Buka Pendaftaran, DTP Tahun 2021 Mengusung Konsepan yang Berbeda

Formadiksi UM News – Divisi Minat dan Bakat (Minbak) merupakan salah satu divisi dari Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) yang menjaring dan mewadahi potensi serta minat dan bakat mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM. Salah satu program kerja yang dinaungi oleh Divisi Minbak adalah Debate Training Programme (DTP). Pendaftaran DTP dibuka pada tanggal 24 Juli—17 Agustus 2021 pukul 23.59 WIB.

Reporter Formadiksi UM News berkesempatan mewawancarai Annisa Fitria Nuril Faradise selaku Koordinator dari Divisi Minbak dan Kurnia Fatma Wati selaku Ketua Pelaksana dari Debate Training Programme (DTP) Tahun 2021 pada Minggu (11/7/2021). Yuk, simak liputannya!

Mengenal Debate Training Programme (DTP)

“Debate Training Programme atau yang sering disebut dengan DTP merupakan salah satu program kerja dari Formadiksi UM dengan kegiatannya yaitu pelatihan debat untuk mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah Universitas Negeri Malang,” tutur Fara.

“DTP atau Debate Training Programme merupakan salah satu program kerja yang diselenggarakan oleh Formadiksi UM, berupa pelatihan debat secara bertahap yang dilatih secara online oleh tentor profesional. Dalam pelatihan ini peserta akan diberikan ilmu debat beserta praktiknya. Sehingga nantinya peserta juga akan dilatih untuk mengembangkan kemampuan public speaking mereka,” jelas Kurnia.

Pelaksanaan dan  gambaran kegiatan  DTP Tahun 2021

“DTP ini insyaallah akan dilaksanakan akhir bulan Agustus mendatang, sekitar tanggal 28 Agustus—19 September 2021. Pelatihan debat ini akan dilaksanakan secara daring melalui Google Meet dengan jadwal mingguan yang akan ditentukan, insyaallah akan dilaksanakan setiap akhir pekan. Jadi, teman-teman nanti akan dibimbing oleh tentor yang profesional tentang bagaimana teknis-teknis debat yang benar dan tentunya dengan penyajian materi-materi yang seru dan menarik,” jelas Fara.

“Gambaran dari DTP ini seperti pelatihan debat yang dilakukan secara berkala. Tepatnya pelatihan dilakukan sebanyak 8 kali, dengan rincian 2 kali dalam satu minggu, yaitu pada hari Sabtu dan Minggu. Pelatihan dilakukan secara online, sehingga lebih fleksibel dan pelatihan yang diberikan tidak dipungut biaya apa pun, serta pelatihannya nanti akan dilatih oleh  seorang tentor profesional,” jelas Kurnia.

Inovasi yang akan disajikan dalam DTP Tahun 2021

“DTP tahun ini akan dikemas menarik dengan konsepan kegiatan yang berbeda dengan tentor yang kece dan profesional tentunya. Akan ada reward menarik dan informasi lomba debat tingkat nasional bagi teman-teman yang beruntung,” tutur Fara.

“Meskipun dilakukan secara online, nantinya dalam pelatihan debat kali ini insyaallah akan dikemas dengan semenarik mungkin dan juga akan dibentuk tim dalam pelatihannya. Sehingga pelatihan debat tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Kurnia.

Target yang diharapkan pada DTP Tahun 2021

“Dengan adanya DTP ini bisa memberikan kebermanfaatan dan nantinya mampu mewadahi, menumbuhkan, dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM terutama dalam bidang public speaking,” jelas Fara.

“Target yang diharapkan untuk DTP tahun ini, semoga banyak mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM yang mendaftar agar mereka dapat menguasai ilmu debat dan juga public speaking yang akan menunjang perkuliahan mereka nantinya. Saya juga berharap dengan adanya DTP ini mampu membuka gerbang bagi mereka yang memiliki minat dan bakat dalam bidang debat, sehingga mampu ikut serta dalam perlombaan yang nantinya dapat mengharumkan almamater kebanggaan,” jelas Kurnia.

Pesan bagi peserta yang akan mengikuti DTP Tahun 2021

“Yuk, segera daftarkan diri teman-teman semuanya!. Selamat bergabung untuk menggali dan mengembangkan potensi diri dan senantiasa mengikuti pelatihan ini dengan baik sampai akhir pertemuan nanti,” pesan Fara.

“Manfaatkan kesempatan sebaik mungkin dan terus gali potensi sedalam-dalamnya. Semangat berproses untuk menjadi versi terbaik dari dirimu. Semoga dengan adanya pelatihan debat ini bisa menjadi bekal yang akan berguna untuk mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM,” pesan Kurnia.

Nah, itu tadi hasil liputan Reporter Formadiksi UM News dengan Annisa Fitria Nuril Faradise dan Kurnia Fatma Wati. Tetap ikuti informasi ter-update dari Formadiksi UM dan jangan lupa daftarkan diri teman-teman. Persiapan terbaik untuk esok adalah melakukan yang terbaik hari ini. Semangat semuanya!

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

KIP Kuliah! Generasi Muda, Semangat Berprestasi!

Reporter          : Rosidatul Avivah dan Taupik Yuhana

Editor              : Dimas Putra Ilham Surya Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *