HUT ke-8 Road to Golden Formadiksi UM

MALANG, Formadiksi UM News – Minggu (12/5/2019) Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) 2019 mengadakan kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Formadiksi UM ke-8. Kegiatan HUT ke-8 Road to Golden Formadiksi UM yang bertempat di Wisma UM (Jalan T.G.P No.9, Malang) mengangkat tema “Be Integrative, Responsive, and Grateful for Brigther Generation of Formadiksi UM”. Pemilihan nama kegiatan dan tema yang dipilih dijelaskan oleh Siti Khoirunnisa, Ketua Pelaksana HUT Formadiksi UM ke-8 sebagai berikut.

“Pemilihan nama HUT ke-8 Road to Golden Formadiksi UM memiliki arti simbolis bahwasanya pada tahun ke-8 Formadiksi UM mencapai pada masa keemasannya, di mana pada tahun ini citra nama Formadiksi UM gemilang pada Organisasi Mahasiswa Bidikmisi Nasional, hal ini telah dibuktikan pada capaian tahun 2018 bahwa Formadiksi UM menjadi Organisasi Mahasiswa Bidikmisi rujukan di Tingkat Nasional karena kinerja yang apik dan tersistem. Hal ini harus ditingkatkan melalui serangkaian program kerja Formadiksi UM yang lainnya, dan sebagai wujud kebanggaan, dikemaslah program kerja ini dalam suatu bingkai apresiasi atas kinerja selama satu tahun kepengurusan Formadiksi UM. Selain itu pemilihan tema “Be Integrative, Responsive, and Grateful for Brigther Generation of Formadiksi UM” memiliki makna Formadiksi UM menjadi Organisasi Mahasiswa Bidikmisi yang bersifat independen, memiliki profesionalitas kerja yang baik, terintegrasi dalam menangani permasalahan Mahasiswa Bidikmisi UM, responsif dalam membantu menangani kegiatan dalam naungan kemahasiswaan, oleh karena itu, sebagai wujud rasa syukur (grateful) maka diadakannya peringatan HUT sebagai langkah menuju generasi emas Formadiksi UM.”

Acara HUT ke-8 Road to Golden Formadiksi UM sekaligus buka bersama yang mengundang Mahasiswa Bidikmisi UM, Alumni Pengurus Formadiksi UM, perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Malang (BEM UM), perwakilan BEM Fakulatas (BEMFA), perwakilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UKM UM), serta mengundang Forum Komunikasi Mahasiswa Bidikmisi (FKMB) Jawa Timur Regional Malang Raya. Acara ini juga bertujuan salah satunya untuk menambah keakraban diri dan mempererat tali silaturahmi dengan seluruh tamu undangan.

“Acara HUT ini merupakan agenda tahunan Formadiksi UM. Alhamdulillah kita dapat menyelenggarakan acara ulang tahun Formadiksi UM ke-8 ini semoga dengan adanya acara ini dapat mempererat antara BEM UM, BEMFA, FKMB Jawa Timur Regional Malang Raya serta Alumni Pengurus Formadiksi UM, selanjutnya kita akan sering berhubungan secara langsung dan semoga dengan adanya kegiatan ini kita dapat meningkatkan kinerja dalam berorganisasi,” jelas Siti Khoirunnisa dalam sambutan Ketua Pelaksana HUT Formadiksi UM ke-8.

Hal tersebut juga diperjelas pada saat sambutan Ketua Formadiksi UM 2019 yang diwakili oleh Nadia Risky Putri A.M. selaku Wakil Ketua Formadiksi UM 2019.

“Harapannya, Alumni Pengurus (Formadiksi UM) bisa sharing kepada kami semua agar kami tahu bagaimana Formadiksi UM pada tahun-tahun sebelumnya sehingga kami bisa memperbaiki apa yang kurang dan juga terus melanjutkan apa yang sudah baik. Selanjutnya kepada teman-teman (perwakilan) FKMB Jawa Timur Regional Malang Raya, kami berharap silaturahmi kita tidak hanya sampai di sini saja, karena nantinya masih banyak kegiatan Formadiksi UM yang akan mengundang teman-teman semua. Kepada teman-teman (perwakilan) BEM dan UKM, kami berharap bahwasanya kerja sama kita bukan hanya di sini, namun nanti di luar, di kampus kita tercinta (UM) kita bisa berkolaborasi sehingga aspirasi dari mahasiswa terutama Mahasiswa Bidikmisi juga dapat didengarkan.”

Acara HUT ke-8 Road to Golden Formadiksi UM sebagai perayaan hari ulang tahun yang ke-8 Formadiksi UM sekaligus buka bersama dan terdapat materi yang disampaikan dengan tema “Pentingnya Rasa Kekeluargaan dalam Menjalin Silaturahmi antar Ormawa di Universitas Negeri Malang” yang disampaikan oleh Bapak Yusuf Hanafi yaitu Dosen Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Faris Rosul selaku Ketua BEM UM atau Presiden Mahasiswa (Presma) UM 2019 yang juga menghadiri acara ini mengungkapkan kesan terhadap acara HUT ke-8 Road to Golden Formadiksi UM.

“Acara ini sangat bagus sekali, karena di dalam HUT Formadiksi UM ini tidak hanya dihadiri oleh Mahasiswa Bidikmisi UM dan Pengurus Formadiksi UM saja, namun juga mengundang dari UKM, BEM UM, dan jajaran BEMFA, sehingga dalam acara ini yang pertama kami bisa bersilaurahmi dengan pengurus Ormawa (organisasi mahasiswa) lainnya, yang kedua materi dari Bapak Yusuf Hanafi selaku Dosen Fakultas Sastra yang materinya yang sangat mengena kepada kami, yang ketiga menjadi forum dan acara yang sangat hits setiap tahunnya terutama saya juga sebagai Mahasiswa Bidikmisi UM, dan membuktikan ternyata Formadiksi UM ini sudah mencapai beberapa target sehingga di tahun ke-8 tidak menurunkan sedikitpun prestasi maupun pencapaiannya di tataran nasional dan beberapa program kerja dengan beberapa pencapaian-pencapaian dari Mahasiswa Bidikmisi UM.”

Selain itu, Faris Rosul juga mengungkapkan harapannya untuk Formadiksi UM.

“Harapannya untuk Formadiksi UM dapat lebih merekatkan kembali juga mampu meningkatkan pembimbingan kepada Mahasiswa Bidikmisi di Universitas Negeri Malang  tentunya dengan program-program kerja yang luar biasa.”

Di dalam acara HUT ke-8 Road to Golden Formadiksi UM ini juga terdapat sesi sharing dengan Alumni Pengurus Formadiksi UM. Seluruh perwakilan Alumni Pengurus Formadiksi UM di setiap tahun hadir dalam HUT Formadiksi UM ini, mulai dari perwakilan angkatan  2011 hingga 2018.

“Untuk (HUT) Formadiksi UM ke-8 harapannya jadi semakin bermanfaat untuk sekitar, yang ikhlas jangan cari sesuatu di Bidikmisi tapi berikan sesuatu untuk Bidikmisi,” ujar Sahrul Romadhon Ketua Formadiksi UM angkatan 2011-2012, angkatan pertama Formadiksi UM.

Acara ini juga merekatkan kembali hubungan antar Forum Mahasiswa Bidikmisi se-Malang Raya.

“Teman-teman dari Malang bisa rekat kembali, malalui acara ini kita bisa akrab dan tegur sapa bisa tahu ini dari perwakilan universitas mana saja,” ungkap Yuan Nur Fitriana selaku Koordinator FKMB Jawa Timur Regional Malang Raya 2018 dan Koordinator Wilayah FKMB Jawa Timur 2019.

“Pesannya ke depannya semoga semakin solid, semakin kompak, dan semakin sukses jadi panutan berbagai Forum Bidikmisi, banyak Forum Bidikmisi yang bilang ‘aku pingin Forum Bidikmisiku kayak di UM (Formadiksi UM)’ karena panutannya mereka itu forum di UM (Formadiksi UM) sudah bagus, kalau secara keseluruhan memang bagus dari strukturnya dari kegiatan-kegiatannya itu tersusun secara rapi. Semoga ke depannya temen-temen dari regional juga diundang lagi sehingga kita juga bisa saling sharing kalau (Forum Bidikmisi) di UM itu bagaimana dan kalau (Forum Bidikmisi) di universitas lain itu bagaimana,” tambahnya terkait pesan dan harapan untuk Formadiksi UM.

 

Reporter          : Nadya Erawati dan Tisya Aulia Yulianti

Editor              : Amanatul Haqqil Ibad dan Usyri Tis Atin Al Fayni

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *