Butuh Ide Sesuai Tema untuk Ikut OPC? Ini Dia List-nya!

Formadiksi UM News – Lomba Cipta Opini, Puisi, dan Cerpen (OPC) Mahasiswa Penerima Bidikmisi Universitas Negeri Malang (UM) Tahun 2020 merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke−9 Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) yang ditujukan untuk mewadahi bakat dan keterampilan mahasiswa penerima Bidikmisi UM di bidang kepenulisan opini, puisi, dan cerpen. Kegiatan ini resmi dibuka oleh Formadiksi UM pada 6 April 2020 lalu.
Sabtu (9/5/2020), Reporter Formadiksi UM News berkesempatan mewawancarai Panitia Inti Lomba Cipta OPC Tahun 2020. Kira-kira apa tanggapan mereka terkait besarnya peluang menjadi yang terbaik antara karya yang bersifat umum dan sesuai dengan tema kegiatan atau karya yang berkualitas tetapi tidak sesuai dengan tema kegiatan? (Dan) mengapa mereka berpendapat demikian? Mari simak bersama jawabannya!
Ayu Anggraeni selaku Ketua Pelaksana Lomba Cipta OPC Tahun 2020 menyampaikan pendapatnya,
“Tentu yang lebih berpeluang adalah karya yang sesuai dengan tema Lomba Cipta OPC. Mengapa? Setiap hal pasti dilaksanakan dengan maksud dan tujuan tertentu, maka maksud dan tujuan ini dapat menjadi titisan dari tema kegiatan (dalam hal ini Lomba Cipta OPC Tahun 2020). Jadi, ketika membuat suatu karya dengan melihat tema, kemudian disesuaikan dengan tema maka maksud dari peserta (pembuat karya) dan penyelenggara akan sama-sama tersampaikan,” jelas Ayu.
Selaras dengan pendapat Ayu, Wanda Luthfianita Sari selaku Sekretaris Pelaksana Lomba Cipta OPC Tahun 2020, lebih memilih karya yang bersifat umum tetapi sesuai dengan tema kegiatan.
“Jika ditanya terkait mana yang lebih berpeluang untuk menjadi karya yang terbaik antara karya yang bersifat umum dan sesuai dengan tema atau karya yang berkualitas tetapi tidak sesuai dengan tema maka saya akan memilih karya yang bersifat umum dan sesuai dengan tema. Hal ini dikarenakan tema adalah kunci terpenting dari suatu karya. Dengan adanya kesesuaian antara tema dengan karya maka maksud dan tujuan yang dituliskan dalam suatu karya juga akan tersampaikan dengan jelas dan benar. Meskipun menggunakan diksi yang sederhana, tetapi intinya adalah kesesuaian antara tema dengan isi dari karya tersebut,” ungkap Wanda.
Acesa Maharddhika Prawira selaku Bendahara Pelaksana Lomba Cipta OPC Tahun 2020, juga lebih memilih karya yang bersifat umum tetapi sesuai dengan tema kegiatan.
“Menurut saya, karya yang bersifat umum dan sesuai tema Lomba Cipta OPC lebih berpeluang untuk menjadi karya yang terbaik daripada karya yang berkualitas tetapi tidak sesuai dengan tema Lomba Cipta OPC. Alasannya? Karena Lomba Cipta OPC berpedoman pada tema yang telah ditetapkan. Meskipun karyanya berkualitas, kalau tidak sesuai dengan dasar pedoman yaitu temanya, tentu tidak sesuai pula dengan kriteria yang telah ditetapkan. Jadi, poin pertama yang dinilai adalah kesesuaian antara karya dengan tema. Kecuali, kalau lombanya bertema bebas, tentunya karya yang berkualitas akan lebih berpeluang,” jelas Acesa.
Selanjutnya, Panitia Inti Lomba Cipta OPC Tahun 2020 berbagi tips dan trik serta referensi ide untuk membuat karya yang sesuai dengan tema kegiatan. Teman-teman penasaran? Yuk, simak pembahasan berikut!

Lomba Cipta Opini Mahasiswa Penerima Bidikmisi UM Tahun 2020, “Tingkatkan Literasi, Saatnya Mahasiswa Penerima Bidikmisi Beropini!”

“Tips dan trik untuk membuat opini yang sesuai dengan tema Lomba Cipta Opini ini, (yang pertama) yaitu memiliki pengetahuan tentang opini yang ditulis. Selanjutnya, kembangkan ide sesuai dengan tema yang ditentukan, jangan lupa gunakan bahasa yang komunikatif dan mudah dipahami. Terakhir, perbanyak referensi dan berlatih semaksimal mungkin.”
Berikut beberapa referensi yang bisa teman-teman gunakan untuk mengembangkan ide untuk menulis opini sesuai dengan tema Lomba Cipta Opini Mahasiswa Penerima Bidikmisi UM Tahun 2020.
Pendidikan yang berkaitan dengan literasi.
Sains, ilmu pengetahuan.
Berita yang sedang menjadi topik utama.
Kejadian yang terjadi di sekitar teman-teman.
Solusi untuk sebuah masalah.

Lomba Cipta Puisi Mahasiswa Penerima Bidikmisi UM Tahun 2020, “Mimpi Mahasiswa Penerima Bidikmisi dalam Bait Untaian Kata”

“Tips dan trik untuk membuat puisi yang sesuai dengan tema Lomba Cipta Puisi ini, (pertama) yaitu pastikan dan pahami tema yang ada. Kemudian, tentukan ide atau alur dari puisi yang akan ditulis. Setelah itu, buatlah judul yang sesuai. Dan terakhir, menulislah sesuai gaya atau kepribadian yang dimiliki.”
Berikut beberapa referensi yang bisa teman-teman gunakan untuk mengembangkan ide untuk menulis puisi sesuai tema Lomba Cipta Puisi Mahasiswa Penerima Bidikmisi UM Tahun 2020.
Perjuangan teman-teman dalam menggapai setiap asa dan cita-cita dalam dunia pendidikan.
Harapan teman-teman ke depannya sebagai mahasiswa penerima Bidikmisi.
Perubahan yang akan teman-teman lakukan sebagai mahasiswa penerima Bidikmisi demi kemajuan dan kesetaraan pendidikan di Indonesia terutama untuk masyarakat kurang mampu.

Lomba Cipta Cerpen Mahasiswa Penerima Bidikmisi UM Tahun 2020, “Goresan Pena Mahasiswa Penerima Bidikmisi dalam Menuangkan Ide untuk Mewujudkan Impian”

“Tips dan trik untuk membuat cerpen yang sesuai dengan tema Lomba Cipta Cerpen ini, (yang pertama) yaitu membaca dan memahami tema dari lomba cerpen. Kedua, menentukan alur, tokoh, konflik, dan judul. Ketiga, tulis apa saja yang ada di dalam pikiran kita. Terakhir, jangan lupa baca lagi dan pastikan cerita sudah menyatu.”
Berikut beberapa referensi yang bisa teman-teman gunakan untuk mengembangkan ide untuk menulis cerita pendek dari tema Lomba Cipta Cerpen Mahasiswa Penerima Bidikmisi UM Tahun 2020.
Cerita berdasarkan pengalaman teman-teman saat meraih atau menggapai suatu impian.
Mengambil inspirasi dari pengalaman orang lain yang telah sukses menggapai impiannya.
Imajinasi teman-teman mengenai impian.
Nah, itu tadi beberapa tips dan trik membuat karya yang sesuai dengan tema kegiatan dan beberapa referensi ide di setiap tema dari Panitia Inti Lomba Cipta OPC Mahasiswa Penerima Bidikmisi UM Tahun 2020. Jadi, apa yang perlu dibingungkan lagi? Segera siapkan diri teman-teman untuk mulai menulis dan ikut serta dalam Lomba Cipta OPC Tahun 2020!
Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

Reporter : Firda Imroatus Solekah
Editor : Nisfi Febrianti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *