Evaluasi PCC : Bekal Prestasi Mahasiswa Bidikmisi UM Menuju Pimnas 2019

Malang – (6/10/2018) Evaluasi tentor PKM yang dilaksanakan di Joglo PTIK Universitas Negeri Malang menandai berakhirnya kegiatan PKM Coaching Clinic (PCC) Formadiksi UM. Pertemuan ini dihadiri oleh beberapa tentor PKM di masing-masing bidang. Sebelum pelaksanaan evaluasi, perlu diketahui bahwa PCC telah dilaksanakan sesuai dengan target yang dirancang oleh Divisi Keilmuan dan Pengabdian (KP) selaku divisi yang menaungi program kerja ini, yakni sejumlah 4 kali pertemuan untuk mentoring.
“Memang secara resmi pelaksanaan kegiatan PKM Coaching Clinic (PCC) sudah selesai, namun masih ada beberapa bidang PKM yang belum menuntaskan pertemuannya. Untuk itu, kegiatan mentoring akan tetap berlangsung dengan jadwal yang telah disepakati oleh peserta dan tentor sebagai mentoring pengganti,” ujar Khofifah selaku ketua pelaksana.
Beberapa evaluasi selama kegiatan disampaikan langsung oleh tentor di bidang masing-masing PKM.
“Kegiatan mentoring tidak hanya dilakukan selama seminggu sekali, tetapi setiap saat bisa oleh pengurus Formadiksi UM sendiri sesuai dengan panduan PKM yang ada. Jadi, dapat sama-sama membantu untuk mematangkan konsep ide proposal,” ujar Roby Wijaya, tentor Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K).
Evaluasi tersebut akan ditindaklanjuti oleh panitia PCC dengan terus memantau peserta melalui Liaison Officer (LO) pada masing-masing bidang PKM. Nantinya akan ada pendataan pengunggahan proposal PKM dari mulai tingkat jurusan. Tidak hanya untuk pelaksanaan PCC tahun ini, evaluasi yang telah didapatkan, diharapkan dapat menjadi perbaikan untuk program kerja pendampingan PKM serupa PCC di tahun-tahun berikutnya.
“Kegiatan PKM Coaching Clinic (PCC) ini perlu tetap diadakan oleh Formadiksi UM ke depannya, karena ini adalah wadah yang sangat potensial untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Bidikmisi dalam bidang kepenulisan PKM. Adanya evaluasi dengan tentor kita jadi mengetahui kekurangan yang akan ditingkatkan pada kepengurusan selanjutnya,” jelas Himmatur Rosyidah, Sekretaris Formadiksi UM.
Meskipun kegiatan PCC telah berakhir, peserta masih dapat berkonsultasi dengan tentor via online. Hal itu sejalan dengan harapan dari tentor agar peserta dapat menjaga konsistensi dan keseriusan dalam menulis, sehingga peserta dapat lolos hingga tahap Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) dan membawa harum nama baik Universitas Negeri Malang. (Nadiyatul Falah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *