Berbeda! Open Recruitment Pengurus Formadiksi UM 2021 Dilaksanakan secara Daring

Formadiksi UM News – Kegiatan Open Recruitment Pengurus Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) Tahun 2021 telah dibuka pada Minggu, 24 Januari 2021. Segala informasi seputar open recruitment telah diunggah dan dibagikan melalui akun media sosial Formadiksi UM. Kegiatan ini dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa penerima Bidikmisi UM angkatan 2018–2019 dan penerima KIP Kuliah UM angkatan 2020, baik yang berasal dari kampus pusat UM, Kampus II UM, maupun Kampus III UM.

Pada Minggu (24/1/2021), Reporter Formadiksi UM News telah mewawancarai Adhitya Putra Ganefi selaku Ketua Pelaksana Open Recruitment Pengurus Formadiksi UM Tahun 2021. Dalam sesi wawancara tersebut, Adhit memaparkan gambaran umum terkait pelaksanaan kegiatan Open Recruitment Pengurus Formadiksi UM Tahun 2021 yang cukup berbeda dari pelaksanaan kegiatan open recruitment di tahun sebelumnya. Penyelenggaraan open recruitment tahun 2021 ini dilakukan secara dalam jaringan (daring), sebagai upaya untuk mencegah penularan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dalam masa pandemi.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap terkait kegiatan open recruitment tahun 2021, mari simak bersama liputannya!

“Peserta Oprec (Open Recruitment) Pengurus Formadiksi UM Tahun 2021 akan melalui 3 tahapan, yaitu tahap seleksi berkas, tahap wawancara, dan tahap FGD (Focus Group Discussion). (Yang) pertama yaitu tahap seleksi berkas, nantinya berkas yang sudah dikumpulkan peserta melalui formulir pendaftaran akan diseleksi terlebih dahulu oleh panitia. Jika sudah sesuai, peserta dapat lanjut ke tahap berikutnya. Tahap kedua yaitu tahap wawancara. Peserta akan mengikuti tahap wawancara bersama panitia yang sudah ditentukan melalui video call via WhatsApp ataupun melalui video conference. Tahap terakhir yaitu tahap FGD. Peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan diskusi ringan terkait topik yang telah ditentukan. Selanjutnya setiap kelompok akan mempresentasikan hasil diskusinya melalui media video conference,” ungkap Adhit.

Tidak hanya itu, Adhit juga memberikan penjelasan mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan oleh peserta Open Recruitment Pengurus Formadiksi UM Tahun 2021.

“Mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM yang ingin mendaftar sebagai Pengurus Formadiksi UM tahun 2021 silakan mempersiapkan segala persyaratan umum yang sudah ditentukan. Ada juga persyaratan tambahan berupa portofolio bagi yang memilih Divisi Dana dan Usaha (Danus), Divisi Jurnalistik, dan Divisi Informasi dan Komunikasi (Infokom) seperti yang tertera di buku panduan,” tambah Adhit.

Reporter Formadiksi UM News, juga berkesempatan untuk mewawancarai Ketua Formadiksi UM Tahun 2021, Yoga Pratama Putra. Dalam wawancara yang dilaksanakan pada Minggu (24/1/2021), Yoga menyampaikan pesan untuk para peserta Open Recruitment Pengurus Formadiksi UM Tahun 2021.

“Pesan dari saya cukup simpel yaitu mantapkan niat, mulai mempelajari dan mencari divisi yang diminati baik dari panduan, website, dan media sosial Formadiksi UM serta lakukan semuanya dengan ikhlas agar membawa kebermanfaatan nantinya,” ungkap Yoga.

Perbedaan penyelenggaran kegiatan Open Recruitment Pengurus Formadiksi UM Tahun 2021 dengan tahun-tahun sebelumnya, tak lantas menjadi penghambat bagi Formadiksi UM untuk terus berkembang dan mencetak para generasi penerus. Harapan dan doa juga disampaikan oleh Ketua Formadiksi UM untuk keberlangsungan kegiatan open recruitment ini.

“Harapannya, semoga melalui kegiatan ini Formadiksi UM dapat mencetak generasi penerus yang berkompeten, berkualitas, berdedikasi, dan bersedia untuk ikut serta dalam mengembangkan dan membersamai Formadiksi UM. Ikhlas untuk berperan dalam memberikan informasi kepada mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM, serta memberikan kegiatan-kegiatan yang berinovasi ke depannya. Tak lupa bahwa di sini tidak hanya berorganisasi dan mencari ilmu atau pengalaman, tetapi juga mendapatkan sebuah keluarga yang penuh kehangatan untuk selalu bersama dalam belajar dan mengemban amanah,” tutup Yoga.

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

Reporter   : Firda Imroatus Solekah

Editor       : Della Fitriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *