Formadiksi UM YouTube Go: Penyedia Informasi Kebidikmisan dan KIP Kuliah

Formadiksi UM News – Sebagai penyalur informasi kebidikmisian, Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) memanfaatkan media sosial sebagai sarana penyebaran informasi kepada seluruh mahasiswa penerima Bidikmisi melalui salah satu program kerja yang bernama Formadiksi UM YouTube Go. Formadiksi UM YouTube Go merupakan salah satu program kerja Formadiksi UM yang dinaungi oleh Divisi Informasi dan Komunikasi (Infokom).

“Latar belakang diadakannya program kerja ini dikarenakan seiring berjalannya waktu, ada berbagai cara dalam menyebarkan informasi salah satunya yaitu melalui YouTube. YouTube sendiri merupakan media informasi yang menarik berisi konten berbentuk video, sehingga diharapkan mampu memberikan gambaran terhadap informasi yang diberikan kepada penonton,” ujar Muhamad Fiqran Nurfan Pamungkas selaku Ketua Formadiksi UM.

Tujuan diadakannya program kerja Formadiksi UM YouTube Go tentunya untuk memberikan informasi mengenai kebidikmisian yang dikemas lebih menarik dalam bentuk video, sehingga dapat lebih mudah diterima masyarakat. Di sisi lain, Adang Sutrisno selaku Ketua Pelaksana Formadiksi UM YouTube Go juga ingin meningkatkan jumlah viewers platform YouTube Formadiksi UM.

“Dari yang saya lihat, banyak video yang bagus, menarik, dan tentunya informatif yang ada di YouTube Formadiksi UM tetapi viewers-nya itu sedikit. Ini juga yang membuat saya bingung, jadi untuk itu, saya bertujuan untuk menaikkan viewers-nya dengan cara memperbaiki tampilan dan konten video yang disajikan di platform YouTube Formadiksi UM,” tutur Adang.

Sebagai ketua pelaksana, Adang mengaku ia juga sering melihat dan mengecek kembali apa yang telah ditampilkan dan disajikan di kanal YouTube Formadiksi UM. Hal ini ia gunakan sebagai acuan agar video-video berikutnya yang akan diunggah di YouTube Formadiksi UM dapat lebih baik dari sebelumnya. Terkait hal tersebut, upaya yang telah dilakukan oleh Tim Formadiksi UM YouTube Go tahun 2020 adalah dengan menyajikan beberapa inovasi yang lebih menarik dari tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk tahun ini, inovasi yang sedikitnya telah tercapai di antaranya adalah penggunaan thumbnail yang lebih menarik dengan menggunakan judul yang tidak terkesan monoton seperti sebelumnya. Selain itu, untuk deskripsinya sendiri ditambahkan sumber informasi seputar video dan juga musik yang digunakan dalam video karena itu, memang hal yang wajib ada di dalam channel YouTube, serta penggunaan video animasi explainer agar informasi seperti video Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) dan video alur pencairan menjadi lebih menarik untuk dilihat,” ujar Adang.

Selaras dengan apa yang disampaikan Adang, Dian Bagas Pratama Saputra selaku Koordinator Divisi Informasi dan Komunikasi sekaligus Ketua Pelaksana Formadiksi UM YouTube Go tahun 2019 mengungkapkan bahwa Formadiksi UM YouTube Go tahun 2020 sudah mengalami perkembangan dari tahun lalu.

“Untuk perkembangannya sendiri sudah ada walaupun tidak banyak, karena masih terdapat pula video yang belum selesai. Namun, ada salah satu konten yang bagus dan bisa ditingkatkan lagi oleh Tim YouTube Go yaitu konten mengenai KIP Kuliah. Selain itu, dari segi Tim YouTube Go sendiri, kerja sama antaranggota sudah bagus dan semoga bisa ditingkatkan lagi,” tutur Dian.

Banyaknya inovasi yang ingin dicapai dalam program kerja Formadiksi UM YouTube Go tahun 2020 ini membuat Tim Formadiksi UM YouTube Go lebih antusias dan semangat dalam menyelesaikan target-target pembuatan video serta menyajikan video yang lebih menarik dan informatif dari tahun-tahun sebelumnya sehingga mampu meningkatkan viewers dan eksistensi kanal YouTube Formadiksi UM di kalangan mahasiswa penerima Bidikmisi UM. Harapan-harapan baik untuk keberlangsungan kanal YouTube Formadiksi UM juga diungkapkan oleh para narasumber.

“Semoga channel ini dapat memberikan informasi yang cepat dan tepat untuk penonton setianya serta dapat menjadi rujukan terhadap konten informasi yang dipublikasikan,” ungkap Fiqran.

“Saya harap channel YouTube Formadiksi UM dapat menjadi wadah informasi yang valid dan menarik. Lalu ditingkatkan terus segala aspek yang ada, jangan berhenti di satu titik. ‘Menuju tak terbatas dan melampauinya’ ingat kata-kata dari Buzz Lightyear,” ujar Dian.

“Harapan ke depannya untuk channel Youtube Formadiksi UM, semoga inovasi-inovasi yang telah dicapai maupun yang masih dalam tahap proses saat ini, bisa menjadi dasar untuk berkembangnya channel YouTube Formadiksi UM ke arah yang lebih baik, terus memberikan manfaat dan edukasi seputar Bidikmisi dan KIP Kuliah yang dikemas dengan ide-ide yang menarik serta bisa menjadi contoh untuk channel YouTube organisasi-organisasi lainnya,” tutup Adang.

Bidikmisi! Berprestasi tiada henti!

Reporter          : Della Fitriani

Editor              : Syani Yemima Syahrul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *