Kunjungan Kerja bersama E-Bio PENS: Kolaborasi Nyata Membangun Kerja Sama

Formadiksi UM News – Di era Adaptasi Kebiasaan Baru, setiap organisasi selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang maksimal dan membuat berbagai inovasi agar tujuan organisasi tersebut dapat tercapai. Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) menerima Kunjungan Kerja dari E-Bio PENS (EEPIS Bidikmisi Organization Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) yang akan dilaksanakan pada Minggu, 6 September 2020 secara online via Google Meet.

Pada Kamis (3/9/2020) Reporter Formadiksi UM News berhasil mewawancarai Ketua Formadiksi UM, yakni Muhamad Fiqran Nurfan Pamungkas, mahasiswa penerima Bidikmisi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik UM angkatan 2017 tentang kriteria pemilihan tamu kunjungan kerja.

“Tidak ada kriteria yang spesifik ya, namun yang penting apa yang diharapkan tamu bisa diperoleh di Formadiksi UM ini,” jelas Fiqran.

Pada Jumat (4/9/2020) Reporter Formadiksi UM News juga berhasil mewawancarai Ketua Pelaksana Kunjungan Kerja Bersama E-BIO PENS, yakni Tisya Aulia Yulianti, mahasiswa penerima Bidikmisi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM angkatan 2018.

“Tidak ada kriteria pemilihan, akan tetapi dari pihak Formadiksi UM sudah menentukan syarat yang harus dipenuhi oleh organisasi yang akan melakukan Kunjungan Kerja yaitu berupa persyaratan administratif dan koordinasi dengan Pengurus Inti tentunya,” ucap Tisya.

Formadiksi UM juga mempersiapkan teknis penyambutan agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.

“Kami sebagai tuan rumah tentu mempersiapkan yang terbaik untuk menyambut tamu meskipun secara online, semoga tidak mengurangi rasa hormat kami sebagai tuan rumah. Pada setiap kepengurusan kami mempersiapkan panitia bagi forum Bidikmisi di setiap perguruan tinggi apabila ingin berkunjung ke Formadiksi UM maka kami sudah siap untuk menerima dan menyambut hangat forum yang ingin berkunjung,” ucap Fiqran.

“Bermula dari pengajuan atau penawaran E-BIO PENS yang telah ada sejak beberapa bulan lalu yaitu bulan Februari, mereka merencanakan kedatangan tersebut untuk menjalin silaturahmi sekaligus meminta izin dan mengonfirmasi tanggal untuk kegiatan Kunjungan Kerja ini. Kemudian setelah berbincang, berdiskusi, dan sharing sejenak, kedua belah pihak mencapai persetujuan. Pihak Formadiksi UM menyetujui Kunjungan Kerja yang akan dilakukan oleh E-BIO PENS. Namun, pada bulan Maret pandemi memasuki Indonesia sehingga kegiatan tersebut tidak dapat dilaksanakan untuk sementara, karena baik pihak Formadiksi UM maupun E-BIO PENS tentu harus mematuhi kebijakan yang telah diberlakukan oleh kampus. Tidak berhenti sampai di situ, kami berinisiatif untuk mengubah konsep acara menjadi online. Sebelum hari pelaksanaan, kami juga melakukan simulasi dengan pihak E-BIO PENS yang ditujukan untuk mencocokkan kembali konsepan tersebut sehingga pada hari pelaksanaan nanti kami semua berharap agar acara bisa berjalan dengan lancar,” tambah Tisya.

Ada pula tujuan diadakannya Kunjungan Kerja ini adalah untuk mempererat rasa persaudaraan sebagai sesama mahasiswa penerima Bidikmisi.

“(Dan) tentunya untuk mempererat rasa persaudaraan sebagai sesama mahasiswa penerima Bidikmisi dengan tujuan yang lebih besar yaitu persatuan dan rasa kekeluargaan. Kemudian melakukan pengamatan terhadap kepengurusan organisasi dari EEPIS Bidikmisi Organization Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (E-Bio PENS) serta saling bertukar pengalaman dengan para pengurus,” jelas Tisya.

Selain sharing, dalam Kunjungan Kerja ini nantinya akan ditawarkan kerja sama di bidang tertentu dalam keorganisasian sebagaimana disampaikan oleh Ketua Formadiksi UM.

“Tentu kami menawarkan kepada setiap forum yang ingin kunjungan kepada kami untuk bekerja sama di beberapa bidang keorganisasian sehingga kunjungannya tidak hanya sharing, tapi dapat menghasilkan sebuah kerja sama dan kesepakatan dalam organisasi nantinya,” ungkap Fiqran.

Di akhir wawancara Tisya Aulia selaku ketua pelaksana menyampaikan harapannya agar acara dapat berjalan sesuai tujuan awal meski dikawal dengan penyelenggaraan secara online.

“Karena tidak bisa melakukan dan menjalankan program kerja ini secara offline, maka di tahun ini kami menyelenggarakannya secara online. Diharapkan nantinya bisa tetap membuat acara ini berjalan sesuai tujuan awal,” tutup Tisya.

Bidikmisi! Berprestasi tiada henti!

 

Reporter: Afina Afidhotun Nisa

Editor: Widya Dewi Siti Fatimah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *