Hilangkan Jarak dengan Kerjasama antara Formadiksi UM dan Komadiksi Smart UNS

Surakarta—Dalam rangka melaksanakan studi banding, Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) telah menunjuk dua dari sekian banyaknya tuan rumah organisasi Bidikmisi di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Setelah melakukan lawatan ke Bidikmisi Scholarship Community Universitas Negeri Semarang (BSC UNNES) pada Sabtu (15/9) lalu, di hari selanjutnya yakni hari Minggu (16/9) Formadiksi UM juga mengunjungi Keluarga Solid Mahasiswa Bidikmisi Universitas Sebelas Maret (Komadiksi Smart UNS).
Bukan tanpa alasan Formadiksi UM menunjuk Komadiksi Smart UNS untuk menjadi tujuan studi bandingnya. Dalam sambutannya, Ketua Formadiksi UM menyampaikan bahwa Komadiksi Smart UNS dipilih karena beberapa program kerjanya yang inovatif.
“Kegiatan studi banding ini bukan tanpa alasan kami memilih Komadiksi Smart UNS. Bayangkan kita sebagai mahasiswa penerima beasiswa, ternyata Komadiksi Smart UNS juga memberikan beasiswa. Bukan hanya diberi, tapi juga memberi beasiswa, itu sudah sangat luar biasa,” Ade Setyawan Pratama pun juga menambahkan, “Juga ada BEC (Bidikmisi Essay Competition), ada juga Training Kepemimpinan, dan Sekolah Komadiksi, dan yang menarik juga adalah Kredit Laptop,” jelas Ade.
Dalam acara studi banding lalu kedua pihak diberi waktu untuk memaparkan program kerja yang dimiliki terlebih dahulu sebelum masuk ke acara Focus Group Discussion (FGD). Dalam sesi FGD ini, divisi dari Formadiksi UM serta bidang dari Komadiksi Smart UNS didudukkan bersama berdasarkan kesamaan ranah tugas dalam bekerja. Seperti contohnya Divisi Jurnalistik dan Divisi Informasi dan Komunikasi Formadiksi UM duduk bersama dengan Bidang Media Komadiksi Smart UNS.
Di akhir acara reporter Formadiksi UM News berkesempatan untuk mewawancarai Kepala Biro Kemahasiswaan UNS yang turut hadir mendampingi Komadiksi Smart UNS dalam menyambut Formadiksi UM. Bapak Agus Rohman Pratomo menyampaikan tanggapan positif akan kunjungan yang dilakukan Formadiksi UM ke Komadiksi Smart UNS.
“Menurut saya ini bagus, pertama membangun silaturahim dan kebersamaan antar (organisasi) Bidikmisi di dua universitas. Yang kedua, tentunya akan banyak berbagi yang juga berbagi kegiatan, berbagi pengalaman, berbagi apapun yang bisa dikembangkan oleh masing-masing organisasi, baik di Bidikmisi UNS maupun Bidikmisi UM,” jelasnya.
Bapak Agus pun juga menyampaikan harapannya agar Formadiksi UM dan Komadiksi Smart UNS saling bekerja sama hingga tiada lagi anggapan bahwa jarak antara Solo-Malang itu jauh.
“Harapannya ke depan tentunya, organisasi Bidikmisi UNS dan UM bisa saling mengisi, bisa saling membantu, dan juga bisa lebih mungkin mempertajam program melalui dwi-program. Kan bisa kerja bareng nih, ya itu harapannya ke depan bisa saling kerja sama dan menjadikan jarak antara Solo-Malang akan sangat dekat, karena kita sudah dekat di hati. Dengan dekat di hati, kita akan lebih mudah, karena kita sudah (saling) tahu,” ucapnya dengan diselingi kiasan.
Bapak Agus pun juga memberikan pesan agar Formadiksi UM dan Komadiksi Smart UNS dapat saling kolaborasi.
“Satu kata, Kolaborasi. Silahkan saling kolaborasi untuk memajukan. Bersinergi. Kalau dua kekuatan digabung, pasti akan lebih baik,” tutupnya. (Lucky M.D)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *