HUT ke-9 Formadiksi UM di Tengah Pandemi Covid-19, Kenapa Tidak?

Formadiksi UM News – Sabtu (30/5/2020) Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) melaksanakan kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-9 dengan mengusung tema “Berjuang Bersama Memperkuat Tekad dalam Mengabdi dan Berdedikasi untuk Formadiksi UM”. Berbeda dari HUT maupun kegiatan lain sebelumnya, pelaksanaan HUT ke-9 Formadiksi UM kali ini dilaksanakan secara online atau dalam jaringan (daring) melalui Google Meet.

Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang tak kunjung menemui titik akhir tidak menyurutkan semangat dari Pengurus Formadiksi UM Tahun 2020 untuk tetap aktif melaksanakan rangkaian program kerjanya. Salah satunya adalah perayaan HUT ke-9 Formadiksi UM. Dengan tema yang diusung yaitu “Berjuang Bersama Memperkuat Tekad dalam Mengabdi dan Berdedikasi untuk Formadiksi UM” tentunya memiliki filosofi dan makna yang tersirat, yang kemudian dijelaskan oleh Jumadi dalam sambutannya, selaku Ketua Pelaksana HUT ke-9 Formadiksi UM.

Harapan dari dilaksanakannya HUT ke-9 ini juga diperjelas kembali pada sambutan oleh Ketua Formadiksi UM 2020, Muhamad Fiqran Nurfan Pamungkas, mahasiswa jurusan Teknik Mesin.

“Dilaksanakannya perayaan HUT yang ke-9 ini adalah sebagai bentuk pengingat bahwa terdapat visi dan misi organisasi yang perlu dicapai bersama. Seiring dengan berjalannya waktu, Formadiksi UM terus mengalami perkembangan. Namun, di lain sisi juga terus berupaya untuk membenahi diri agar menjadi lebih baik lagi. Semoga Formadiksi UM dapat terus meningkatkan citra diri organisasi dan mengangkat citra kampus.”

Dalam pelaksanaan HUT yang ke-9, Formadiksi UM turut mengundang Ibu Wiwid Nurachmawati, S.P. selaku Pendamping Teknis Formadiksi UM, Alumni Pengurus Formadiksi UM, serta perwakilan dari Forum Komunikasi Mahasiswa Bidikmisi (FKMB) Jawa Timur Regional Malang Raya, sehingga diharapkan nantinya dapat menjalin silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan diantara kedua belah pihak.

Dalam pelaksananaannya, Acara HUT ke-9 Formadiksi UM mengusung konsep diskusi dan sharing secara daring, dengan dibumbui oleh kuis serta kejutan dari Pengurus Inti Formadiksi UM Tahun 2020. (Dan) kegiatan kerohanian seperti khataman bersama.

Diskusi pertama dilaksanakan bersama perwakilan dari FKMB Regional Malang Raya, Virli Ilahi, yang membagikan sebagian dari pengalamannya selama berada di kepengurusan FKMB Regional Malang Raya. Antusiasme Pengurus Formadiksi UM Tahun 2020 terlihat melalui keaktifannya dalam mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan menyampaikan pendapat.

Dalam diskusi sesi kedua yang dilakukan bersama Alumni Pengurus Formadiksi UM, para Alumni Pengurus menyampaikan beberapa ajian yang penting untuk diingat oleh Pengurus Formadiksi UM Tahun 2020.

Rohman Taufik selaku Alumni Pengurus Formadiksi UM 2013 yang turut menghadiri kegiatan ini mengungkapkan kesan terhadap pelaksanaan HUT ke-9 Formadiksi UM.

“Antusiasme Pengurus Formadiksi UM Tahun 2020 tetap tinggi, meskipun berada di rumah masing-masing, bahkan sebagian terkendala oleh jaringan. Melihat wajah-wajah lama yang dahulu sering bareng saat di Formadiksi UM, terkadang ingin mengulang masa itu. Melihat wajah-wajah baru dalam kepengurusan, penerus dari kita yang sudah lulus rasanya terenyuh. Formadiksi UM bisa terus berkembang sampai sekarang sudah tahun ke-9. Kalau tahun sebelumnya ada tukar kado dan lain-lain, tahun ini terasa beda sekali karena kondisinya seperti ini. Tetapi sejatinya perayaan HUT kan menandakan bahwa Formadiksi UM sudah berkembang sejauh ini, tahun ini udah ke-9 lo, tidak terasa, padahal seperti baru kemarin.”

Selain itu, Rohman Taufik juga menyampaikan pesan dan harapannya untuk Pengurus Formadiksi UM Tahun 2020.

“Semangat untuk adik-adik yang menjabat sekarang. Jaga komunikasi, kalau ada masalah dipecahkan bersama Karena kita di sini berorganisasi, bukan sendiri-sendiri. Semoga nanti setelah Pandemi Covid-19 bisa bertemu langsung dengan Pengurus Formadiksi UM Tahun 2020 dan teman-teman Alumni Pengurus Formadiksi UM. Pasti seru ya? Harus diagendakan.”

Meski pelaksanaan perayaan HUT ke-9 Formadiksi UM ini dilakoni secara daring, namun makna dan esensi dari pelaksanaannya tetap dapat tersampaikan kepada partisipan dalam kegiatan.

“Karena konsepan kegiatan juga disesuaikan dengan maksud dan tujuan program HUT ke-9 Formadiksi UM. Setiap kegiatan disusun sedemikian rupa, sehingga menjadi suatu jembatan untuk mencapai tujuan kegiatan. Insyaallah bermakna. Semoga dapat terus menjaga citra baik Formadiksi UM dan Perguruan Tinggi (UM),” tutur Muhamad Fiqran Nurfan Pamungkas, Ketua Formadiksi UM Tahun 2020.

“Untuk mencapai makna dan tujuan itu tidak hanya dengan satu cara, melainkan ada banyak cara. Seperti halnya banyak jalan menuju Roma. Jadi, jalan itu tidak hanya ada satu, tapi ada banyak jalan yang bisa dilalui untuk mencapai target-target kita. Bahkan, dengan perayaan secara daring ini lebih memberikan kesan yang bermakna dan membuat kita semua tetap bersyukur atas rahmat Tuhan yang masih memperkenankan kita untuk bertatap muka walau hanya melalui media,” tambah Azyan Qatrunnada Islam, salah satu Pengurus Formadiksi UM Tahun 2020.

Reporter : Zidni Akbarorrizki
Editor : Ayu Anggraeni Wulansariadidas calabasas cream factory san jose menu – GZ3194 – adidas Ultra Boost 2021 White Multicolor | Iicf, Patike – Nike Air Jordan, Premium , bred yeezy on foot today sale in india live free, Retro Klasici, Sneakers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *