FORMADIKSI UM HADIR DI TENGAH-TENGAH PERMASALAHAN MAHASISWA BIDIKMISI UM

Malang – Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) merupakan sebuah organisasi yang menaungi seluruh mahasiswa Bidikmisi di Universitas Negeri Malang. Seperti organisasi pada umumnya, Formadiksi UM memiliki segudang progam kerja yang bergerak dalam bidang advokasi, pengembangan kompetensi, hingga kesejahteraan mahasiswa Bidikmisi.
Mahasiswa Bidikmisi di Universitas Negeri Malang berasal dari daerah yang berbeda-beda dengan latar belakang yang berbeda-beda pula. Dalam menjalani perkuliahan, masalah bisa sewaktu-waktu datang, meskipun tidak diharapkan. Tentunya hal tersebut dapat menggangu aktivitas perkuliahannya baik secara langsung maupun tidak langsung. Atas dasar tersebut Formadiksi UM melalui Divisi Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Advokesma) mempersembahkan program kerja Pusat Layanan Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa Bidikmisi, dimana progam kerja ini sebagai wujud nyata kehadiran Formadiksi UM untuk mahasiswa Bidikmisi.
Pusat Layanan Advokasi dan kesejahteraan mahasiswa Bidikmisi adalah progam kerja yang bersifat insidentil artinya progam kerja ini hanya akan berjalan apabila ada permasalahan atau laporan dari mahasiswa Bidikmisi.

Untuk itu Kiki Maritasari selaku koordinator divisi Advokasi dan kesejahteraan mahasiswa membagi setiap permasalahan menjadi 3 kategori yang meliputi Akademik, Non-Akademik, Financial.

” Dalam kategori akademik divisi Advokesma membantu untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Akademik mahasiswa bersangkutan, sedangkan untuk kategori non-akademik kami membantu dan mendampingi menyelesaikan permasalahan dari mahasiswa Bidikmisi diluar bidang akademik yang berhubungan langsung dengan perkuliahan mahasiswa Bidikmisi, selain itu untuk Kategori financial kami membantu melalui peminjaman dana Formadiksi UM dan pemberian dana sosial untuk mahasiswa yang membutuhkan”terang Kiki.

Progam Kerja ini telah menjadi program kerja tahunan, pada periode kepengurusan 2018 PLADKMBUM dilaksanakan sejak bulan Februari 2018 hingga berakhirnya kepengurusan Formadiksi UM 2018 yang mana terhitung sejak 17 Desember 2018 sudah menangani 113 permasalahan dalam berbagai bidang (akademik, non akademik, maupun financial).
Seperti yang dilansir dalam Panduan Pusat Layanan Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa Bidikmisi yang dapat dilihat di website resmi Formadiksi UM untuk permasalahan Akademik dan Non-Akademik Mahasiswa dapat langung menghubungi pengurus Formadiksi UM Divisi Advokesma. Kemudian Divisi Advokesma membuat forum diskusi yang membahas permasalahan yang diterima dan mencarikan solusi sesuai masalah yang dialami oleh mahasiswa, tidak perlu khawatir akan diketahui oleh banyak orang karena kerahasiaan seluruh permasalahan akan dijamin oleh divisi. Namun setiap pembahasan permasalahan tersebut, akan diarsipkan dalam bentuk tulisan sebagai evaluasi serta laporan pertanggungjawaban atas dijalankannya program kerja ini pada akhir tahun kepengurusan.
Salah satu pengguna layanan ini mengatakan bahwa dengan adanya progam kerja ini sangat membantunya ketika sedang membutuhkan uang untuk keperluan kuliah ketika dana living cost belum cair. Ia berharap ke depannya Formadiksi UM dapat meningkatkan pelayanan melalui progam kerja ini agar seluruh mahasiswa Bidikmisi secara keseluruhan dapat merasa lebih diayomi. (Alfitrah Bachtiar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *