Formadiksi UM Sukses Gelar Talkshow Job Interview and Scholarships

Malang, Universitas Negeri Malang

Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (FORMADIKSI UM), Sabtu, (22/4/2017) sukses menyelenggarakan talkshow job interview and scholarships di gedung Aula Utama A3 UM. Dalam talkshow ini dibahas tiga materi, yakni Beasiswa LPDP dalam negeri yang disampaikan oleh M. Khoiron, S.Pd. (Awardee LPDP Afirmasi Bidikmisi), Beasiswa LPDP luar negeri oleh Arum Prasati, S.E, M.Sc., (Awardee LPDP di University of Leicester, UK), Zahro Rohmawati, S.Pd., (Awardee Beasiswa Unggulan), Serta materi “Common nonverval mistakes made during job interview” oleh Direktur Eksekutif Indonesia LED Consultant, Ryan Singgih P, S.Pd., M.Si.

Kegiatan yang dipelopori oleh Divisi Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Advokesma) ini diselenggarakan dalam rangka menjalankan program kerja Divisi Advokesma sebagaimana yang telah diputuskan dalam Rapat Kerja Formadiksi UM 2017. “talkshow job interview and scholarships ini merupakan pelaksanaan dari apa yang telah kami sepakati pada waktu rapat kerja beberapa bulan yang lalu. Dan ini merupakan salah satu benefit dari apa yang bisa diperoleh teman-teman Bidikmsi UM yang telah mendonasikan sebagian uangnya, pada program Donasi 1%” kata Ade Setyawan selaku Koordinator Divisi Advokesma.

Bukan hanya sekedar menjalankan program kerja, tetapi juga karena banyaknya aspirasi dan keinginan mahasiswa untuk melanjutkan studi melalui jalur beasiswa. Selain untuk melanjutkan studi, salah satu tujuan yang banyak diinginkan oleh mahasiswa setelah lulus dari perguruan tinggi adalah bekerja. “kegiatan ini terselenggara atas dasar aspirasi dari mahasiswa serta banyaknya keinginan mahasiswa untuk melanjutkan studi. Biasanya mahasiswa akan dibingungkan setelah lulus mau ngapain, kerja atau lanjut kuliah, ingin bekerja tapi dari pengalaman yang sudah sudah selalu gagal saat interview organisasi, apalagi ngelamar kerja. Melalui kegiatan ini kami mencoba fasilitasi dan mengarahkan serta memberi kesempatan kepada peserta untuk ikut ambil bagian dalam program beasiswa studi lanjut, maupun tips dan trik lolos interview kerja”. Kata Roni selaku ketua pelaksana.

Acara ini dihadiri kurang lebih 250 peserta yang merupakan mahasiswa Bidikmisi dan beberapa mahasiswa reguler. Bukan hanya mahasiswa UM, beberapa mahasiswa dari luar UM juga mengikuti acara ini. Dengan mengangkat tema “Prepare Your Future With Succes In Job Interview And Scholarships” diharapkan talkshow ini akan mampu membuka gerbang harapan, membangkitkan semangat dan memacu motivasi mahasiswa Bidikmisi untuk melanjutkan studinya ke dalam maupun luar negeri. “dalam talkshow ini teman-teman Bidikmisi akan mengetahui bagaimana cara/ kiat-kiat menghadapi wawancara baik kerja maupun untuk lanjut studi. Harapannya setelah teman-teman mendapat materi pada hari ini teman-teman dapat mempraktikan atau mengimplementasikannya” kata Zulfa selaku Ketua Formadiksi UM.

Dalam acara talkshow tersebut, Bapak Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan yang berkesempatan menghadiri acara ini menyampaikan, “sebagai orang yang berasal dari kalangan kurang mampu tetapi kalian harus tetap bersyukur, banyak orang di luar sana yang ingin kuliah namun terhalang oleh dana, disini kalian adalah orang-orang yang beruntung maka dari itu kalian harus percaya diri, pantang menyerah, sukses tidak tergantung pada orang lain melainkan dari diri sendiri, bercita-citalah menjadi pembayar zakat, jangan takut mengambil tantangan. acara ini merupakan bekal kedepan, menyongsong memasuki dunia kerja maupun studi lanjut.” tegasnya. (Ade)

Berikut kami lampirkan hasil notulensi beserta file materi talkshow job interview and scholarships yang disampaikan oleh pemateri : Klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *