BMW:  Tak Hanya Berjualan, Tapi Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan dan Kreativitas

MALANG, Formadiksi UM News – Bersamaan dengan pelaksanaan Wisuda ke-97 dan ke-98 pada hari Sabtu dan Minggu (13-14/7/2019), Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) melaksanakan program kerja Bidikmisi Berwirausaha atau yang disingkat BMW. BMW merupakan program kerja Formadiksi UM yang berupa kegiatan berwirausaha pada saat pelaksanaan wisuda atau daftar ulang bagi mahasiswa baru. Sesuai dengan namanya, BMW bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan, inovasi, dan kreativitas bagi pengurus Formadiksi UM. Seluruh produk yang dijualpun merupakan hasil produksi Formadiksi UM sendiri, kecuali jajanan dan air kemasan.

 

Untuk BMW pertama ini, Formadiksi UM menjual berbagai jajanan, beraneka minuman, buket bunga kertas, buket snack, buket pot, dan buket hijab. Adapun waktu persiapan untuk BMW ini yaitu selama 1 minggu, dimulai pada 6-12 Juli 2019. Persiapan digunakan untuk membeli peralatan dan perlengkapan untuk membuat buket, memesan jajanan yang akan dijual. Selanjutnya yaitu merangkai buket dan melakukan persiapan berjualan lainnya.

Pada saat hari H, kurang lebih pada pukul 06.00 WIB Pengurus Formadiksi UM mulai membuka stand dan menata barang yang akan dijual.

 

“Produk yang kami jual sebagian besar hasil karya sendiri serta jajanannya enak dan menarik. Kerja sama tim sangat solid, sehingga penjualannya berjalan dengan lancar dan cepat habis,” ucap Ike Wahyuni Maulita selaku Ketua Pelaksana BMW 2019.

 

Dengan adanya BMW, dapat mengasah kreativitas dan melatih keterampilan berwirausaha Pengurus Formadiksi UM.

“Menurut saya dengan adanya BMW ini bisa mengasah kreativitas para pengurus karena semua produk yang dijual adalah buatan sendiri dan saya juga baru pertama kali berjualan di acara wisuda, ternyata banyak sekali penjual yang tidak hanya berasal dari mahasiswa tetapi berasal dari luar. Hal ini menambah daya saing kita untuk lebih bersemangat lagi dalam berjualan,” tutur Rindiani Sholikatun, salah satu Pengurus Formadiksi UM 2019.

 

Selama proses tersebut, BMW berjalan lancar. Walaupun masih ada beberapa barang dagangan yang belum terjual, namun keuntungan yang didapatkan sudah cukup maksimal.

“Alhamdulillah, BMW berjalan dengan lancar dan keuntungan kita dalam BMW wisuda kali ini sudah cukup maksimal dan melebihi harapan walaupun ada beberapa barang yang belum terjual namun akan kita maksimalkan lagi di dalam kegiatan-kegiatan selanjutnya,” ungkap Ayuneng Indah Moliani selaku Bendahara BMW 2019.

 

Reporter          : Nadya Erawati

Editor              : Nanda Ayu Lutfhi Khofifah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *