Ambisi UINSA, Mitra Tamu Kunjungan Kerja di September Pekan ke-2

Formadiksi UM News – Di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang tak kunjung usai, banyak dampak yang ditimbulkan dan dirasakan oleh semua lapisan masyarakat dan semua sektor kehidupan, tak terkecuali pada sektor pendidikan. Dengan penuh keterbatasan yang ada saat ini, organisasi Bidikmisi yang ada pada lintas kampus diharapkan tetap produktif di tengah keterbatasan yang ada. Salah satu contoh kegiatan yang produktif meskipun di tengah pandemi adalah kunjungan kerja. Usai menerima kunjungan kerja dari EEPIS Bidikmisi Organization Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (E-Bio PENS) pada 6 September lalu, Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) akan kembali kedatangan tamu dari Surabaya pada 13 September mendatang.

Mitra kunjungan kerja kali ini ialah Aliansi Mahasiswa Bidikmisi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Ambisi UINSA). Kunjungan Kerja Ambisi UINSA ke Formadiksi UM ini sendiri merupakan bagian dari program kerja yang dinaungi oleh Divisi Relasi Ambisi UINSA. Sedangkan di Formadiksi UM program kerja ini dinaungi oleh Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM). Dengan diadakannya kunjungan kerja ini diharapkan ke depan akan tercipta kerja sama yang lebih baik lagi dan keduanya menjadi organisasi yang lebih tertata serta solid.

Kunjungan kerja merupakan sebuah kegiatan yang digelar untuk bertukar pikiran dan berbagi banyak hal terkait berbagai program kerja yang dijalankan antarorganisasi pelaksana. Pada Kamis (3/9/2020), Reporter Formadiksi UM News berhasil mewawancarai panitia kunjungan kerja Ambisi UINSA ke Formadiksi UM, yakni Fauziah Novita selaku Ketua Pelaksana Kunjungan Kerja dari Ambisi UINSA, Ikmalur Rosyidin selaku Ketua Umum Ambisi UINSA, dan Tisya Aulia Yulianti selaku Ketua Pelaksana Kunjungan Kerja Formadiksi UM.

“Yang pertama, Ambisi UINSA ingin membangun relasi dan menjalin silaturahmi dengan organisasi Bidikmisi lintas kampus. Selain itu, kami ingin bertukar pikiran tentang apa yang sudah atau apa yang ingin diwujudkan. Dan yang terakhir, Ambisi UINSA ingin mengetahui perkembangan informasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) di kampus lain,” tutur Fauziah selaku Ketua Pelaksana Kunjungan Kerja dari Ambisi UINSA saat ditanyai tentang tujuan kunjungan kerja kali ini.

Hal senada disampaikan pula oleh Ketua Umum Ambisi UINSA, Iklamur Rosyidin bahwa relasi, silaturahmi, dan berbagi informasi menjadi tujuan dalam kunjungan kerja ke Formadiksi UM.

“Tujuan yang pertama adalah untuk saling berbagi pengalaman masing-masing program kerja. Kedua, untuk diskusi mengenai dampak sebelum dan sesudah adanya Covid-19 bagi mahasiswa penerima Bidikmisi. Ketiga, untuk diskusi mengenai KIP Kuliah. (Dan) terakhir, tentunya untuk menambah relasi dan mempererat tali silaturahmi antara Ambisi UINSA dengan Formadiksi UM,” ungkap Ikmal.

Dalam menyelenggarakan dan melaksanakan kegiatan, tentunya ada harapan dari terselenggaranya program kerja. Adapun harapan yang didapatkan setelah kunjungan kerja tentunya tidak jauh dari tujuan diadakannya kunjungan kerja Ambisi UINSA ke Formadiksi UM.

“Harapannya semoga dengan dilaksanakannya Kunjungan Kerja ini, semua yang menjadi tujuan (di atas) dapat tercapai. Kita bisa memaknai arti solidaritas untuk memajukan organisasi Bidikmisi ke depannya,” jawab Fauziah.

“Harapannya, silaturahmi dan hubungan kedua organisasi tetap terjalin dengan baik. Semoga dengan adanya diskusi tentang KIP Kuliah ini, baik Ambisi UINSA maupun Formadiksi UM bisa menjadikan hasil diskusi sebagai salah satu referensi untuk membuat program kerja masing-masing organisasi lebih baik lagi ke depannya,” ungkap Ikmal.

Di luar tujuan dan harapan diadakannya kunjungan kerja, Reporter Formadiksi UM News juga berkesempatan mengulik alasan di balik terpilihnya Formadiksi UM menjadi mitra kunjungan bagi Ambisi UINSA.

“Tentunya Ambisi UINSA memiliki pertimbangan tersendiri untuk memilih kunjungan kerja ke Formadiksi UM sebagai mitra kunjungan (secara pribadi) karena Formadiksi UM terlihat intens dalam melakukan berbagai kegiatan di masa pandemi. Hal tersebut membuat kami penasaran tentang apa yang membuat Formadiksi UM terlihat berkesan dan solid. Alasan lainnya adalah karena kami mendapat rekomendasi dari Sekretaris Umum Ambisi UINSA untuk melakukan Kunjungan Kerja ke Formadiksi UM,” ungkap Fauziah.

Selaras dengan maksud dan tujuan baik dari Ambisi UINSA dalam Kunjungan Kerja, Formadiksi UM pun tidak main-main dalam mempersiapkan kegiatan ini. Persiapan-persiapan dilakukan oleh Formadiksi UM sebagaimana disampaikan oleh Tisya Aulia Yulianti selaku Ketua Pelaksana Kunjungan Kerja dari Formadiksi UM.

“Beberapa persiapan pun dilakukan, yang pertama yakni saling berkomunikasi terutama dengan Ketua Pelaksana Kunjungan Kerja dari Ambisi UINSA. Pihak Ambisi UINSA mulai menghubungi pihak Formadiksi UM pada pertengahan Juli. Saat itulah, kita mulai menyampaikan apa saja persyaratan yang dibutuhkan kepada mereka. Kemudian kita juga mulai berkoordinasi dan memberikan pemaparan singkat mengenai profil dari organisasi, program kerja, dan divisi yang ada di Formadiksi UM sehingga nantinya bisa disesuaikan dengan divisi yang ada di Ambisi UINSA untuk selanjutnya bisa dikelompokkan saat melakukan sesi Focus Group Discussion (FGD),” ujar Tisya.

Tisya juga mengungkapkan bahwa di tengah pandemi ini terdapat kendala yang dihadapi dalam mempersiapkan kunjungan kerja dari Ambisi UINSA.

“Kendalanya, kami terkadang kesulitan dalam berkomunikasi secara online. Koordinasi yang  banyak menggunakan WhatsApp, membuat kami harus mengomunikasikan segala hal tentang persiapan dengan rinci dan membuat konsep acara secara matang bersama semua panitia,” ujar Tisya.

Sama halnya dengan persiapan yang dilaksanakan secara online, Kunjungan Kerja pada 13 September mendatang juga telah dikonsep pelaksanaannya secara online pula. Adapun platform digital yang digunakan ialah Google Meet dan WhatsApp. Sampai jumpa di hari H Kunjungan Kerja!

Bidikmisi! Berprestasi tiada henti!

 

Reporter        : Hartono

Editor             : Diana Dahniar

 

2 thoughts on “Ambisi UINSA, Mitra Tamu Kunjungan Kerja di September Pekan ke-2”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *