Formadiksi UM Store: Pandemi? Yuk, Belanja Online!

Formadiksi UM Store: Pandemi? Yuk, Belanja Online!

Formadiksi UM News — Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) memiliki banyak program kerja yang dapat mendukung pengembangan minat dan bakat mahasiswa penerima Bidikmisi UM, termasuk dalam hal berwirausaha. Formadiksi UM Store hadir sebagai realisasi dari dukungan tersebut. Formadiksi UM Store merupakan salah satu program kerja di bawah naungan Divisi Dana dan Usaha (Danus) yang berfungsi untuk mewadahi mahasiswa penerima Bidikmisi UM dalam berwirausaha sekaligus sebagai salah satu sumber pendanaan berbagai kegiatan Formadiksi UM.

Tahun ini, cukup banyak inovasi dari Formadiksi UM Store. Misalnya, penjualan produk yang lebih difokuskan melalui sistem online dan marketplace seperti Shopee. Selain itu, ada pula produk baru yang belum ada di tahun lalu, yaitu case handphone. Formadiksi UM Store juga menerima custom design pesanan sesuai dengan permintaan pembeli. Lalu, bagaimana respon pembeli terhadap produk-produk dari Formadiksi UM Store? Yuk, cari tahu bersama dengan menyimak hasil liputan dari Reporter Formadiksi UM News berikut ini.

 

“Sebagai mahasiswa penerima Bidikmisi UM, penting bagi saya untuk mempunyai suatu identitas yang menunjukkan bahwa saya adalah Mahasiswa Bidikmisi. Bukan untuk pamer atau menyombongkan diri, melainkan produk tersebut menjadi pengingat bagi saya terkait kisah perjuangan panjang yang harus saya lalui untuk menjadi seorang Mahasiswa Bidikmisi. Hal tersebut dapat menjadi motivasi tersendiri bagi saya untuk senantiasa menempuh pendidikan dengan sebaik mungkin, demi kebermanfaatan Beasiswa Bidikmisi yang telah dipercayakan kepada saya,” ujar Diky Romadoni Saputra, Mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial UM, angkatan 2019.

 

Diky merupakan salah satu pembeli produk Formadiksi UM Store Periode ke-1. Diky mengakui bahwa dia menyukai produk botol minum (tumblr) dan gantungan kunci yang dibelinya. Selain karena design-nya yang menarik, produk Formadiksi UM Store juga murah dan berkualitas.

 

“Saya menyukai produk-produk dari Formadiksi UM Store. Design yang ditawarkan sangat keren dan kombinasi warna yang dihadirkan dalam setiap jenis produk terlihat matching apabila dipadukan dengan outfit yang saya kenakan. Gantungan kuncinya juga memiliki design yang menarik sehingga dapat menambah kepercayaan diri sebagai mahasiswa penerima Bidikmisi UM, yang tergabung dalam keluarga besar Formadiksi UM,” tutur Diky.

 

”Tahun ini, output dari Formadiksi UM Store meningkat, bahkan alhamdulillah mencapai target yang telah ditentukan. Sayangnya, jumlah partisipan menurun. Namun, hal tersebut dapat dimaklumi mengingat semua kegiatan yang dilakukan secara online, kemungkinan besar membuat para mahasiswa penerima Bidikmisi UM kurang memperhatikan adanya penjualan produk Formadiksi UM Store,” jelas Anjani Nur Fitria selaku Ketua Pelaksana Formadiksi UM Store 2020.

 

Walaupun masa pandemi mengurangi antusiasme para pembeli, Diky tetap berharap agar Formadiksi UM Store tetap ada di tahun depan. Tentunya dengan inovasi yang baru.

 

“Saya harap, ke depan Formadiksi UM Store dapat terus berlanjut. Sebab, sebagai satu-satunya sarana untuk memperoleh produk official dari Formadiksi UM, Formadiksi UM Store sangat penting untuk terus eksis di antara mahasiswa penerima Bidikmisi UM. Di samping itu, inovasi yang menarik dari berbagai produk Formadiksi UM Store yang murah dan berkualitas, tentu layak untuk diburu,” jelas Diky.

 

Harapan untuk Formadiksi UM Store juga disampaikan oleh Muhamad Fiqran Nurfan Pamungkas selaku Ketua Formadiksi UM 2020. Fiqran berharap agar penjualan produk dari Formadiksi UM Store tetap dapat berjalan walaupun di tengah masa pandemi.

 

“Harapannya, untuk ke depan Formadiksi UM Store dapat berfokus pada beberapa produk saja. Mengapa? agar produk-produk tersebut dapat dijual terus-menerus. Tidak hanya pada satu periode penjualan saja tetapi berkelanjutan sehingga tidak setiap periode harus berganti design dan produk. Begitupun pada penjualan sistem online atau marketplace. Namun, pada kondisi seperti sekarang ini, memang sedikit sulit untuk menyebarluaskan informasi terkait produk yang dijual dan memantik antusiasme pembeli. Oleh karena itu, ke depannya budget produk juga dapat disesuaikan agar tidak terlalu tinggi maupun rendah sehingga penjualan dapat lebih menguntungkan, khususnya di masa pandemi seperti sekarang ini,” tutur Fiqran.

 

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

 

Reporter: Syani Yemima Syahrul

Editor: Syani Yemima Syahrul

 

 

 

 

One thought on “Formadiksi UM Store: Pandemi? Yuk, Belanja Online!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *