Bangga! Mahasiswa Penerima Bidikmisi Raih Juara di Kompetisi Matematika Nasional

Formadiksi UM News – Hari Minggu (7/3/2021), Arfian Rizky Pratama, mahasiswa penerima Bidikmisi Universitas Negeri Malang (UM), Program Studi S1 Matematika angkatan 2017, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), mendapatkan medali perak setelah berhasil menjadi juara kedua pada ajang Mathematics Paper Competition (Maption) 2020/2021. Tidak hanya itu, Arfian bersama timnya juga berhasil menyabet predikat Best Presentation dalam kompetisi tingkat nasional tersebut.

Rasa syukur dan bahagia disampaikan oleh Arfian dalam sesi wawancara bersama Reporter Formadiksi UM News pada Senin (8/3/2021). Hal tersebut membuat Reporter Formadiksi UM News semakin tertarik untuk mengulik kisah Arfian guna memperoleh secercah inspirasi dari kesuksesannya menjadi seorang juara. Simak liputannya berikut ini!

Kiat sukses agar bisa berkoordinasi baik dengan tim

Cara saya agar bisa berkoordinasi baik dengan tim adalah kita harus saling percaya dan harus bisa dipercayai. Jadi, kalau sudah dibagi tugas, maka harus dijalankan semaksimal mungkin.

Beberapa kali berprestasi melalui lomba kepenulisan

Saya ikut lomba seperti ini sudah tiga kali, yang pertama sewaktu saya SMA (sekolah menengah atas) dan alhamdulillah dapat juara dua meskipun hanya di tingkat region Kabupaten Nganjuk. Kemudian di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) tahun 2020 kemarin alhamdulillah dapat perunggu untuk kategori poster, dan yang terakhir ya Maption ini.

Kegagalan dan arti kata prestasi

Kalau untuk suatu hal yang kita suka itu tidak ada yang namanya kata kegagalan. Justru itu hanya bagian dari hiburan untuk diri sendiri. Jadi, kalau kita memang berhasil menang ya alhamdulillah, kalau kalah pun kita tetap senang. Untuk arti prestasi menurutku sendiri, yaitu ketika kita bisa menjadi lebih baik dari diri kita yang kemarin, itu sudah termasuk prestasi.

Pesan semangat dari sang juara

Berdasarkan definisi prestasi yang sudah saya katakan sebelumnya, maka pesan saya cukup singkat. Terus berprestasi meski tanpa medali!

Demikian hasil wawancara Reporter Formadiksi UM News dengan Arfian Rizky Pratama. Seperti motivasi yang diemban Arfian, hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Semoga dengan prestasi yang berhasil ditorehkan ini bisa membuat kita semua terpacu untuk giat berprestasi di bidang apapun demi nama baik Bidikmisi, KIP Kuliah, dan kampus tercinta.

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

 

Reporter: Agnes Tiara & Mufid Zahir

Editor: Della Fitriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *