Bagi Kalian Calon Peserta Lomba Cipta Puisi dan Opini Mahasiswa Bidikmisi UM bidang Cipta Puisi, Yuk! Simak Rahasia Lolos Berbagai Kompetisi Cipta Puisi dari Mahasiswa Bidikmisi HKN Berikut Ini

Masih ingat dengan Lomba Cipta Puisi dan Opini Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang yang dibuka 25 Juni 2018 lalu, ‘kan?
Lomba Cipta Puisi dan Opini Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang yang diselenggarakan oleh Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) ini, merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk mewadahi dan memfasilitasi mahasiswa Bidikmisi UM dalam bidang kepenulisan. Pada pelaksanaannya, lomba ini dibuka untuk mahasiswa Bidikmisi UM angkatan 2015 hingga 2017. Peserta tidak harus yang lihai atau mahir dalam berkata-kata, sebab fokus utama dari kegiatan ini bukan hanya untuk menambah prestasi bagi mahasiswa Bidikmisi UM, namun juga agar kegiatan ini dapat menjadi suatu sarana atau fasilitas untuk menambah pengalaman berkompetisi serta mengasah kebahasaan masing-masing individu.
“Lomba ini diadakan untuk mewadahi minat mahasiswa Bidikmisi UM di bidang kepenulisan, sehingga harapannya antusiasme atau partisipasi dari mahasiswa Bidikmisi UM terus bertambah. Karena dengan lomba ini, kami (Formadiksi UM) memiliki tujuan untuk memfasilitasi dan mengasah mahasiswa Bidikmisi UM dalam menulis sebuah karya,” jelas Khusnul Khotimah, Ketua Pelaksana Lomba Cipta Puisi dan Opini Mahasiswa Bidikmisi UM.
Di lain kesempatan, Reporter Kegiatan juga mewawancarai salah satu mahasiswa Bidikmisi UM yang cukup berpengalaman dalam lomba kepenulisan, khususnya cipta puisi pada Minggu (15/7).
“Menarik dan bermanfaat, karena hal tersebut (Lomba Cipta Puisi dan Opini Mahasiswa Bidikmisi UM) juga dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih mengasah kreativitas, ajang penyaluran bakat, kemampuan serta dapat menjadi salah satu prestasi tersendiri bagi mahasiswa yang mengikuti,” ujar Riska Musfaiyah, mahasiswa Bidikmisi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan angkatan 2015.
Berdasarkan informasi dari hasil Pendataan Mahasiswa Bidikmisi UM periode pertama yang dilaksanakan oleh Divisi Minat dan Bakat Formadiksi UM bahwa mahasiswa yang berasal dari program studi S1 Pendidikan PPKN ini merupakan salah satu mahasiswa Bidikmisi UM dengan cukup banyak prestasi khususnya dalam bidang cipta puisi. Beberapa prestasi tersebut antara lain Kontributor 2017 dalam Cipta Puisi Tingkat Nasional “Khimar” oleh Penulis Ngawi, Penulis Terpilih 2017 Tingkat Nasional oleh Komunitas Indonesia Menulis, Kontributor Cipta Puisi 2017 oleh CTA Cirebon, 20 Penulis Terbaik Cipta Puisi 2017 oleh Duta Damai Dunia Regional Malang, Kontributor Terfavorit 2017 Tingkat Nasional oleh Oase Pustaka, dan Penulis Terpilih 2017 dalam Cipta Puisi Tingkat Regional “Strong Heart”.
“Pertama itu tulis ide yang ada di pikiran kita meskipun hanya satu bait misalnya. Sering-seringlah membaca puisi dari hasil maestro-maestro puisi karena hal itu mampu menjadi salah satu pembendaharaan kata. Yakin bahwa ide kita tidak ada yang salah,” jelas Riska ketika ditanya tentang rahasia lolos berbagai kompetisi cipta puisi.
Dari pengalaman yang dipaparkannya tersebut, Riska menekankan bahwa ‘yakin’ merupakan kunci dari totalitas dan kekonsistenan.
“Sing penting yakin mbak, karena sesuatu yang dimulai dengan keyakinan maka kita akan menjalankannnya dengan totalitas dan konsisten,” tambah Riska.
Di akhir wawancara, Riska menambahkan pesan untuk mahasiswa Bidikmisi khususnya di Universitas Negeri Malang agar berani dan yakin dengan ide masing-masing serta dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dengan baik.
“Jangan takut, semua orang benar dengan ide masing-masing. Dan yakin segala sesuatu harus dicoba, kalau tidak yo bakalan gak tau. Pesannya, jadikan kesempatan sebagai peluang. Karena kita telah dibiayai negara, setidaknya apa yang bisa kita lakukan maka lakukanlah dan jangan memikirkan soal kalah atau menang. Kalau menang adalah bonus, tapi kalau kalah jadikanlah sebagai pengalaman agar lebih baik lagi.”
Dari apa yang disampaikan Riska dapat diambil kesimpulan bahwa segalanya berasal dari keyakinan. Berani mencoba adalah suatu kunci untuk melunturkan ketidaktahuan. Pun telah disampaikan rahasia jitu yang sangat simple untuk bisa lolos berbagai kompetisi cipta puisi sebagaimana pengalaman dari Riska sendiri. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi, ya!
Nah! Untuk kalian yang ingin mengikuti Lomba Cipta Puisi dan Opini Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang bidang cipta opini, jangan khawatir! Reporter Kegiatan Formadiksi UM akan memberikan tips dan trik atau rahasia jitu yang narasumbernya juga dari mahasiswa Bidikmisi UM sendiri, lho! Kalau sekarang sudah Riska, siapa ya selanjutnya yang akan diliput sebagai inspirasi mahasiswa Bidikmisi UM dalam lomba kepenulisan kali ini? Who’s the next? Mungkin salah satu dari kalian? So, stay terus di seluruh akun media sosial Formadiksi UM, ya!
“Bidikmisi Berprestasi Tiada Henti. Formadiksi UM Sukses.”
Semoga bermanfaat dan selamat berkarya! (
Reporter : Amanatul Haqqil dan Muhamad Fiqran
Editor : Siti Nur Khofifah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *