Di YCI: Terkendala Fasilitas, Na’im Tetap Berkarya dan Sabet Juara

Formadiksi UM News – Mahasiswa penerima Bidikmisi Universitas Negeri Malang (UM) telah meraih Juara III dalam ajang Lomba Young Creative Idea, yang dibuka pada 30 April–31 Mei 2020. Ajang tingkat nasional ini diselenggarakan oleh UM sebagai pendorong mahasiswa untuk menunjukkan aksi nyata dalam mencegah dan menangani Corona Virus Disease (Covid-19).

Pada Jumat (26/6/2020), Reporter Formadiksi UM News telah mewawancarai Ainun Na’im, mahasiswa penerima Bidikmisi Fakultas Teknik angkatan 2019, peraih Juara III Kategori Lomba Gagasan Tertulis pada ajang Young Creative Idea.

“Pendorong saya untuk semangat mengikuti lomba ini adalah ingin membanggakan kedua orang tua saya, serta orang-orang yang telah memberikan support kepada saya. Dari berbagai cabang lomba yang ada, saya lebih tertarik di cabang lomba Gagasan Tertulis (GT). Karena saya dapat menuangkan semua ide gagasan saya. Syukur-syukur ide saya dapat terealisasikan,” seru Ainun Na’im.

Karya Gagasan Tertulis yang dituangkan oleh Ainun Na’im pasti memiliki ciri khas tersendiri, sehingga karya tersebut akhirnya terpilih dan menjadikannya mendapatkan prestasi meraih Juara III Lomba Kategori Gagasan Tertulis.

“Subtema yang saya ambil adalah sains dan teknologi yaitu kajian sains teknologi untuk mengatasi masalah Covid-19. Ciri khas dari ide gagasan atau karya saya adalah pemanfaatan Artificial Intelligence yang diterapkan pada alat pendengaran guna menanggulangi Covid-19,” ungkap Ainun Na’im.

Walaupun sempat terkendala akibat keterbatasan fasilitas yang ia miliki dalam menulis gagasan, Na’im sapaannya, tetap semangat dan terus berjuang untuk menyelesaikan karyanya.

“Kesulitan dalam pembuatan karya ide gagasan ini adalah kurangnya fasilitas yang memadai (laptop), sehingga cukup menghambat proses pengerjaan. Untuk mengatasi masalah ini, akhirnya saya harus melakukan peminjaman,” ungkap mahasiswa program studi Teknik Informatika, jurusan Teknik Elektro tersebut.

Ia pun berharap untuk kelanjutan dari karyanya (Gagasan Tertulis) agar dapat terealisasikan.

“Saya berharap utamanya adanya dukungan dari Universitas Negeri Malang sendiri untuk memfasilitasi ide gagasan saya, agar dapat terealisasi dan terwujud,” harap Ainun Na’im.

Ainun Na’im juga membagikan tips untuk terus produktif dan semangat berkarya di masa pandemi Covid-19 dalam meraih prestasi.

“Kita sebagai generasi muda harus berani berproses. Dalam setiap proses tersebut, kita harus mengambil pengalaman dari setiap langkah yang ditempuh. Jika hal ini dilakukan, generasi muda dapat dengan mudah beradaptasi, sehingga tetap produktif dalam kondisi apapun,” ujar Ainun Na’im.

Tidak lupa, Ainun Na’im juga membagikan semangat untuk mahasiswa penerima Bidikmisi UM agar tetap berkarya dan berprestasi di tengah suasana pandemi Covid-19.

“Untuk mahasiswa penerima Bidikmisi UM, jangan pernah berkecil hati dengan keterbatasan yang ada. Tetap semangat dan mari perjuangkan masa depan kita,” tutup Ainun Na’im.

Semoga kita semua senantiasa memiliki kobaran semangat yang tinggi untuk berprestasi serta menyalurkan ide cemerlang untuk kebermanfaatan di sekitar, apalagi di tengah pandemi Covid-19.

Bidikmisi, Berprestasi Tiada Henti!

Reporter          : Ayu Anggraeni Wulansari

Editor              : Chantika Putri Ana, Indra Setiawan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *