Berbagi Pengalaman melalui Video Tips dan Trik Seputar Perkuliahan

Berbagi Pengalaman melalui Video Tips dan Trik Seputar Perkuliahan

Formadiksi UM News – Sebagai salah satu media sosial penyalur informasi kebidikmisian dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) YouTube Go memiliki beberapa proyek video yang diunggah di platform YouTube Formadiksi UM. Salah satu proyek video Tim YouTube Go Formadiksi UM Tahun 2020 adalah Video Tips dan Trik Seputar Perkuliahan. Video Tips dan Trik Seputar Perkuliahan ini telah diunggah pada tanggal 16 September 2020 dan saat ini telah ditonton oleh 134 viewers.

 

Pada Jumat (23/10/2020), Reporter Formadiksi UM News telah berkesempatan mewawancarai Adang Sutrisno selaku Ketua Pelaksana Formadiksi UM YouTube Go untuk mengetahui lebih dalam seputar proses produksi Video Tips dan Trik Seputar Perkuliahan. Penasaran? Yuk, simak liputannya berikut ini!

 

Adang menyampaikan bahwa berbagai proyek video dalam program kerja Formadiksi UM YouTube Go tahun ini tidak jauh berbeda dengan kepengurusan sebelumnya. Walaupun terdapat beberapa kendala yang dihadapi selama proses produksi video, hal tersebut tidak mengurangi semangat tim dalam pembuatan Video Tips dan Trik Seputar Perkuliahan.

 

“Memang terdapat beberapa kendala yang dialami selama proses produksi Video Tips dan Trik ini, apalagi di saat masa pandemi seperti sekarang. Pengambilan gambar secara offline sangat sulit untuk dilaksanakan. Akan tetapi, alhamdulillah semua bisa diatasi dengan baik walaupun dengan hasil yang masih kurang maksimal. Hal ini tidak menjadi penghambat dalam proses produksi video,” tutur Adang.

 

Kamis (22/10/2020) Reporter Formadiksi UM News juga berkesempatan untuk mewawancarai salah satu narasumber dalam Video Tips dan Trik Seputar Perkuliahan yakni Anggi Icha Larasati, mahasiswa penerima Bidikmisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UM angkatan 2018. Mahasiswi yang akrab dipanggil Icha ini, mengaku sangat senang mendapat kesempatan untuk menjadi narasumber dan terlibat dalam proses produksi video bersama Tim YouTube Go Formadiksi UM.

 

Mikirnya itu pasti seru bisa berbagi pengalaman dengan para mahasiswa baru tentang Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) serta masa awal perkuliahan. Ditambah, pasti ada culture shock yang dialami oleh mereka seperti aku dulu. Jadi, apa salahnya berbagi cerita agar mereka tidak mengalami apa yang aku alami. Overthinking sebelum menjalani perkuliahan tentu tidak baik,” ujar Icha.

 

Kabar gembiranya, Video Tips dan Trik Seputar Perkuliahan oleh Tim YouTube Go Formadiksi UM ini mendapatkan respon positif dari salah satu mahasiswa baru penerima KIP Kuliah yang juga merupakan sasaran utama dari pembuatan video tersebut. Dicky Ade Aji Firmansyah, salah satu mahasiswa baru penerima KIP Kuliah UM dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, yang telah menonton video tersebut menyampaikan kesan dan pesannya.

 

Dalam wawancara bersama Reporter Formadiksi UM News, pada Minggu (1/11/2020), Dicky mengaku bahwa ia mendapatkan informasi terkait video tersebut melalui rekomendasi dari temannya karena video tersebut berkaitan dengan pengenalan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru. Menurutnya, video ini sangat membantu dirinya sebagai mahasiswa baru dalam beradaptasi di lingkungan perkuliahan, salah satunya tips ketika ingin berhadapan dengan dosen, baik berinteraksi secara langsung maupun tidak langsung.

 

“Dari tips dan trik yang diberikan, hampir semua sudah saya lakukan. Salah satunya berkenalan dengan mahasiswa lainnya untuk berbagi informasi atau sekadar berteman. Mengikuti Organisasi Mahasiswa (Ormawa) juga menjadi salah satu cara saya untuk bisa mengenal satu sama lain atau antarmahasiswa,” jelas Dicky.

 

Video Tips dan Trik Seputar Perkuliahan oleh Tim YouTube Go Formadiksi UM Tahun 2020 ini, diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi para viewers serta mampu meningkatkan eksistensi dari Formadiksi UM sendiri, khususnya di kalangan mahasiswa baru penerima KIP Kuliah UM tahun 2020. Harapan baik serta pesan dan kesan yang membangun untuk kemajuan program kerja Formadiksi UM YouTube Go maupun bagi para mahasiswa baru yang saat ini sudah mulai beradaptasi dengan dunia perkuliahan, juga disampaikan oleh para narasumber berita kali ini.

 

“Dengan adanya video tips dan trik ini, diharapkan bisa memberi dampak positif kepada para viewers dari YouTube Go terutama dari kalangan mahasiswa baru dan mahasiswa baru penerima KIP Kuliah karena memang tema dari video tips dan trik kali ini sasaran utamanya adalah para mahasiswa baru. Kita berusaha memberikan informasi kepada mereka melalui para narasumber yang merupakan mahasiswa angkatan sebelumnya. Berbagi pengalaman bisa menjadi acuan untuk para mahasiswa baru yang masih bingung dan kesulitan dalam menghadapi perubahan lingkungan belajar,” ujar Adang.

 

“Teruntuk mahasiswa baru, semangat ya mengawali perkuliahan meskipun dalam jaringan (daring)! Tetap lakukan yang terbaik mulai dari tugas kuliah sampai ikut organisasi untuk menambah pengalaman,” pesan Icha.

 

Harapan yang terakhir disampaikan oleh Dicky kepada Reporter Formadiksi UM News.

 

“Untuk harapan, pastinya semoga bisa lebih baik lagi dari sebelumnya. Lebih banyak pula tips dan trik untuk mahasiswa karena menurut saya, penting untuk bisa beradaptasi di lingkungan perkuliahan,” tutup Dicky.

 

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

 

Reporter          : Della Fitriani

Editor              : Syani Yemima Syahrul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *