia, khususnya di bidang pendidikan. Oleh karena itu, sebagai kaum wanita yang hak-haknya  telah diperjuangkan hingga bisa berdiri tegap saat ini perlu dibangun kesadaran bahwa emansipasi wanita bukan semata-mata memberikan kebebasan yang sebebas-bebasnya. Melainkan kebebasan yang terkontrol, mengerti batasan-batasan yang tidak harus dilakukan serta kemampuan untuk mengenyam pendidikan setinggi-tingginya namun tidak melupakan bahkan meninggalkan kodratnya sebagai seorang wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *