Dimas: Semoga Bidikmisi UM Tracer Study Berlanjut di Kepengurusan Selanjutnya

MALANG, Formadiksi UM News – Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) tahun 2019 mempunyai program kerja baru yaitu Bidikmisi UM Tracer Study. Bidikmisi UM Tracer Study ini merupakan salah satu program kerja yang dinaungi oleh Divisi Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Advokesma) terkait studi pelacakan rekam jejak Alumni Bidikmisi UM angkatan 2013.

“Bidikmisi UM Tracer Study merupakan studi pelacakan jejak lulusan atau alumni yang dilakukan 2 tahun setelah lulus. Tujuannya untuk mengetahui outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja, situasi kerja terakhir, keselarasan, dan aplikasi kompetensi di dunia kerja, juga seberapa banyak alumni yang melanjutkan studinya. Dan perlu diketahui bahwa hasil pengisian angket Bidikmisi UM Tracer Study akan diunggah di Website Formadiksi UM,” ungkap Dimas Saputra selaku Ketua Pelaksana Bidikmisi UM Tracer Study.

Dimas berharap agar Bidikmisi UM Tracer Study tetap dilaksanakan untuk kepengurusan selanjutnya dan ranahnya diperluas lagi bukan hanya satu angkatan saja. Mengapa demikian? Karena Bidikmisi UM Tracer Study menggambarkan lulusan Mahasiswa Bidikmisi di dunia kerja maupun di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Harapan untuk ke depannya Bidikmisi UM Tracer Study ini dapat terus dilaksanakan dan tidak hanya satu angkatan saja yang mengisi angket tracer study (alumni lulusan 2013), tetapi untuk tahun angkatan yang lain juga,” imbuh Dimas.

“Bidikmisi UM tracer study ini perlu untuk dilanjutkan di kepengurusan berikutnya, karena Bidikmisi UM Tracer Study menggambarkan atau mendeskripsikan lulusan Mahasiswa Bidikmisi di dunia kerja maupun di jenjang pendidikan yang lebih tinggi, secara langsung kita akan memiliki database Alumni Mahasiswa Bidikmisi UM yang akan membantu dalam proses akreditasi institusi,” tutur Dimas.

Selain hal tersebut, Bidikmisi UM Tracer Study memberikan manfaat-manfaat bagi alumni maupun bagi perguruan tinggi.

“Manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya Bidikmisi UM Tracer Study ini yakni, (1) memperoleh database alumni yang terdata berdasarkan  program  studi  (prodi)  dan angkatan (tahun masuk); (2) sebagai masukan atau informasi penting bagi pengembangan perguruan tinggi; (3) sebagai alat evaluasi untuk melihat relevansi antara perguruan tinggi dengan dunia kerja; (4) sebagai bahan evaluasi untuk mengikuti akreditasi nasional maupun internasional; dan (5) sebagai bahan untuk membangun jaringan atau network dengan alumni,” tutup Dimas.

Dari hal tersebut, tentunya Bidikmisi UM Tracer Study ini sangat recommended untuk dilanjutkan di kepengurusan selanjutnya dengan lebih meluas lagi ranah alumni yang akan dilacak rekam jejaknya. Nah, untuk itu jangan lupa terus pantau media sosial Formadiksi UM agar tidak ketinggalan informasi-informasi kebidikmisian atau program kerja Formadiksi UM selanjutnya. Bidikmisi, berprestasi tiada henti! Formadiksi UM, sukses!

Reporter          : Nadya Erawati

Editor              : Amanatul Haqqil Ibad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *