DELEGASI FORMADIKSI UM SABET KATEGORI DI NEC 2018

Malang – Sebagai salah satu bentuk tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman dengan Bidikmisi Scholarship Community Universitas Negeri Semarang (BSC UNNES) September lalu, Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) mengadakan seleksi intern bagi mahasiswa Bidikmisi UM guna pengajuan delegasi dalam salah satu program kerja BSC UNNES, yakni National Essay Competition (NEC) 2018. NEC sendiri merupakan kompetisi kepenulisan esai tahunan bergengsi yang diperuntukkan bagi mahasiswa Bidikmisi seluruh Indonesia. Dari hasil seleksi intern tersebut, Formadiksi UM mendelegasikan karya terbaik atas nama Ari Gunawan (Manajemen, Fakultas Ekonomi angkatan 2017) dan Austin Fascal Iskandar (Teknik Elektro, Fakultas Teknik angkatan 2017).

Membuahkan hasil, KerabaTani yang diangkat dalam topik esai dua mahasiswa Bidikmisi angkatan 2017 ini berhasil menempati 10 besar dan berkesempatan untuk mempresentasikan hasil karyanya dalam babak Final NEC 2018 pada Sabtu (24/11) lalu.

“KerabaTani merupakan grand design yang saya punya dengan Mas Austin. Mas Austin dengan saya mengembangkan KerabaTani itu. Jadi kami mengirimkan karya esai itu idenya adalah salah satu pengembangan fitur dari KerabaTani. Jadi esai ini merupakan bagian kecil dari KerabaTani, yang disebut Trigonal ABC,” jelas Ari Gunawan yang juga merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Menanggapi hal tersebut, Ega Karima selaku Ketua Pelaksana Studi Banding sebagai cikal bakal nota kesepahaman antara Formadiksi UM dengan BSC UNNES berharap agar kerja sama ini dapat terus berlanjut untuk di tahun berikutnya.

“Semoga tahun depan ada perpanjangan kontrak, sebab saat ini telah ada hasil. Akan sangat disayangkan jika hanya berhenti sampai segitu,” tuturnya.

Hal ini senada dengan ungkapan Riduwan Prasetya, selaku Koordinator Divisi Keilmuan dan Pengabdian (KP).

“Harapan saya, semoga kerja sama ini tetap terus berlanjut dengan baik sehingga kedua organisasi dapat memberi wadah untuk mahasiswa Bidikmisi (UM dan UNNES) untuk berkarya dan berprestasi.”

Selain harapan tersebut, Riduwan Prasetya memberikan ucapan selamat kepada tim delegasi Formadiksi UM yang telah berhasil menyabet kategori “Best Poster” dalam NEC 2018.

“Selamat kepada delegasi Formadiksi UM yang telah meraih Best Poster di ajang nasional, NEC 2018,” ucap mahasiswa Bidikmisi Teknik Mesin angkatan 2016 tersebut.

Disambung oleh Ega Karima yang merupakan mahasiswa Bidikmisi Sastra Jerman angkatan 2016 di akhir wawancara (1/12), apresiasi pun disampaikan kembali kepada delegasi Formadiksi UM yang telah berjuang dan berlaga dalam NEC 2018.

“Satu kata buat mereka, bangga,” tutupnya. (Amanatul Haqqil Ibad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *