Formadiksi UM 2019 Gelar Matrikulasi untuk Pengurus Harian

MALANG, Formadiksi UM News – Tepat dua hari setelah dilaksanakannya meet up pertama bagi Pengurus Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) periode 2019, digelarlah kegiatan Matrikulasi untuk Pengurus Harian. Kegiatan yang pertama kalinya diadakan pada kepengurusan Formadiksi UM ini, bertempatkan di Lantai 2 Graha Rektorat Universitas Negeri Malang, Jumat (15/2/2019).

“Kegiatan ini memang pertama kalinya dilaksanakan pada kepengurusan Formadiksi UM. Matrikulasi ini bertujuan untuk memberikan bekal bagi para Pengurus Harian, yakni Koordinator Divisi Formadiksi UM, berkaitan tentang halangan maupun rintangan yang ada pada kepengurusan 2018 lalu,” jelas Nadia Risky, Wakil Ketua Formadiksi UM.

Dalam matrikulasi ini, pemateri adalah Pengurus Inti Formadiksi UM periode 2018.

“Pematerinya adalah Pengurus Inti Formadiksi UM periode 2018. Mengapa pengurus inti tahun lalu? Karena memang beliau-beliaulah yang berkompeten dalam hal ini. Beliau-beliau yang juga telah memilih dan mengarahkan Koordinator Divisi di kepengurusan 2018 hingga kepengurusan 2018 ini terbilang sangat baik,” terang Nadia.

Adapun materi yang disampaikan meliputi bekal untuk para Koordinator Divisi terkait dengan kompetensi yang harus dimiliki. Materi-materi tersebut antara lain, bekal terkait kemandirian, pentingnya inisiatif, dan penyamaan persepsi dengan Pengurus Inti.

“Ada tiga materi utama yang ditekankan di sini, yaitu terkait kemandirian koordinator divisi, pentingnya inisiatif, dan penyamaan persepsi antara koordinator divisi dengan pengurus inti,” tambah mahasiswi Jurusan Sastra Inggris angkatan 2016 tersebut.

Nanda Defi Aprilianto, Koordinator Divisi Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Advokesma) mengutarakan hal senada.

“Pada matrikulasi kami (para Koordinator Divisi) mendapatkan pesan moral dan bekal untuk menjadi Koordinator Divisi yang baik. Menurut saya, ini merupakan suatu inovasi baru. Merupakan kegiatan yang positif guna membekali para Koordinator Divisi agar bisa melaksanakan tugas dengan baik dan sejalan dengan pengurus inti,” ujar Nanda.

Pada kesempatan yang sama, Jumat (15/2/2019), Reporter Formadiksi UM News juga mewawancarai Ade Setyawan Pratama selaku Ketua Formadiksi UM periode 2018 yang sekaligus menjadi pemateri pada kegiatan matrikulasi ini. Ia menyampaikan kesannya terkait kegiatan ini.

“Kami rasa ini adalah ikhtiar yang baik dari Pengurus Inti Formadiksi UM 2019 dan memang benar, jikalau anggota divisi ada LKMO (Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi), maka kegiatan ini sangat pas sebagai matrikulasi para Koordinator Divisi yang baru ini.” terangnya.

Ade Setyawan Pratama juga menyampaikan pentingnya regenerasi kepemimpinan Formadiksi UM yang baik, yang juga telah ia lakukan saat berpamitan dan memperkenalkan Ketua yang baru di semua grup WhatsApp. Ade mengatakan bahwa Formadiksi UM harus menjadi teladan untuk semua.

“Keberlanjutan capaian itu harus tetap terjaga, dan Formadiksi UM harus menjadi teladan untuk  semua, bagaimana kemudian regenerasi berjalan dengan baik. Semua akun medsos kami berikan kok, hal-hal teknis dan substansif pun kami ajarkan. Hehehehe,” ujarnya.

Di akhir wawancara, Nadia juga menambahkan harapannya terkait telah terlaksananya kegiatan ini.

“Semoga pesan-pesan pengurus inti dari kepengurusan 2018 tadi benar-benar di-action-kan, bukan ceremonial belaka. Semoga dapat dilakukan secara maksimal sehingga bisa berjalan sampai akhir kepengurusan,” tutupnya.

Penulis             : Amanatul Haqqil Ibad

Editor              : Nanda Ayu Luthfi Khofifah dan Andy Ihsan Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *