Indonesia Green Growth & Sustainability Expo: Perluas Wawasan Mahasiswa Bidikmisi

MALANG, Formadiksi UM News – Diiringi tepuk tangan yang meriah dari seluruh hadirin, pemukulan gong pertanda telah dibukanya secara resmi kegiatan Indonesia Green Growth & Sustainability Expo 2019 pada Rabu (26/6/2019) dilaksanakan. Pembukaan yang bertempatkan di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang tersebut bakal mengantarkan rangkaian kegiatan besar ini yang agendanya telah disusun hingga 28 Juni mendatang. Pemateri-pemateri besar yang ahli dalam kajian bidang lingkungan telah dijadwalkan untuk memborbardir wawasan seluruh audience. Mengundang pemateri-pemateri luar biasa, Kota Malang sebagai tempat penyelenggaraan Indonesia Green Growth & Sustainability Expo di tahun ini tentunya juga mengundang pejabat utama Kota Malang, yakni Drs. H. Sutiaji selaku Wali Kota Malang untuk memberikan sambutan dan membuka kegiatan secara resmi.

Mengangkat tema “Green Products and Service for National Economic Competitiveness”, Drs. H. Sutiaji dalam sambutannya mengungkapkan bahwa diperlukan komitmen kuat dari perumus dan pengambil kebijakan beserta stakeholder yang ada guna mengharmonisasikan secara terpadu antara pembangunan infrastruktur dengan pembangunan lingkungan.

Dengan tema nasional yang berkaitan erat dengan pembangunan lingkungan tersebut, kegiatan ini dianjurkan oleh pihak kampus (Universitas Negeri Malang) untuk diikuti oleh Mahasiswa Bidikmisi UM. Menanggapi hal tersebut, Yoga Pratama Putra selaku salah satu Mahasiswa Bidikmisi UM yang menghadiri kegiatan di hari pertama (26/6/2019) mengungkapkan bahwa ia mendapatkan materi yang sangat bermanfaat dari kegiatan ini.

“Kita mendapatkan materi yang sangat bermanfaat untuk melestarikan lingkungan hidup. Minimal dari hal kecil di sekitar lingkungan. Di mana hal tersebut membawa manfaat yang sangat luar biasa bagi kita,” ujar Yoga yang juga merupakan Mahasiswa Teknik Mesin 2018.

Pada kesempatan tersebut, Reporter Formadiksi UM News juga mewawancarai Ervi Revilda, Mahasiswa Bidikmisi UM Jurusan Sosiologi angkatan 2017 terkait materi yang ia dapat dari kegiatan di hari pertama.

“Dalam seminar tadi, saya mendapat wawasan baru mengenai industri besar yang ada di Indonesia, seperti industri APP (Asia Pulp and Paper) Sinar Mas, PT Smelting, Pupuk Kaltim (PT Pupuk Kalimantan Timur), dan lain-lain yang mana industri-industri tersebut selain melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk ekonomi (profit), perusahaan industri tersebut juga melaksanakan kegiatan sosial (people) dan kegiatan yang bertujuan melindungi Bumi (planet),” jelasnya.

“Di seminar tadi saya suka dan membuka wawasan saya mengenai pemaparan bagaimana industri-industri besar tersebut melaksanakan kegiatan people dan planet,” tambah Ervi.

Kegiatan yang mampu memperluas hingga membuka wawasan ini sangat sayang apabila dilewatkan. Yoga dan Ervi menyampaikan hal tersebut dikarenakan sangat banyak keuntungan dan manfaat yang didapatkan.

“Teman-teman yang belum ikut hari pertama bisa ikut hari kedua dan ketiga. Saya jamin kalau nggak ikut pasti nyesel. Selain dapat materi yang mahal harganya dan bertemu dengan pejabat-pejabat kelas nasional, kita bakal mendapat wawasan dan teman baru. Pastinya kita juga bakal dapat fasilitas untuk konsumsi,” ungkapnya sambil sedikit berkelakar.

Senada dengan Yoga, Ervi menyampaikan pula harapannya.

“Teruntuk kalian (Mahasiswa Bidikmisi UM), kuy ikut kegiatan Indonesia Green Growth & Sustainability Expo 2019. Kalian bakal dapat wawasan baru dan fasilitas seminar dari kegiatan ini. Semoga tahun depan diadakan lagi acara seperti ini.”

Reporter          : Amanatul Haqqil dan Nadya Erawati

Editor              : Nadya Erawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *