Jelang HUT ke-9 Formadiksi UM di Tengah Pandemi Covid-19

Formadiksi UM News – Sebuah organisasi pasti memiliki latar belakang dan cikal bakal terbentuknya organisasi tersebut. Sejarah panjang terbentuknya organisasi pasti menjadi kebanggaan tersendiri organisasi tersebut. Pembentukan organisasi juga tidak lepas dari waktu terbentuknya. Mulai dari tanggal, bulan, bahkan tahun terbentuknya organisasi menjadi hal yang akan selalu diingat dan dirayakan oleh para anggota organisasi setiap tahunnya.

Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) sendiri resmi dibentuk pada Senin, 30 Mei 2011. Tanggal tersebut, menjadi hari berdirinya Formadiksi UM sekaligus hari ulang tahun Formadiksi UM. Peringatan HUT Formadiksi UM pada tahun ini dikemas dalam program kerja Hari Ulang Tahun (HUT) Formadiksi UM Tahun 2020. Meskipun tahun ini harus diperingati di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), semua itu tidak mengurangi semarak HUT Formadiksi UM.

Urgensi HUT ke-9 Formadiksi UM di masa pandemi Covid-19

Beragam inovasi telah ditunjukkan dalam HUT Formadiksi UM di setiap tahunnya. Namun, ada yang berbeda dalam HUT Formadiksi UM tahun ini. Adanya pandemi Covid-19 di negara Indonesia mengharuskan Formadiksi UM merayakan hari ulang tahunnya dengan cara yang belum pernah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Kita tahu bahwasanya Formadiksi UM merupakan organisasi yang dibentuk untuk menaungi mahasiswa penerima Bidikmisi UM, baik itu sebagai penyebar informasi maupun penyalur aspirasi. Oleh karena, itu sebagai wujud syukur dan ucapan terima kasih maka penting untuk tetap mealaksanakan acara HUT ke-9 Formadiksi UM,” jelas Jumadi selaku Ketua Pelaksana HUT ke-9 Formadiksi UM.

Perbedaan utama dalam HUT ke-9 Formadiksi UM dengan tahun sebelumnya

Pada tahun ini perayaan HUT Formadiksi UM dilaksanakan secara online atau dalam jaringan (daring). Dikarenakan tidak memungkinkan untuk dilaksanakan secara tatap muka seperti tahun lalu. Dengan pelaksanaan secara daring harapannya, silaturahmi dan komunikasi antar Anggota, Pengurus, dan Alumni Pengurus Formadiksi UM akan terus berjalan.

“Perbedaan yang mencolok terlihat dalam pelaksanaannya yang dilakukan secara daring. Kemudian, jika dilihat dari segi konsep acara akan ada kuis keformadiksian yang menguji kemampuan para pengurusnya. Selain itu, terdapat pula sharing dengan alumni Formadiksi UM bertema talkshow,” ujar Jumadi.

Persiapan HUT ke-9 Formadiksi UM

Sejak tiga pekan lalu, sie acara sudah melakukan berbagai persiapan yang dilakukan untuk HUT Formadiksi UM oleh sie acara telah dilaksankan sejak tiga minggu yang lalu.

“Alhamdulillah, mendekati hari-H banyak yang sudah dipersiapkan oleh sie acara seperti briefing pengisi acara, penyebaran undangan, dan eksekusi rundown persiapan acara,” terang Anggi Icha Larasati selaku koordinator sie acara.

Gambaran umum HUT ke-9 Formadiksi UM tanpa tatap muka

Pada kepengurusan tahun ini, Panitia HUT Formadiksi UM 2020 banyak mempersiapkan rangkaian acara dengan menggunakan aplikasi Google Meet. Selain itu, Panitia HUT Formadiksi UM 2020 juga mengadakan diskusi dan tanya jawab dengan perwakilan Alumni Pengurus Formadiksi UM dan Forum Komunikasi Mahasiswa Bidikmisi (FKMB) Regional Malang Raya.

“Walaupun kita tidak bisa bertatap muka secara langsung, tetapi kita dimudahkan dengan hadirnya aplikasi video meeting yang dapat digunakan untuk memperingati dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Formadiksi UM 2020. Jadi, meskipun tidak bisa bertatap muka secara langsung, kita masih bisa bertatap muka secara virtual () dengan harapan tanpa mengurangi nilai yang akan didapat nantinya,” jelas Anggi Icha Larasati yang juga merupakan mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2018.

Harapan dari pelaksanaaan HUT ke-9 Formadiksi UM

Hari Ulang Tahun ke-9 Formadiksi UM tahun ini, memiliki banyak nilai penting yang dapat diterapkan oleh para pengurus serta anggota. Salah satunya adalah nilai kebersamaan. Partisipasi para alumni dan perwakilan FKMB Malang Raya di dalam acara HUT ke-9 Formadiksi UM dapat mendukung keberlangsungan jalinan silahturahmi.

“Saya berharap acara, ini mampu memupuk semangat dari Pengurus Formadiksi UM 2020 dalam mengarungi kepengurusan periode ini. Semoga Formadiksi UM semakin menjadi organisasi yang kuat dan solid,” tutup Jumadi.

Reporter : Dewangga Andhika Yuda
Editor : Anjani Nur Fitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *