Debate Training Programme: Melatih Jadi Pembicara yang  Kritis dan Logis

Debate Training Programme: Melatih Jadi Pembicara yang  Kritis dan Logis

MALANG,  Formadiksi UM News – Debate Training Programme adalah salah satu Program Kerja Divisi Minat dan Bakat Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) dengan tujuan untuk mewadahi Mahasiswa Bidikmisi UM yang memiliki minat di bidang public speaking untuk mengasah kemampuan khususnya di bidang debat. Nantinya akan dibimbing bagaimana cara mengungkapkan argumentasi dan berfikir kritis namun tetap ada dasarnya.

Debate Training Programme atau biasa disebut DTP untuk tahun 2019 mengusung tema “Tingkatkan Kemampuan Nalar Bicara Mahasiswa sebagai Penopang Dalam Persaingan Global di Masa yang Akan Datang.

“Realisasi dari tema tersebut ialah dengan adanya Program Kerja Debate Training Programme ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan nalar bicara atau public speaking Mahasiswa Bidikmisi UM yang baik dan terarah yang nantinya mampu menjadi penopang persaingan di masa yang akan datang,” jelas Gevin selaku Ketua Pelaksana Program Kerja DTP Formadiksi UM 2019.

Public speaking sangat penting karena saat ini komunikasi sangat dibutuhkan dalam segala hal apalagi sekarang bukan jamannya ‘diam itu emas’. Jadi di sini nantinya akan dilatih bagaimana cara berbicara yang baik, berargumentasi yang baik, dan bekal untuk menjadi pembicara yang baik,” tambahnya.

Sasaran dari program kerja ini adalah Mahasiswa Bidikmisi UM angkatan 2016-2019. DTP 2019 juga sangat terbuka untuk mahasiwa baru Bidikmisi UM yang berminat untuk bergabung dalam program kerja ini, di mana hal ini dapat digunakan sebagai langkah awal dalam mengikuti program kerja Formadiksi UM yang lainnya.

Kuota peserta dalam program kerja ini sebanyak 50 peserta. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya mengingat antusiasme dari Mahasiswa Bidikmisi UM yang tinggi terhadap pelaksaan program kerja ini. Biaya kontribusi untuk mengikuti DTP 2019 sebesar Rp5.000,00/pertemuan, di mana akan ada 8 kali pertemuan, dari biaya tersebut peserta akan mendapat ilmu yang bermanfaat, tempat pelatihan yang nyaman, snack, dan juga sertifikat.

Pelaksaan DTP tahun ini sama istimewanya dengan tahun lalu karena dibimbing oleh pemateri yang kemampuannya sudah sangat baik di bidang public speaking, yaitu Agelgara Kusuma Putra yang merupakan Tentor Bahasa Indonesia di Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Bela Cita Malang dan LBB Al-Azzar Malang. Beliau juga merupakan guru di SMAN 9 Malang dan di SMA Alam Bilingual Surya Buana Malang serta owner Agiftmalang.

Pendaftaran DTP dibuka pada tanggal 26 Juli – 23 Agustus 2019. Dilanjutkan dengan  pelaksaan yang akan dimulai tanggal 30 Agustus hingga 25 Oktober 2019, di mana pada tanggal 30 Agustus akan ada meet up pertama dengan para peserta sebagai awal untuk pelatihan selanjutnya. Pelatihan akan dilaksanakan selama dua bulan, di mana peserta akan masuk setiap minggunya. Pelaksanaan DTP yaitu di Sekretariat Formadiksi UM di Gedung G1 lantai 1 Universitas Negeri Malang. Bagi Mahasiswa Bidikmisi UM yang ingin mendaftar bisa dengan mengisi link pendaftaran dan membuka panduan DTP yang tersedia di Website Formadiksi UM.

“Mahasiswa Bidikmisi UM harus ikut dalam Program Kerja Debate Training Programme karena banyak sekali manfaat yang akan diperoleh yaitu ilmu yang bermanfaat, bagaimana cara menyampaikan pendapat atau cara berargumen dengan baik dan benar, dan menjadi pembicara yang baik pula sehingga kita tidak salah dalam menyampaikan pendapat. Dengan mengikuti program kerja ini juga akan menambah relasi dengan Mahasiswa Bidikmisi UM dari lintas prodi, jurusan, dan fakultas serta nantinya beberapa yang terbaik akan di delegasikan untuk mengikuti lomba debat,” sahut Gevin. Yuk, segera daftar!

 

Reporter          : Rindiani Sholikatun

Editor              : Muhamad Fiqran Nurfan P.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *