Day 1 Bidikmisi Students’ Capacity Building

Malang (27/10)—Almamater biru dilengkapi dengan pita merah putih terikat di lengan telah dikenakan oleh Mahasiswa Baru Bidikmisi Universitas Negeri Malang tahun 2018. Hal tersebut menandakan bahwa mereka telah siap untuk mengikuti Bidikmisi Students’ Capacity Building (BSCB). Kegiatan ini diawali dengan presensi para peserta pada pukul 06.30 WIB. Dengan berbaris rapi, para peserta mulai memasuki gedung Sasana Budaya Universitas Negeri Malang.

Di dalam gedung telah hadir MC pra acara yang memandu peserta BSCB untuk meneriakkan jargon dan yel-yel sesuai asal fakultasnya masing-masing. Sahut-menyahut jargon dan yel-yel pun menambah semarak acara BSCB pagi ini. Selain itu lantunan ayat suci Al-Qur’an pada pembukaan acara mampu menambah keberkahan acara BSCB. Dilanjutkan dengan persembahan tari Beskalan Patih dari mahasiswa Fakultas Sastra untuk menyambut kedatangan pemateri.

Acara yang bertemakan “Menumbuhkan Semangat Mahasiswa Baru Bidikmisi UM yang Berkarakter dan Berintegritas dalam Mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi” ini dihadiri oleh pemateri yang sangat luar biasa, yaitu Drs. Ismet Yusputra, MM. selaku Kepala Sub Direktorat Kesejahteraan dan Kewirausahaan Kemenristek Dikti. Beliau menceritakan bagaimana perjuangan dalam mengakses pendidikan dan bertahan hidup di perantauan yang tidak jauh berbeda dengan keadaan mahasiswa Bidikmisi saat ini. Beliau juga menyampaikan motivasi kepada mahasiswa baru Bidikmisi UM untuk selalu semangat dalam belajar, tak putus asa dalam menggapai impian serta tidak perlu berkecil hati dengan kondisinya sekarang. Tak lupa juga Bapak Ismet menuliskan pesan bagi mahasiswa Bidikmisi UM untuk kembali meluruskan niat.

“Luruskan niatmu. Kuliah bukan untuk mencari IPK yang bagus, tapi kita niatkan untuk benar-benar menjalankan kewajiban kuliah. Karena, IPK bagus hanyalah bonus,” tutup beliau sebelum meninggalkan Gedung Sasana Budaya.

Materi kedua disampaikan oleh Bapak Sultoni. Dengan gaya khasnya, dosen Fakultas Ilmu Pendidikan ini memberikan motivasi berprestasi untuk para peserta. Dengan antusias dan khidmat, materi terakhir pada BSCB hari pertama ini memberikan kenangan berkesan bagi mahasiswa baru Bidikmisi UM. (Ghina ‘Ufairoh & Siska Amalia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *