FAC: Menampung Aspirasi Mahasiswa Penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM

FAC: Menampung Aspirasi Mahasiswa Penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM

Formadiksi UM News – Sebagai organisasi yang menaungi mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM, Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) menyediakan sarana untuk menampung aspirasi mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM melalui program kerja Formadiksi UM Aspiration Center (FAC). Untuk mengetahui pelaksanaan FAC selama satu tahun kepengurusan, pada Sabtu (26/12/2020) Reporter Formadiksi UM News telah mewawancarai Dima Syafa’a Nabila selaku Ketua Pelaksana FAC dan Nadya Erawati selaku Sekretaris Formadiksi UM.

Apa itu program kerja FAC?

“Program kerja FAC merupakan program kerja tahunan dari Formadiksi UM. Alhamdulillah pada periode 2020 ada 3 sesi FAC untuk menjawab dan memberikan informasi kepada Mahasiswa Penerima Bidikmisi dan KIP UM yang dapat dilihat di YouTube Formadiksi UM,” ungkap Nadya.

“Formadiksi UM Aspiration Center atau FAC adalah program kerja Formadiksi UM sebagai sarana untuk menampung aspirasi mahasiswa penerima Bidikmisi dan mahasiswa penerima KIP Kuliah UM dalam rangka mewujudkan Formadiksi UM yang inovatif dan responsif dalam mengukur kinerja dan pelayanan Formadiksi UM serta sarana untuk menampung kritik dan saran serta solusi mahasiswa penerima Bidikmisi UM dan mahasiswa penerima KIP Kuliah UM terkait kebidikmisian dan keformadiksian,” papar Dima.

Bagaimana konsep FAC tahun ini?

“FAC tahun ini membuka form aspirasi yang dibagikan setiap dua bulan sekali. Setelah itu pertanyaan tersebut kami olah. Layanan ini dijembatani melalui pengisian link dan dijawab melalui video yang diunggah ke YouTube Formadiksi UM dengan link berikut ini untuk kepengurusan 2020. FAC #SESI4: https://bit.ly/FACSesi4 (Kebidikmisian dan KIP Kuliah), FAC #SESI5: https://bit.ly/FACSesi5 (Kebidikmisian, Buku rekening dan ATM, Keformadiksian), dan FAC #SESI6: https://bit.ly/FACSesi6,” jelas Dima.

Alur penyusunan FAC tahun 2020

“Pertanyaan di video itu dapat kami ambil dari pertanyaan yang ada di form FAC yang disebar setiap 2 bulan sekali dan melalui pertanyaan yang disampaikan melalui WhatsApp Divisi Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Advokesma) selaku divisi yang menaungi program kerja ini ataupun Instagram Formadiksi UM, lalu kami mengurutkan atau mengelompokkan pertanyaan-pertanyaan tersebut menjadi beberapa sub bab. Setelah itu kami susun video FAC tersebut. Di samping itu pertanyaan yang di sampaikan di form dan di WhatsApp ataupun Instagram juga bisa kita kami tambahkan ke FAQ pada Website,” ungkap Dima yang juga merupakan Mahasiswa Jurusan Fisika angkatan 2019 tersebut.

Menuai respon positif

“FAC mendapatkan respon positif dari teman-teman yang dibuktikan dengan viewers video pada YouTube Formadiksi UM. Harapannya dengan FAC dapat selalu memberikan informasi ter-update mengenai kebidikmisian dan KIP Kuliah agar tidak terjadi simpang siur yang tentunya akan menjadi hoaks,” ujar Nadya yang merupakan Mahasiswa Jurusan Fisika angkatan 2018.

Nah demikian liputan mengenai FAC ya teman-teman! Semoga bermanfaat.

Reporter              : Chantika Putri Ana

Editor                    : Chantika Putri Ana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *