Kerja Cepat: Tips Khofifah dan Naili Juarai Lomba Esai Nasional

Formadiksi UM News – Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang kembali menorehkan prestasinya yaitu dengan meraih Juara 3 Lomba Esai Nasional Al Azzam Islamic Fair 2019 yang diselenggarakan di Universitas Trunojoyo Madura pada Sabtu (22/7/2019).  Lomba Esai Nasional Al Azzam Islamic Fair 2019 mengangkat tema “Peran Agama untuk Membangun Kehidupan Berkebangsaan”.

Reporter Formaiksi UM News berkesempatan mewawancarai Siti Nur Khofifah, Mahasiswa Bidikmisi angkatan 2016 dari Jurusan Teknik Elektro dan Naili Kharirotul Afiana, Mahasiswa Bidikmisi angkatan 2016 dari Jurusan Ekonomi Pembangunan pada Minggu (23/06/2019). Yuk simak liputannya!

Persiapan yang dilakukan yaitu kerja cepat dan secara daring.

“Persiapannya bisa dibilang kerja cepat. Kenapa begitu? Karena di tengah liburan semester genap ini kita sama-sama ada kesibukan masing-masing. Naili ada kegiatan Kuliah Keja Nyata (KKN) di Kediri, sedangkan saya ada praktik industri di Malang. Jadi kita harus sama-sama me-manage waktu untuk mengerjakan essay ini, dalam pengerjaannya inipun secara daring hehe, karena kita terpisah jarak,” jelas Siti Nur Khofifah .

“Pokoknya harus banyak-banyak baca dan mengkaji isu-isu terkait,” tambahnya terkait persiapan yang ia lakukan.

Rentang waktu pengerjaan presentasi sangat singkat.

“Dan yang paling hectic nya lagi, rentang waktu pengumuman 10 besar finalis dengan pelaksanaan final itu selisih 2 hari,” ungkap Khofifah.

“Pasca pengumuman itu, Naili langsung cepet-cepet balik ke Malang, jadi kita harus kerja cepat mempersiapkan bahan presentasi seperti powerpoint, prototipe, dan sebagainya. Dan latihan presentasi pun juga harus kejar tayang,” tambahnya.

Satu visi misi dan persepsi, hal yang sangat penting dalam sebuah tim.

Naili juga mengungkapkan bahwa diperlukannya kesamaan visi misi dan persepsi dalam sebuah tim agar tim dapat bekerja secara baik dan sesuai yang diharapkan. Tak ketinggalan, totalitas kinerja seluruh anggota tim juga harus maksimal agar mendapatkan hasil yang maksimal juga.

“Dan satu lagi hal yang penting, kita harus satu visi misi, samakan persepsi, dan gas totalitas,” sahut Naili.

Jangan takut mencoba, dengan berkompetisi kita akan berkembang.

“Jangan takut mencoba dan tekuni apa yang menjadi tujuan. Kalau mau mencapai sesuatu ya harus telaten dengan tujuan tersebut, jangan sampai putus di tengah jalan. Terus bangkit, hadapi rintangan sesulit apapun itu. Dengan berkompetisi kita akan berkembang, kita akan semakin baik dan tumbuh, dengan demikian kita bisa memantaskan diri di kompetisi lain,” jelas Naili agar Mahasiswa Bidikmisi UM lainnya terus semangat untuk berprestasi dan selalu optimis.

“Ayo yang masih semester muda, jangan takut mencoba dan jangan minder! Manfaatkan kesempatanmu sejak dini! Gagal? Bangkitlah!  Coba lagi, coba lagi, dan seterusnya!” tambah Khofifah.

Nah, itu tadi hasil liputan Reporter Formadiksi UM News dengan Khofifah dan Naili yang berhasil meraih Juara 3 Lomba Esai Nasional Al Azzam Islamic Fair 2019. Semoga bermanfaat untuk dijadikan motivasi agar selalu berprestasi dan pantang menyerah.

Bidikmisi, Berprestasi Tiada Henti!

Penulis             : Nadya Erawati

Editor              : Nanda Ayu Lutfhi Khofifah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *