BKC: Gerbang Interaksi Mahasiswa Penerima KIP Kuliah UM

BKC: Gerbang Interaksi Mahasiswa Penerima KIP Kuliah UM

Formadiksi UM News — Tahun ini, salah satu program kerja Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) yang bernama Formadiksi UM Center, resmi berganti nama menjadi Bidikmisi dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Center Tahun 2020. Bidikmisi KIP Kuliah Center yang biasa disebut BKC ini merupakan program kerja di bawah naungan Divisi Informasi dan Komunikasi (Infokom). Sesuai namanya, Bidikmisi KIP Kuliah Center diperuntukkan bagi mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM.

 

Selain itu, masih banyak informasi menarik mengenai Bidikmisi KIP Kuliah Center yang tentunya wajib diketahui, khususnya oleh mahasiswa penerima KIP Kuliah UM. Pada Minggu (22/11/2020), Reporter Formadiksi UM News telah mewawancarai Anjar Dwi Hariadi selaku Ketua Pelaksana Bidikmisi KIP Kuliah Center Tahun 2020 untuk menggali informasi lebih dalam terkait program kerja tersebut. Mari simak bersama liputannya!

 

“Bidikmisi KIP Kuliah Center merupakan program kerja dari Formadiksi UM yang menampung berbagai pertanyaan dari mahasiswa penerima Bidikmisi UM angkatan 2017—2019 dan mahasiswa penerima KIP Kuliah UM angkatan 2020. Tentu saja, output program kerja ini diharapkan dapat menjawab setiap pertanyaan dari mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM. Selain itu, program kerja ini juga menjadi gerbang interaksi pertama antara Formadiksi UM dengan mahasiswa KIP Kuliah UM tahun 2020,” tutur Anjar, mahasiswa asal Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UM tersebut.

 

Pernyataan yang disampaikan oleh Anjar, diperkuat pula dengan pernyataan yang disampaikan oleh Muhamad Fiqran Nurfan Pamungkas selaku Ketua Formadiksi UM Tahun 2020.

 

“Untuk tahun ini, nama Bidikmisi memang berubah menjadi KIP Kuliah. Oleh karena itu, kita mengonsep program kerja Bidikmisi KIP Kuliah Center sedemikian rupa agar mencakup pemberian informasi terkait KIP Kuliah UM. Jadi, Bidikmisi KIP Kuliah Center menjadi pusat informasi terkait Bidikmisi dan KIP Kuliah, tidak hanya salah satunya tetapi keduanya,” ujar mahasiswa yang akrab disapa Fiqran itu.

 

Selain itu, sasaran dan bentuk program kerja Bidikmisi KIP Kuliah Center juga dipaparkan oleh Anjar Dwi Hariadi. Berbeda dari program kerja pada umumnya, salah satu hal menarik dari Bidikmisi KIP Kuliah Center adalah bentuknya yang berupa video lo!

 

“Bidikmisi KIP Kuliah Center dilaksanakan dengan menghimpun semua pertanyaan dari mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM di dalam sebuah angket, di mana angket tersebut berbentuk formulir. Berbagai pertanyaan yang diperoleh dari angket akan dijawab dalam bentuk video. Video tersebut akan ditayangkan pada saat pelaksanaan Students’ Capacity Development Program (SCDP) hari ke-2,” jelas Anjar.

 

Lalu, seperti apa urgensi program kerja Bidikmisi KIP Kuliah Center ini, khususnya bagi mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM? Dian Bagas Pratama Saputra selaku Koordinator Divisi Infokom, memberi jawabannya.

 

“Menurut saya, Bidikmisi KIP Kuliah Center sangat penting bagi mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM sebagai informasi awal mengenai apa itu Bidikmisi, KIP Kuliah, dan Formadiksi UM. Informasi tersebut sangat diperlukan oleh mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM agar mereka dapat mengetahui dan memahami tentang biaya pendidikan mereka selama berkuliah, serta mengenal Formadiksi UM sebagai organisasi yang mewadahi mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM,” papar Dian yang merupakan mahasiswa penerima Bidikmisi UM angkatan 2018.

 

Tak lupa, Ketua Formadiksi UM juga menyampaikan harapannya untuk keberlangsungan program kerja Bidikmisi KIP Kuliah Center Tahun 2020.

 

“Program kerja Bidikmisi KIP Kuliah Center berperan sebagai pusat informasi awal bagi mahasiswa baru (maba). Jadi, harapannya informasi yang disampaikan melalui program kerja ini dapat terserap secara menyeluruh dan maba dapat mengetahui apa itu KIP Kuliah sehingga tidak ada kebingungan lagi ketika maba ditanyai seputar KIP Kuliah. Saya berharap, mereka (maba) tidak hanya menerima bantuan tunai saja tetapi juga memahami apa yang menjadi tanggung jawab mereka, termasuk hak dan kewajiban sebagai mahasiswa penerima KIP Kuliah UM,” tutur Fiqran.

 

Terakhir, Koordinator Divisi Infokom juga menyampaikan pesannya, terkhusus untuk mahasiswa KIP Kuliah UM.

 

“Teruntuk mahasiswa baru penerima KIP Kuliah UM angkatan 2020, jangan lewatkan informasi seputar Bidikmisi dan KIP Kuliah UM ya! Informasi yang kalian butuhkan akan kami kemas dalam Bidikmisi KIP Kuliah Center yang masuk dalam serangkaian kegiatan Students’ Capacity Development Program (SCDP) Tahun 2020,” tutup Dian.

 

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

 

Reporter: Syani Yemima Syahrul

Editor: Wanda Luthfianita Sari

 

 

One thought on “BKC: Gerbang Interaksi Mahasiswa Penerima KIP Kuliah UM”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *