Antusias, Ciptakan Semangat di Hari Pertama FUN #7

MALANG, Formadiksi UM News – Dalam  rangka meningkatkan jiwa sosial Mahasiswa Bidikmisi, Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM)  melaksanakan kegiatan Formadiksi Untuk Negeri 7 (FUN #7) yang dilaksanakan di Dusun Mulyoasri, Desa Mulyoasri, Kecamatan Ampelgading pada Kamis (12/12/2019). Kegiatan ini akan  dilaksanakan mulai tanggal 12-15 Desember 2019 dan dibuka dengan penyerahan cenderamata oleh Wakil Ketua Formadiksi UM kepada Kepala Dusun Mulyoasri.

Selain Pengurus Formadiksi UM selaku penyelenggara kegiatan, FUN #7 juga diikuti oleh volunter yang sebelumnya telah melalui proses seleksi. Pada hari pertama FUN #7 ini, para volunter antusias mengikuti serangkaian kegiatan, pantang mengeluh walau perjalanan dari kampus UM ke lokasi memakan waktu sekitar  dua jam.  Seperti halnya yang diungkapkan oleh salah satu Volunter FUN #7, Danny Firmansyah, Mahasiswa Jurusan Fisika angkatan 2019, “Kesan mengikuti FUN #7 di hari pertama sangat menyenangkan, karena baru pertama kali juga bisa mengabdi ke masyarakat. Banyak teman dari berbagai jurusan, bisa kenal kakak-kakak (panitia), mendapat pengalaman, dan saya belum merasa capek.”

Bukan tanpa alasan FUN #7 kali ini bertempat di Dusun Mulyoasri, Tutut Wahyuning Tyas selaku ketua pelaksana menjelaskan, “(Karena) mayoritas penduduk di Dusun Mulyoasri bekerja sebagai petani, peternak, atau usaha mandiri, sehingga mendukung rangkaian kegiatan dalam kegiatan ini. Selain itu tingkat pendidikan di desa ini masih terbilang rendah, sehingga kegiatan FUN #7 tahun ini diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut.”

Penduduk setempat, khususnya Kepala Dusun Mulyoasri sangat antusias dan mengapresiasi kegiatan ini.

“Kami dari perangkat desa sangat antusias menyambut program Formadiksi UM ini, mengingat dari dusun ini juga sering dijadikan tempat KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari berbagai kampus. (Karena) dusun ini masih jauh dari keramaian, terus dari SDM (Sumber Daya Manusia) masih menengah ke bawah, rata-rata hanya lulusan SMA/SMK. Mungkin dari program pendidikan nanti, rekan-rekan dapat memotivasi pemuda atau anak-anak yang ada di sini,” ungkap Purwanto selaku Kepala Dusun Mulyoasri.

Setelah pembukaan kegiatan, panitia dan volunter melaksanakan silaturahmi ke penduduk setempat sesuai dengan kelompok yang telah dibagi sebelumnya. Dalam silaturahmi ini juga digali informasi-informasi terkait potensi dusun. Dilihat dari potensinya, Dusun Mulyoasri memiliki berbagai hasil panen, di antaranya kopi, tebu, sayuran, singkong, salak, dan lain-lain. Dari berbagai hasil panen tersebut, kopi merupakan hasil panen yang mendominasi dusun ini.

Selain silaturahmi dan gali potensi, juga telah dilaksanakan bimbingan belajar, mengaji, dan menari yang dibuka untuk anak-anak  di Dusun Mulyoasri. Kegiatan ini  dilaksanakan di basecamp FUN #7 setelah asar hingga pukul 20.00 WIB. Khusus untuk bimbingan belajar, mengaji, dan menari akan dilaksanakan rutin hingga penutupan FUN #7 ke depan. Hari pertama FUN#7 ditutup dengan Focus Group Discussion (FGD) yang membahas topik terkait potensi dusun dengan berbasis Analisis Lingkungan SWOTS (Strengthness, Weakness, Opportunity, Threat, and Solution).

 

Reporter          : Chantika Putri Ana

Editor              : Amanatul Haqqil Ibad

 

 

One thought on “Antusias, Ciptakan Semangat di Hari Pertama FUN #7”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *