Intip Manfaat Mengikuti Pelatihan PKM 2020 dan Daftarkan Dirimu Segera!

Intip Manfaat Mengikuti Pelatihan PKM 2020 dan Daftarkan Dirimu Segera!

Formadiksi UM News – Rangkaian kegiatan Paper Coaching Clinic (PCC) tidak selesai begitu saja setelah ditutupnya Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dan Esai dalam kegiatan Simulasi Lomba KTI dan Esai bagi para peserta pelatihan. Kini Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) lagi-lagi menggelar sebuah pelatihan di bidang kepenulisan ilmiah yaitu Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (P-PKM) yang diperuntukkan bagi mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM. Pelatihan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan PCC yang memiliki tujuan seperti yang diungkapkan oleh Nadya Erawati selaku Sekretaris Formadiksi UM kepada Reporter Formadiksi UM News pada Senin (26/10/2020).

“Tujuan dari diadakannya P-PKM ini agar mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM yang tertarik dan memiliki minat khususnya di bidang karya ilmiah, memiliki wadah untuk menuangkan segala ide atau inovasinya ke dalam bentuk karya PKM.”

Oleh karena adanya tujuan tersebut, pandemi tidak akan menghalangi Formadiksi UM untuk tetap melaksanakan P-PKM. Seperti pelatihan sebelumnya, program kerja yang dinaungi Divisi Keilmuan dan Pengabdian ini juga akan dilaksanakan secara daring (dalam jaringan).

“Pelatihan PKM pada tahun ini memiliki perbedaaan dengan tahun sebelumnya, di mana pada tahun ini pelatihan dilakukan secara daring melalui WhatsApp dan Google Meet tanpa ada biaya registrasi sehingga peserta dapat mengikuti P-PKM secara gratis dengan berbagai fasilitas yang diperoleh. Diawali dengan agenda meet up antara peserta, panitia, dan juga tentor. Pelatihan PKM ini akan dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan, dengan jadwal sekali dalam seminggu untuk setiap tim. Di akhir juga akan diselenggarakan penutupan pelatihan. Pelatihan ini tentunya akan menghadirkan tentor yang ahli di bidang PKM, di mana harapannya dapat berbagi ilmu serta pengetahuan mengenai PKM serta sharing tentang bagaimana tips dan trik agar lolos pendanaan dan juga bisa berkesempatan untuk mengikuti PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional),” ungkap Rindiani Sholikatun selaku Koordinator Divisi Keilmuan dan Pengabdian kepada Reporter Formadiksi UM News pada Senin (26/10/2020).

P-PKM akan dimulai pada tanggal 14 November 2020 dengan agenda meet up, kemudian disambung dengan pelaksanaan pelatihan PKM pada tanggal 16 November–13  Desember 2020 dan penutupan pelatihan yang akan dilakukan pada tanggal 13 Desember 2020. Peserta yang mendaftar P-PKM juga harus memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh panitia pelaksana pelaksanaan PKM.

“Berikut syarat yang harus dipenuhi ketika mendaftar pelatihan PKM ialah harus sudah memiliki tim sesuai dengan jumlah anggota yang ditentukan, kemudian ketua tim merupakan mahasiswa penerima Bidikmisi UM angkatan tahun 2017–2019 atau mahasiswa KIP Kuliah UM tahun 2020 yang dibuktikan dengan screenshot siakad (bagi mahasiswa angkatan 2017–2019) dan bukti pelamar KIP Kuliah (bagi mahasiswa angkatan 2020). Selain itu, saat melakukan pendaftaran setiap tim harus mengirimkan abstrak mengenai ide PKM yang dimiliki,” tambah Rindi.

Walaupun pelatihan PKM ini diselenggarakan secara gratis, tetapi banyak manfaat yang tentunya akan didapat para peserta pelatihan.

“Manfaat yang akan diperoleh ketika mengikuti pelatihan PKM ialah akan diperolehnya gambaran mengenai apa itu PKM dan bagaimana cara untuk menyusun proposal PKM, selain itu peserta bisa sharing dan konsultasi mengenai ide yang telah dimiliki kepada tentor sehingga harapannya bisa melengkapi ide yang sudah ada demi terwujudnya ide PKM yang bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Rindi.

“Manfaat dalam jangka pendek, peserta P-PKM akan mendapatkan ilmu baru, relasi baru, serta hal-hal baru lainnya yang mungkin belum pernah ia dapatkan. Manfaat dalam jangka panjangnya yaitu peserta diharapkan dapat mengajukan proposal PKM yang selanjutnya akan lolos didanai hingga tahapan menuju ke PIMNAS,” tambah Nadya terkait manfaat pelatihan.

Banyak manfaat yang bisa dituai dari pelatihan PKM ini. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengikuti pelatihan PKM. Mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM disarankan untuk mengikuti pelatihan PKM agar lebih matang dalam membuat proposal PKM nanti.

“Kegiatan ini sangat direkomendasikan bagi seluruh mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM, kapan lagi dapat mengikuti pelatihan PKM secara ‘gratis’. Mengingat bahwa mahasiswa penerima Bidikmisi sangat dianjurkan untuk membuat proposal PKM yang tentunya membuktikan kontribusi nyata dari mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM untuk mengharumkan nama almamater tercinta,” tutup Nadya di akhir wawancara.

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

Reporter          : Alvi Nanda Choirina

Editor              : Erlina Febrianti

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *