Diksiku: Inovasi Menarik dari Formadiksi UM Update Tahun 2020

Formadiksi UM News – Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) memanfaatkan media sosial sebagai sarana penyebaran informasi kebidikmisian kepada seluruh mahasiswa penerima Bidikmisi UM. Formadiksi UM Update merupakan salah satu program kerja Formadiksi UM Update yang dinaungi oleh Divisi Informasi dan Komunikasi (Infokom). Pada kepengurusan kali ini ada suasana berbeda dari Formadiksi UM Update, yaitu dengan hadirnya Diksiku (Bidikmisi-KIP Kuliah UM Quotes) sebagai inovasi baru yang melengkapi progam kerja ini.

“Alasan saya memilih quotes yang terkemas dalam Diksiku sebagai inovasi baru dari Formadiksi UM Update adalah karena dalam quotes ini selain mengasah kemampuan teman-teman Bidikmisi dan KIP Kuliah UM dalam berkata-kata indah. Quotes juga dapat memberikan outcome berupa motivasi kepada mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM itu sendiri. Selain itu, dengan menghadirkan Diksiku ini dapat memberikan suatu inovasi yang bermanfaat bagi mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM, khususnya suatu wadah untuk berkarya,” ujar Firda Imroatus Solekah selaku Ketua Pelaksana Formadiksi UM Update saat diwawancarai oleh Reporter Formadiksi UM News pada hari Jumat (28/8/2020).

Selaras dengan Firda, Dian Bagas Pratama Saputra selaku Koordinator Divisi Infokom mengatakan bahwa Diksiku dapat menjadi ruang yang tepat untuk mencurahkan ide dalam membuat quotes. Selain itu, Diksiku juga dapat meningkatkan hubungan baik antara Formadiksi UM dengan mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM nantinya.

“Diksiku ini dapat memberikan ruang bagi mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM untuk mencurahkan ide dalam membuat quotes. Karena hal tersebut menjadikan saya menyetujui adanya Diksiku, ditambah lagi hubungan antara Formadiksi UM dengan mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah UM dapat meningkat,” ujar Dian.

Meskipun Diksiku baru pertama kali dilaksanakan, namun hasil pencapaian Diksiku sudah melebihi ekspektasi.

“Walaupun ini pertama kali dilakukan, hasil pencapaian Diksiku sudah melebihi ekspektasi saya. Akan tetapi tetap ada yang harus dikembangkan seiring berjalannya waktu. Jadi, saran saya jangan berhenti di titik ini, tapi kembangkan ke depan dengan mengevaluasi hal yang telah dilakukan,” ungkap Dian.

Diksiku juga mendapatkan tanggapan baik dari mahasiswa penerima Bidikmisi UM. Rina Sari, mahasiswa Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah (KSDP), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UM Kampus II angkatan 2017 mengatakan bahwa ia sangat tertarik dengan inovasi yang diberikan oleh Formadiksi UM Update berupa Diksiku.

“Menurut saya, inovasi adanya Diksiku ini sangat menarik dan juga mengasah kemampuan mahasiswa penerima Bidikmisi UM yang memiliki minat bakat yang berkaitan dengan sastra untuk berkarya. Dengan inovasi ini, menjadikan minat bakat kami terwadahi dan tersalurkan. Apalagi ini gratis, jarang ada kesempatan berkarya seperti ini,” ungkap Rina.

Sebagai peserta Diksiku yang terpilih karyanya, Rina mengaku merasa bangga karena berarti karyanya memiliki nilai lebih. Rina juga senang karena karyanya dijadikan story pada akun Instagram Formadiksi UM dan dapat dilihat oleh orang lain. Baginya ini merupakan bentuk apresiasi yang begitu luar biasa. Selain itu, Rina berharap agar progam kerja Diksiku ini dapat berlanjut pada kepengurusan selanjutnya.

“Untuk ke depan saya harap Diksiku tetap dilanjutkan, kalau bisa lebih ditingkatkan lagi di kepengurusan selanjutnya. Kemudian, saran saya untuk karya yang telah terpilih bisa dijadikan satu dalam bentuk e-book, agar setelah di-upload pada Instastory tidak hilang begitu saja,” tutup Rina.

Bidikmisi! Berprestasi tiada henti!

 

Reporter          : Muhammad Hafidz Rifki Farokhi

Editor              : Syani Yemima Syahrul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *