Formadiksi UM Turut Berpartisipasi Dalam Pelaksanaan GASS Kota Malang

MALANG, Formadiksi UM News – Menanggapi himbauan dari Rektor Universitas Negeri Malang terkait pelibatan mahasiswa dalam pelaksanaan Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen (GASS) oleh Pemerintah Kota Malang, Pengurus Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Tepatnya hari Jumat (27/12/2019), Pengurus Formadiksi UM yang bertugas telah berkumpul pada pukul 06.00 WIB di Wisma UM, Jalan T.G.P., Oro-Oro Dowo. Bersama dengan Wali Kota Malang, Wakil Rektor III UM, seluruh pihak Kemahasiswaan UM, komunitas-komunitas Malang, dan masyarakat setempat, serta bersama pihak-pihak yang berpartisipasi lainnya,  Pengurus Formadiksi UM ikut serta membersihkan lingkungan sekitar.

“Dari kegiatan ini, saya jadi tahu bahwa Warga Malang ketika dihimbau mengikuti kegiatan semacam ini ternyata antusias. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya komunitas yang ikut serta, terus banyak juga dari lembaga-lembaga pemerintah dan nonpemerintahan, tadi juga ada teman-teman dari Pramuka yang sampai turun ke sungai juga,” papar Dini Kurnia Sari, salah satu Pengurus Formadiksi UM yang berpartisipasi dalam GASS kali ini.

Adapun cakupan lokasi GASS meliputi anak Sungai Brantas (Oro-Oro Dowo), Perempatan Jalan Bandung sampai Jembatan Jalan Buring.

“Tadi itu kita bersih-bersih di Jalan Panggung, mulai membersihkan selokan, taman di sekitarnya, sampai daerah aliran sungai,” terang Riduwan Prasetya, Ketua Formadiksi UM tahun 2019 yang juga berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Mengikuti GASS juga menambah wawasan terkait dengan titik-titik utama penumpukan sampah yang menyebabkan tersumbatnya aliran sungai tertentu. Hal tersebut dijelaskan Dini kepada Reporter Formadiksi UM News dalam kesempatan wawancara, Jumat (27/12/2019).

“Kita jadi tahu dari mana asalnya sampah-sampah itu numpuk, terus dari mana sih banjir. Kita saat ini kan biasanya cuma tahu sungai meluap, lalu mengakibatkan banjir. Tapi kita nggak tahu tempat penumpukan sampahnya itu di bagian mana, di titik bagian mana. Nah, di sini tadi kita jadi tahu,” ungkap Dini yang juga Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Ilmu Pendidikan angkatan  2016..

Kegiatan yang sebelumnya juga telah diinformasikan di seluruh Grup WhatsApp Official Fakultas ini, merupakan salah satu wadah untuk memberikan kontribusi Mahasiswa Bidikmisi untuk lingkungan sekitar, utamanya dalam menggalakkan kebersihan.

“(Dengan) mengikuti kegiatan GASS, saya sebagai mahasiswa di kampus yang berada di Kota Malang, bisa memberikan sedikit kontribusi dalam menjaga kebersihan Kota Malang. Selain itu, setelah adanya kegiatan tersebut nantinya kita juga bisa merasakan lingkungan yang bersih, sehingga bisa merasa nyaman ketika belajar dan melakukan kegiatan sehari-hari,” jelas Riduwan.

Riduwan yang juga merupakan Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Teknik angkatan 2016 tersebut menerangkan bahwa dengan berpartisipasi dalam GASS, membuktikan adanya kepedulian Mahasiswa Bidikmisi UM terhadap lingkungan Malang.

“(Dengan) ikut berkontribusi dalam kebersihan lingkungan di Malang, membuktikan bahwa Mahasiswa Bidikmisi UM juga peduli terhadap lingkungan dan menunjukkan partisipasi kita dalam mewujudkan lingkungan Malang yang bersih,” tambahnya.

“Ayo rek! Menjaga kebersihan dan berpartisipasi. Jangan gundah, jangan resah, dan jangan nyampah!” tutup Riduwan.

Reporter          : Amanatul Haqqil Ibad

Editor              : Nadya Erawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *