Harapan yang Terselip dalam Pendataan Prestasi dan Minat Bakat

Harapan yang Terselip dalam Pendataan Prestasi dan Minat Bakat

Formadiksi UM News – Program kerja Pendataan Prestasi dan Minat Bakat yang dinaungi oleh Divisi Minat dan Bakat (Minbak), Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) telah mencapai periode akhir pada bulan November 2020. Program kerja ini telah berjalan sejak bulan April lalu, yang mana Pendataan Prestasi berfungsi untuk merekap data-data prestasi yang diraih oleh mahasiswa penerima Bidikmisi UM angkatan 2017−2019 dan KIP Kuliah UM angkatan 2020 sebagai apresiasi dari pihak kampus dan Formadiksi UM, serta Pendataan Minat Bakat yang berfungsi untuk merekap minat dan bakat yang dimiliki mahasiswa penerima Bidikmisi UM (angkatan 2017−2019) dan KIP Kuliah UM (angkatan 2020) agar mampu menyalurkan minat dan bakat yang dimiliki untuk menciptakan prestasi-prestasi baru.

Pendataan Prestasi dan Minat Bakat ini dilakukan dalam 4 kali periode selama kepengurusan tahun 2020. Periode pertama dilaksanakan selama bulan April−Mei 2020, periode kedua selama bulan Juni−Juli 2020, periode ketiga selama bulan Agustus−September 2020, dan periode keempat selama bulan Oktober−November 2020.

Pada kesempatan kali ini, Reporter Formadiksi UM News telah berkesempatan untuk mewawancarai Fatimah Rahmaniar Lathifa, mahasiswi Fakultas Ilmu Pendidikan yang telah berpartisipasi mengisi Pendataan Prestasi dan Minat Bakat pada Kamis (3/12/2020), untuk mengulik tanggapan mengenai adanya program kerja ini. Yuk, simak ulasannya!

Sebagai sarana untuk menyalurkan aspirasi

“Menurut saya, media yang digunakan untuk pendataan sudah cukup efektif. Saya juga menyetujui dan mendukung adanya Pendataan Prestasi dan Minat Bakat ini, karena selain berguna untuk kepentingan pengarsipan, pendataan ini juga berguna untuk menyalurkan aspirasi dan potensi yang dimiliki mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM. Selain itu, jika mahasiswa yang telah mengisi form sudah mengikuti lomba yang telah disarankan oleh Tim Pendataan maka secara tidak langsung hal ini dapat mengembangkan bakat yang dimiliki,” ungkap Fatimah.

Antusiasme partisipan yang luar biasa

Ketua Pelaksana Pendataan Prestasi dan Minat Bakat, Annisa Nuril Faradise mengungkapkan bahwa antusias teman-teman mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM sangat tinggi.

“Untuk pengisian form Pendataan Minat dan Bakat, antusiasnya sangat tinggi. Dari semua data yang masuk, rata-rata mereka bersedia untuk mengikuti lomba yang akan ditawarkan oleh Tim Pendataan. Begitu pula dengan Pendataan Prestasi, setiap bulannya juga banyak prestasi-prestasi baru yang terdata. Antusiasnya luar biasa,” jelas Fara.

Harapan yang terselip untuk Pendataan Prestasi dan Minat Bakat

“Semoga program kerja Pendataan Prestasi dan Minat Bakat ini bisa diadakan setiap tahunnya dan semoga ke depannya program kerja ini bisa berjalan lebih baik lagi, untuk memberikan kebermafaatan yakni mewadahi dan memfasilitasi mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM untuk berprestasi,” pesan Fara.

Dewangga Andhika Yudha, selaku Koordinator Divisi Minat dan Bakat juga mengungkapkan harapan serupa untuk Pendataan Prestasi dan Minat Bakat.

“Harapannya adalah semangat mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM dapat terpacu untuk terus meraih berbagai macam prestasi di bidang apapun sehingga dapat membanggakan almamater Universitas Negeri Malang. (Dan) saya berharap pada generasi selanjutnya, untuk tetap memilih apa-apa yang terbaik demi mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM, Formadiksi UM, dan juga universitas. Dengan artian, perbaiki sesuatu yang masih menjadi kekurangan dan juga pertahankan atau bahkan tingkatkan sesuatu yang sudah bagus di program kerja pendataan ini,” tuturnya.

Your Story Begins Here!

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

 

Reporter         : Anggi Icha Larasati

Editor             : Syani Yemima Syahrul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *