Intip Keseruan di Balik Pelatihan KTI dan Esai PCC 2021!

Formadiksi UM News – Serangkaian acara Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dan Esai (PKTIE) Paper Coaching Clinic (PCC) Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) Tahun 2021 telah selesai dilaksanakan. Tahap demi tahap telah dilalui oleh seluruh peserta PCC. Mulai dari mentoring yang dilaksanakan selama 3 pekan hingga simulasi lomba KTI dan esai. Meskipun dilaksanakan secara dalam jaringan (daring), hal ini tidak menyurutkan semangat para peserta untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dan Esai PCC Tahun 2021 ini.

Reporter Formadiksi UM News berkesempatan untuk mewawancarai salah satu panitia, peserta, dan tentor pelatihan pada Kamis (17/6/2021). Para narasumber membagikan pengalaman, serta kesan dan pesan mereka selama mengikuti kegiatan ini. Penasaran? Yuk, simak bersama liputan berikut ini!

Aisyah Dea Lestari, Sekretaris Pelaksana PCC Tahun 2021
“PCC ini sangat membantu mahasiswa dalam menuangkan ide-ide pikirannya dalam karya tulis seperti KTI dan Esai. Mengingat juga dengan dunia pendidikan khususnya pada perkuliahan, hal ini sangat diperlukan. Walaupun dalam keadaan yang berbeda di mana kita sedang dihadapkan dengan pandemi yang mengharuskan kita bertatap muka secara online, tetapi antusias peserta tetap terlihat. Saking semangatnya, peserta aktif mengajukan pertanyaan untuk mengetahui tentang KTIE lebih dalam yang kemudian dapat dijadikan referensi peserta dalam memperbaiki hasil karyanya. Tak hanya diadakan pelatihan saja, untuk melatih mahasiswa berani dalam mengikuti lomba-lomba KTIE, diadakan pula simulasi untuk mengetahui kesiapan peserta dalam mempresentasikan hasil karyanya. Selain itu, juga untuk mengetahui seberapa dalam peserta pelatihan memahami isi dari karya mereka, ada sesi tanya jawab oleh tentor sebagai juri dengan peserta. Peserta pun menjawab pertanyaan dengan bersemangat, menarik, dan kritis.”

Fadhilah Anggraeni, Peserta Pelatihan Karya Tulis Ilmiah PCC Tahun 2021
“Selama kegiatan PCC mulai dari meet up, pelatihan, dan simulasi sangat menggugah diri saya sendiri utamanya untuk berani mencoba menulis. Saya merasa lebih semangat untuk menulis, karena dari kegiatan PCC jadi tahu tentang kepenulisan karya ilmiah yang baik.”

Nuril Qomariah Firdaus, Peserta Pelatihan Esai PCC Tahun 2021
“Dari kegiatan PCC ini, saya mengetahui bagaimana cara menulis esai dengan benar. Menurut saya awalnya menulis esai hanya sekadar mengulas dari jurnal atau artikel, ternyata menulis esai tidaklah mengulas, tetapi dari satu masalah yang ditemukan lalu diselesaikan dengan ide kita sendiri. Meskipun berulang kali saya dapat revisi bahkan mengulang pembuatan dari awal, serta pernah berpikir untuk berhenti mengikuti kegiatan PCC ini, tetapi saya mendapatkan semangat dari orang tua dan juga kakak panitia. Karena hal ini, saya tetap melanjutkan untuk mengikuti kegiatan pelatihan sampai simulasi. Jika saat itu saya berhenti, mungkin saya tidak akan mendapatkan pengalaman baru, yakni sesi tanya jawab pada saat simulasi. Meskipun saya sangat gugup saat sesi tanya jawab, hal ini dapat melatih public speaking kita dengan baik. Semua kakak panitia dan juga kakak tentor sudah bekerja keras dan berusaha memberikan yang terbaik dalam kegiatan ini, semoga lelah kakak dapat digantikan dengan pahala serta semua motivasi yang telah diberikan, semoga selalu diingat. Amin.”

Umi Hanik, Tentor Pelatihan Karya Tulis Ilmiah PCC Tahun 2021
“Beberapa peserta sudah menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam setiap mentoring yang telah dilaksanakan. Namun, ada peserta lain yang tidak mengumpulkan tugas, sehingga sulit mengetahui bagaimana progresnya. Alhamdulillah, salut dengan panitia yang dapat menjalankan agenda ini dengan baik dan peserta yang antusias mengikuti rangkaian acara ini hingga selesai. Acara ini sangat bermanfaat dan perlu dilanjutkan di tahun-tahun berikutnya”

Dimas Saputra, Tentor Pelatihan Esai PCC Tahun 2021
“Pengetahuan awal peserta pelatihan tentang esai sudah cukup baik. Mereka sudah memiliki bekal terkait konsep awal tentang esai. Pada setiap pertemuan, perlahan peserta juga mulai mengerti dan menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Hal ini dibuktikan pada setiap progres tulisan yang dibuat dan kemudian diperbaiki oleh para peserta. Kesan saya pada pelaksanaan PCC tahun ini sangat luar biasa, mulai dari para peserta yang aktif untuk bertanya, panitia pun ikut berpartisipasi dan meramaikan ketika pelatihan berlangsung. Cara penyampaian pelatihan yang bersifat seperti sharing menambah suasana pelatihan semakin akrab, baik dari tentor, peserta, maupun panitia. Untuk para peserta yang mayoritas adalah mahasiswa baru, kalian luar biasa. Sudah berani mencoba dan berani untuk berproses. Jangan berhenti sampai pelatihan ini selesai. Manfaatkan status kalian sebagai mahasiswa sebaik mungkin dan berprestasilah sesuai minat dan bakat kalian. Kemudian, untuk panitia semoga pelatihan seperti ini bisa diadakan kembali di tahun yang akan datang. Karena pelatihan ini menurut saya sangat penting, terkait kepenulisan khususnya esai. Dari pelatihan ini diharapkan mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM memiliki bekal ilmu atau pengalaman terkait esai.”

Nah, itu tadi beberapa kesan dari salah satu panitia, peserta, dan tentor dalam mengikuti serangkaian kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dan Esai Paper Coaching Clinic (PCC) Formadiksi UM Tahun 2021. Semoga dapat dijadikan bekal dalam menulis Karya Tulis Ilmiah dan Esai serta menorehkan prestasi nantinya dalam bidang kepenulisan.

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

KIP Kuliah! Generasi Muda Semangat Berprestasi!

Reporter          : Iin Fadilatus Sholicha

Editor              : Della Fitriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *