Kiat Menulis Cerpen yang Menarik ala Jawara Lomba Cerpen

Formadiksi UM News – Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahunnya yang ke-9, Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) menyelenggarakan Lomba Cipta Opini, Puisi, dan Cerpen Mahasiswa Penerima Bidikmisi UM. Di samping memeriahkan hari ulang tahun Formadiksi UM, lomba ini sekaligus menjadi wadah bagi mahasiswa penerima Bidikmisi UM untuk mengasah keterampilan menulis yang disalurkan melalui ide-ide kreatifnya.

Bagi teman-teman Bidikmisi UM yang ingin mengikuti lomba ini khususnya di bidang cerpen, Reporter Formadiksi UM News telah berkesempatan untuk mewawancarai Salsa Islam Lazuardini sebagai jawara dalam Lomba Cipta Puisi dan Cerpen Mahasiswa Bidikmisi UM 2019 di bidang cerpen pada Minggu (12/4/2020). Salsa merupakan mahasiswa penerima Bidikmisi UM angkatan 2018 dari Jurusan Teknologi Pendidikan. Yuk, simak liputannya!

Salsa tekuni dunia puisi sebelum terjun ke dunia cerpen

Sebelum Salsa menekuni dunia cerpen, ia lebih sering menulis puisi. Namun, akhirnya Salsa memberanikan diri mengikuti lomba cerpen setelah sebelumnya ia membuat cerpen hanya untuk memenuhi tugas. Berikut penjelasan Salsa terkait perbedaan antara menulis cerpen dan menulis puisi.

“Saat menulis puisi kita harus bisa menyampaikan emosi dan pesan yang ingin disampaikan ke dalam kalimat/bait yang tidak terlalu panjang dengan indah dan pas, sedangkan saat menulis cerpen lebih pada bagaimana kita bisa membawa alur cerita sehingga bisa membuat emosi dari pembaca muncul mengikuti alur cerita yang kita buat,”  jelas Salsa.

Tantangan ketika menulis cerpen

Setiap melakukan suatu hal, pastilah kita akan menemukan tantangan yang menunggu di depan. Namun, tantangan itu yang mampu memberikan motivasi untuk terus mencoba. Berikut ungkapan Salsa mengenai tantangan yang dihadapinya saat menulis cerpen.

“Tantangannya itu bagaimana kita mampu menyampaikan alur cerita dengan baik serta pemilihan diksi dan penyusunan kalimat agar pembaca ikut larut dalam emosi yang kita bangun di dalam sebuah cerpen,” ungkap Salsa.

Kembangkan ide melalui referensi dan mengawali dengan kerangka cerita

Hal pertama yang dibutuhkan oleh penulis cerpen adalah ide. Namun, nyatanya tidak jarang seseorang yang ingin menulis cerpen kesulitan untuk mendapatkan ide. Rupanya, mencari referensi bisa menjadi cara bagi seorang penulis cerpen seperti Salsa untuk mendapatkan ide dan mengembangkan ide.

“Untuk mengembangkan ide biasanya aku cari referensi dari cerpen-cerpen lain, tidak hanya cerpen sih bisa juga dari puisi atau artikel. Terlebih kalau untuk mengikuti perlombaaan aku cari artikel, berita, dan cari tahu keresahan yang berkaitan dengan tema lombanya,” jelas Salsa.

“(Dan) untuk awal menulis cerpen, biasanya yang aku persiapkan adalah membuat kerangka cerita, merancang alur cerita, dan pemilihan tokoh yang juga penting, hingga merancang latar belakang terkait kenapa tokoh ini ada, serta menentukan sudut pandang ceritanya,” tambahnya terkait persiapan yang ia lakukan.

Tips dan trik menulis cerpen ala Salsa

Selain persiapan untuk awal menulis cerpen, Salsa juga membagikan tips dan triknya, terutama bagi pemula untuk menulis cerpen berdasarkan pengalamannya agar bisa menghasilkan cerpen yang menarik. Tips dan trik menulis cerpen yang menarik yaitu harus benar-benar memperhatikan tema lomba yang ditentukan, membuat mind mapping dari tema tersebut, lalu kembangkan sekreatif mungkin. Jika perlu, lakukan riset dan observasi kecil-kecilan. (Dan) yang terpenting adalah membuat kerangka cerita. Menurut Salsa, hal itu penting agar dalam proses pengembangan ide dan penulisan cerpen, memiliki panduan serta cerita tidak keluar dari tema yang sudah ditentukan.

“Oh ya, satu lagi yang penting adalah bagaimana memilih judul. Buat judul yang unik dan bisa membuat orang penasaran, sehingga berminat untuk membaca cerita kita,” tambahnya dengan tegas.

Terakhir, Salsa juga berpesan kepada teman-teman yang akan mengirimkan karya cerpennya pada Lomba Cipta Opini, Puisi, dan Cerpen Mahasiswa Penerima Bidikmisi UM Tahun 2020.

“Cerita yang menarik adalah cerita yang mampu membuat pembaca penasaran akan akhir ceritanya, jadi buatlah cerita agar orang penasaran untuk membacanya. Semangat terus mencoba dan jangan lupa banyak membaca,” tutup Salsa.

Nah, banyak hal yang dapat diterapkan untuk memaksimalkan kemampuan dalam membuat cerpen ala Salsa. Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk berkarya melalui cerpen. Ayo segera kirimkan karya cerpen teman-teman di Lomba Cipta Opini, Puisi, dan Cerpen Mahasiswa Penerima Bidikmisi UM Tahun 2020!

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

Reporter         : Anggi Icha Larasati

Editor             : Nisfi Febrianti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *