Donasi 1% Ciptakan Nuansa Peduli

Formadiksi UM News – Donasi 1% merupakan salah satu program kerja Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) yang dinaungi oleh Divisi Dana dan Usaha (Danus). Penghimpunan Donasi 1% merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan jiwa berbagi di kalangan mahasiswa penerima Bidikmisi UM dan mendukung keberlangsungan program kerja dari Formadiksi UM yang disiapkan untuk mewadahi aspirasi serta potensi mahasiswa penerima Bidikmisi UM.

Partisipasi mahasiswa penerima Bidikmisi UM pada Donasi 1% Periode Maret–Agustus Tahun 2020 dinilai luar biasa.  Hal tersebut diungkapkan oleh Rohma Roifatunnisa’ selaku Ketua Pelaksana Donasi 1% ketika diawancarai Reporter Formadiksi UM News pada Sabtu (16/5/2020).

“Alhamdulillah, partisipasi dari teman-teman penerima Bidikmisi UM sangat luar biasa dan bisa dikatakan meningkat apabila dibandingkan dengan periode sebelumnya. Meskipun kondisi selama batas waktu Donasi 1% Periode Maret—Agustus tahun 2020 ini kurang kondusif,” ungkap Rohma Roifatunnisa’, mahasiswi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam tersebut.

Partisipasi yang luar biasa dalam Donasi 1% Periode Maret—Agustus Tahun 2020 ini akan memunculkan beberapa kesan tersendiri bagi teman-teman penerima Bidikmisi UM. Yuk, simak kesan dari beberapa mahasiswa penerima Bidikmisi UM!

Elsa Fatmasari, Penanggung Jawab Fakultas Ilmu Keolahragaan

“Penyaluran informasi Donasi 1% pada periode ini lebih spesial daripada yang periode sebelumnya karena dalam penyaluran informasi terkait Donasi 1%,  kami bekerja sama dengan Penanggung Jawab Jurusan (PJJ) agar informasi dapat tersampaikan hingga sektor paling bawah, yang mana penyaluran informasi tersebut dilakukan secara online atau dalam jaringan (daring). Penyaluran informasi daring tetap kami lakukan secara intensif. Menurut saya, hal tersebut tidak mengurangi nilai keefektifan dalam penyaluran informasi terkait Donasi 1%, terlebih pada saat pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) seperti sekarang ini. Para mahasiswa tentu akan lebih sering membuka telepon genggam mereka untuk memperoleh informasi, terlebih dengan adanya bantuan dari para PJJ, sehingga sangat memungkinkan bagi kami untuk menyampaikan informasi kepada setiap mahasiswa penerima Bidikmisi UM,” ujar Elsa.

Maslakhatu Nurul Ummah, Penanggung Jawab Jurusan Sastra Indonesia

“Saya pribadi sangat mengapresiasi salah satu dari program kerja Formadiksi UM ini yaitu Donasi 1% dari mahasiswa penerima Bidikmisi UM. (Dan) tentunya selain sebagai amal atau bentuk sedekah kita, nantinya dana dari Donasi 1% akan kembali lagi kepada kita sendiri. Jadi, donasi tersebut adalah dari kita, oleh kita, dan untuk kita. Jujur saja, selama 1 tahun menjadi mahasiswa penerima Bidikmisi UM, saya terkesan dengan serangkaian acara yang diadakan oleh Formadiksi UM. Misalnya, Bidikmisi Students Capacity Building (BSCB), Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (P-PKM), dan yang terakhir kali saya ikuti adalah kegiatan Formadiksi Untuk Negeri (FUN) ke-7 yang menjadi bentuk pengabdian dari mahasiswa penerima Bidikmisi UM kepada masyarakat. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat memacu sekaligus menyukseskan dari serangkaian acara Formadiksi UM,” ungkap mahasiswi yang biasa dipanggil Ummah itu.

Ilaika Pramisdina Dwi Nur Rahma, mahasiswi penerima Bidikmisi Fakultas Teknik UM

“Setelah berpartisipasi pada Donasi 1% ini, saya senang karena bisa berbagi kepada sesama. Selain itu, dengan berpartisipasi pada Donasi 1% ini, dana yang didonasikan akan bermanfaat bagi mahasiswa penerima Bidikmisi UM untuk ke depannya. Selain bisa berbagi, dengan adanya Donasi 1% ini silaturahmi antar sesama mahasiswa penerima Bidikmisi UM yang lain juga dapat terjalin, serta tentunya menambah relasi. (Dengan) Donasi 1% ini, saya merasa bisa lebih dekat dengan mahasiswa penerima Bidikmisi UM yang lain, saya merasa lebih leluasa saat berkomunikasi dengan teman-teman mahasiswa penerima Bidikmisi UM yang lain,” jelas Ilaika.

Nah, banyak sekali kesan yang dirasakan oleh mahasiswa penerima Bidikmisi UM setelah berpartisipasi pada Donasi 1% Periode Maret—Agustus Tahun 2020. Setelah beberapa kesan di atas, pasti ada pula beberapa pesan agar Donasi 1% periode berikutnya dapat berjalan lebih baik lagi.

“Donasi 1% merupakan salah satu program kerja Formadiksi UM yang manfaatnya akan kembali kepada mahasiswa penerima Bidikmisi dan juga kepada masyarakat. Bukan hanya kepada aku, kamu, ataupun mereka. Terima kasih kepada semua teman-teman penerima Bidikmisi UM yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan Donasi 1% Periode Maret—Agustus Tahun 2020 ini. (Dan) bagi teman-teman penerima Bidikmisi yang masih belum bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan Donasi 1% periode Maret—Agustus Tahun 2020 ini, jangan berkecil hati ya, akan ada kesempatan lain yang bisa teman-teman penerima Bidikmisi UM manfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ungkap Roif, Ketua Pelaksana Donasi 1% Periode Maret—Agustus Tahun 2020.

Dengan terlaksananya Donasi 1% Periode Maret—Agustus Tahun 2020 diharapkan agar berdampak positif kepada semua kalangan, baik mahasiswa penerima Bidikmisi UM maupun masyarakat.

“Kepada mahasiswa penerima Bidikmisi UM yang telah berpartisipasi dalam Donasi 1% ini, harapannya selalu tanamkan sifat memberi kepada sesama. (Dan) bagi Pengurus Formadiksi UM, dana yang terkumpul dapat dialokasikan dengan baik, khususnya untuk kepentingan mahasiswa penerima Bidikmisi UM dan pada umumnya untuk yang membutuhkan,” tutur Muhammad Fiqran Nurfan Pamungkas, Ketua Formadiksi UM Tahun 2020 kepada Reporter Formadiksi UM News pada Minggu (17/5/2020).

Demikian beberapa informasi terkait pelaksanaan Donasi 1% Periode Maret–Agustus Tahun 2020. Semoga bermanfaat dan menjadikan kita sebagai pribadi terhadap sesama. Tetap semangat!

Ikhlas Berdonasi, Sejukkan Hati Mahasiswa Bidikmisi!

Reporter          : Ayu Anggraeni Wulansari

Editor              : Ayu Anggraeni Wulansari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *