Kesan Usai Formadiksi UM Menjalin Kasih 2020, Lidwina: Keren!

Kesan Usai Formadiksi UM Menjalin Kasih 2020, Lidwina: Keren!

Formadiksi UM News – Kegiatan Formadiksi UM Menjalin Kasih (Formasi) yang dilaksanakan pada Minggu (6/12/2020) oleh Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) menuai antusias peserta yang luar biasa, terdapat lebih dari 180 peserta dari mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM yang mengikuti acara ini melalui platform Zoom. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin kepedulian terhadap sesama dalam menyikapi keberagaman, yang juga dimeriahkan oleh empat narasumber dari berbagai latar belakang agama, di antaranya yakni Barotus Salakah (perwakilan mahasiswa beragama Islam), Lidwina Klara Milenia Putri (perwakilan mahasiswa beragama Katolik), Yizreel Cristiani (perwakilan mahasiwa beragama Kristen Protestan), dan I Made Prasetya Wiguna (perwakilan mahasiswa beragama Hindu).

Pada Minggu (6/12/2020), Reporter Formadiksi UM News telah mewawancari Wiguna dan Lidwina, serta salah satu peserta kegiatan yakni Hernawati. Nah, untuk mengetahui bagaimana keseruan kegiatan Formasi dan kesan-pesan narasumber, mari simak liputan berikut!

Kegiatan Formasi mendapat tanggapan positif dari narasumber.

“Menurut saya kegiatan Formasi ini sangat bagus sekali terutama dalam lingkungan mahasiswa, saya harap ke depannya cakupan Formasi ini tidak hanya untuk mahasiswa (penerima) Bidikmisi tetapi lebih luas khususnya untuk Mahasiswa UM, karena isu rasisme dan toleransi beragama ini tidak hanya terjadi di satu kalangan saja, melainkan di kalangan yang lebih luas, seperti kasus yang sempat viral di media sosial (beberapa waktu lalu) terkait pemilihan ketua OSIS yang sempat ditunda gara-gara agama. (Dan) saya berharap semua materi yang sudah diberikan oleh narasumber nantinya dapat diterapkan oleh masing-masing individu dan semoga kegiatannya bisa diadakan lagi di tahun depan dengan cakupan yang lebih luas,” ungkap Wiguna yang juga merupakan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan angkatan 2018.

“Keren, menurut saya ini dialog agama yang ideal karena tidak berujung pada perdebatan untuk memenangkan pendapat,” tambah Lidwina.

Selain itu, antusias peserta yang diwujudkan dalam keaktifan bertanya juga diungkapkan oleh Wiguna dan Lidwina.

“Kalau peserta sudah cukup aktif menanggapi, namun karena waktunya mepet sehingga mungkin belum maksimal,” tutur Wiguna.

“Pesertanya aktif dan pertanyaan serta tanggapannya bagus-bagus,” ujar Lidwina yang juga merupakan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan angkatan 2018.

Kegiatan Formasi tentunya menuai kebermanfaatan dan keseruan yang dirasakan oleh peserta. Pasalnya, tak hanya dilakukan via Zoom saja, namun sebelumnya juga terdapat rangkaian kegiatan seperti berdiskusi bersama dengan topik yang diberikan oleh panitia serta permainan yang dilaksanakan via Grup WhatsApp.

“(Yang) saya dapatkan banyak sekali, tapi yang paling utama yaitu ilmunya, baik dari para narasumber ketika acara Formasi ini berlangsung, maupun ketika sesi diskusi-diskusi sebelumnya. Di mana saya bisa melihat dari banyak sudut pandang, dari orang-orang yang beragam. (Sehingga) saya tidak terpaku pada apa yang hanya saya tahu atau apa yang saya yakini. Saya lebih mengenal bagaimana sikap toleransi kepada sesama, apalagi dengan saya yang berada di negara yang memiliki keberagaman yang sangat beragam. (Sehingga) ilmu yang saya dapatkan dapat saya terapkan di kehidupan sehari-hari,” jelas Hernawati, mahasiswa penerima KIP Kuliah Jurusan Psikologi angkatan 2020.

“Kegiatan ini menyenangkan, baik dari sesi diskusi maupun (rangkaian) acara lain, seperti ice breaking maupun kuisnya, permainannya juga menyenangkan walaupun saya kurang bisa dalam hal itu,” imbuh Hernawati.

Nah, itu tadi liputan usai pelaksanaan kegiatan Formasi ya sobat! Selamat membaca!

Reporter              : Chantika Putri

Editor                    : Syani Yemima

 

 

 

One thought on “Kesan Usai Formadiksi UM Menjalin Kasih 2020, Lidwina: Keren!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *