Dua Mahasiswa Penerima Bidikmisi UM Sabet Gelar Wisudawan Terbaik

Formadiksi UM News – Menjadi wisudawan terbaik merupakan impian dari setiap mahasiswa, tak terkecuali mahasiswa penerima Bidikmisi dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Universitas Negeri Malang (UM). Kali ini Nailatul Muhajiroh dan Ari Gunawan, mahasiswa penerima Bidikmisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) angkatan 2017 dinobatkan sebagai Wisudawan Terbaik tingkat universitas pada Wisuda UM ke-105. Nailatul Muhajiroh, S.Pd. berhasil meraih gelar Wisudawan Terbaik Bidang Akademik dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,96 dengan masa studi tujuh semester, sedangkan Ari Gunawan, S.Pd. mendapat gelar Wisudawan Terbaik Bidang Non Akademik dengan IPK 3,93 yang juga ditempuh dalam masa studi selama tujuh semester.

Reporter Formadiksi UM News berhasil mewawancarai kedua Wisudawan Terbaik UM tersebut untuk berbagi pengalaman dan kisah mereka hingga berhasil menyabet gelar Wisudawan Terbaik. Penasaran? Yuk, simak liputannya!

Perasaan ketika dinobatkan sebagai Wisudawan Terbaik

“Alhamdulillah, saya merasa bersyukur atas rezeki yang tidak terduga ini. Akhirnya, perjuangan saya selama kuliah bisa membuahkan hasil,” ungkap Naila.

“Ya senang sih. Alhamdulillah, bersyukur atas apa yang sudah dicapai. Semoga bisa lebih baik lagi ke depannya,” ujar Ari.

Motivasi terbesar untuk berprestasi

“Motivasi terbesar saya adalah orang tua, keluarga, dan sahabat yang tidak hentinya memberikan doa dan semangat kepada saya,” ucap Naila.

“Definisi berprestasi bagi saya sebenarnya bukan saya mendapat piala atau memenangkan sesuatu, melainkan berprestasi itu bisa bermanfaat bagi orang banyak. Nah, salah satu cara saya untuk berprestasi itu melalui karya-karya saya. Jadi saya mencari pendanaan untuk karya saya sehingga karya saya naik dan bisa bermanfaat untuk banyak orang. Akhirnya, saya mendapat prestasi dari sana. Saya juga sering diundang untuk mengisi materi dan memberi insight ke teman-teman. Jadi bukan permasalahan ‘yang penting kuliah’, melainkan saya mempunyai value dalam kehidupan yang memang saya kejar,” tutur Ari.

Tips dan strategi dalam menorehkan prestasi sehingga mampu menjadi Wisudawan Terbaik UM

“Tips dari saya, harus bisa memanajemen waktu yang baik antara kuliah dan organisasi. Karena saya juga aktif dalam organisasi, sehingga manajemen waktu merupakan hal yang sangat penting untuk saya lakukan. Selain itu, kita harus tekun dan membuat skala prioritas dalam kegiatan sehari-hari,” ungkap Naila.

“Tips dan strategi khusus menorehkan prestasi, kita harus mempunyai value yang mau dikejar terlebih dahulu. Selanjutnya, memfokuskan bidang yang ingin dikejar itu apa. Baru kalau sudah punya value dilanjutkan dengan menyusun cara untuk meraihnya, yaitu dengan manajemen diri yang baik. Manajemen diri ini terdiri dari manajemen waktu dan manajemen ruang. Setelah itu juga jangan lupa menentukan target bulanan yang harus dicapai sampai target tahunan,” jelas Ari.

“Sebenarnya wisudawan terbaik itu bonus di akhir, ya. Jangan jadikan hal itu sebagai tujuan utama. Nah, semua itu bisa didapat dengan manajemen diri yang baik,” tambah Ari.

Pesan untuk mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM

“Mahasiswa sebagai manusia yang merdeka yang tidak lagi terikat oleh sekat-sekat dalam ruang keilmuan. Semoga semangat dalam mengarungi samudera pengetahuan dan membuka selebar-lebarnya cakrawala pemikiran harus tetap ditanamkan dalam diri mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP kuliah UM,” ucap Naila.

“Milikilah value dalam kehidupan yang mau kamu kejar!” pesan Ari.

“Jadilah orang yang dikenal bukan terkenal, karena ketika kamu dikenal, kamu mempunyai value yang kamu kejar dan konsisten dengan value itu. Kalau mau terkenal, ya jadi artis saja. Terutama bagi mahasiswa (penerima) Bidikmisi. Meskipun kita bukan anak raja, meskipun kita bukan anak sultan, tetapi jadilah orang yang mempunyai value agar menjadi orang yang dikenal sepanjang masa,” lanjut Ari.

Menulislah agar jadi abadi, itulah kalimat Pramoedya Ananta Toer yang Ari jadikan value  dalam hidupnya.

Demikian liputan Reporter Formadiksi UM News bersama Wisudawan Terbaik Universitas Negeri Malang ke-105. Semua usaha dan prestasi adalah sebuah perjalanan, bukan candi yang dibangun hanya semalam. Semoga bermanfaat dan memotivasi kita semua untuk terus berkarya dan berprestasi.

 

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

Reporter          : Rosidatul Avivah dan Chaula Intan Charir

Editor              : Della Fitriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *