Bukan Hanya Berbicara Soal Hasil, Tetapi Proses Sebagai Awal Prestasi

Malang – Jum’at (21/9) berdasar pantauan reporter Formadiksi UM News, Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) sudah melaksanakan program kerja Debate Training Programme (DTP) sebanyak 4 kali pertemuan.

Kegiatan tersebut dihadiri dengan antusias peserta yang begitu besar untuk mengikuti pelatihan tersebut. Dibuktikan dengan banyaknya peserta yang hadir di gedung Joglo PTIK (Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi) Universitas Negeri Malang. Meskipun peserta belum pernah mengikuti lomba debat namun peserta mempunyai semangat yang tinggi dalam melatih kemampuannya di bidang debat. Tentunya dibimbing oleh tentor yang sudah berpengalaman dibidangnya sehingga materi dapat diterima dengan baik oleh peserta.
Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu peserta bernama Lilla Pranti Mulyani Teknologi Industri.

“Tentornya muda jadi pembawaannya enak, sehingga bisa membawakan materi kepada orang-orang awam yang mengikuti Debate Training Programme (DTP). Karena pernah ditanya, ternyata peserta debat belum ada yang pernah ikut lomba sebelumnya atau pelatihan khusus,” ujarnya.

Ini merupakan program kerja dari Divisi Minat dan Bakat yang pertama kali dilaksanakan di periode kepengurusan tahun ini. Untuk jadwalnya sendiri ada 8 kali pertemuan dengan tentor. Untuk output, diharapkan peserta dapat memahami teknik-teknik debat yang berstandar nasional. Dan juga akan dipilih tim yang paling baik untuk diikutkan event debat. Sehingga diharapkan peserta dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki dengan optimal. Hal tersebut di ungkapkan oleh Nanda Defi Aprilianto selaku Ketua Pelaksana Debate Training Programme Formadiksi UM,

“Peserta cukup antusias dalam mengikuti Debate Training Programme. Ini ditunjukkan langsung ketika mereka melakukan pelatihan pertama dengan pemateri. Mereka sangat bersemangat bertanya kepada pemateri mengenai debat. Dan pada pertemuan berikutnya peserta sudah baik dalam penyampaian argumentasi. Saya sangat senang dengan hanya beberapa kali pertemuan mereka sudah cukup baik dalam menerima materi dan pengimplementasiannya.”Ungkap Nanda, yang juga merupakan mahasiswa jurusan teknik informatika.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ahmad Bagus Saputra selaku Wakil Ketua Formadiksi UM,
“Formadiksi UM di tahun 2018 ini tidak menjalankan program kerja yang berisi kompetisi-kompetisi atau seminar saja namun kita berinovasi dengan memberikan pelatihan yang diminati mahasiswa bidikmisi UM. Meskipun Debate Training Programme adalah program kerja baru di Formadiksi UM namun mahasiswa bidikmisi UM sangat tertarik dengan program kerja ini dibuktikan dengan antusiasme dari para peserta yang dapat diacungi jempol. Selain itu, Formadiksi UM juga menghadirkan tentor yang tidak diragukan lagi dalam bidang debat,”
Pelatihan ini diharapkan dapat konsisten sampai pertemuan terakhir sehingga menghasilkan bibit baru bertalenta dalam bidang debat. Agar kelak bisa mengukir prestasi yang membanggakan. Jangan tanya apa yang negara berikan kepadamu, tetapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negaramu.

”Harapan saya semoga adanya Debate Training Programme ini dapat membuahkan hasil bagi peserta. Ilmu yang didapat pada Debate Training Programme ini dapat terealisasikan untuk mengikuti kompetensi debat dimanapun. Hal ini akan memberikan hal positif khususnya bagi diri pribadi mereka dan umumnya bagi Formadiksi UM serta Universitas Negeri Malang jika mereka berhasil memenangkan kompetensi debat.’’ tutup Ahmad Bagus Saputra. (Amirul Mei Wulandari & Asmaul Kusna)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *