Laksanakan Donasi di Tengah Pandemi Tanpa Mengurangi Semangat Berbagi

Formadiksi UM News  Telah terlaksana salah satu program kerja Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) yakni Donasi 1% Periode Maret–Agustus tahun 2021 pada tanggal 6 Mei 2021. Program kerja yang berada di bawah naungan Divisi Dana dan Usaha ini selain digunakan untuk mendanai setiap kegiatan yang dilakukan oleh Formadiksi UM juga sebagai sarana penghimpunan dana sosial, yang mana digunakan untuk kesejahteraan mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah serta masyarakat sekitar pada umumnya.

Kondisi pandemi yang belum membaik membuat semua kegiatan dilaksanakan secara online, termasuk juga Donasi 1%. Kendati demikian, tidak membuat antusiasme mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM untuk menyisihkan sedikit bagian dari dana living cost yang telah diterima dengan harapan agar dapat memberikan kebermanfaatan. Seperti yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana Donasi 1%, Mohammad Ikhsan mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis saat diwawancarai Reporter Formadiksi UM News pada Selasa (29/6/2021).

“Alhamdulillah antusiasme teman-teman Bidikmisi dan KIP Kuliah UM (untuk berdonasi) sangat baik. Bahkan, ada yang berdonasi lebih dari nominal Rp42.000,00 dan ada juga yang ingin donasi, namun tidak bisa karena melebihi jangka waktu donasi. Nah, mungkin ada juga yang ingin donasi tetapi (sering) lupa, sampai (terlewat) deadline batas waktu donasi,” papar Ikhsan.

Sejalan dengan yang disampaikan oleh Mohammad Ikhsan, Hera Ariska mahasiswi Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis juga menjelaskan motivasi yang mendorongnya melakukan donasi.

“Motivasi saya, saya hanya ingin bersyukur dan sedikit berbagi atas rezeki yang sudah Allah berikan kepada saya melalui KIP Kuliah ini. Alhamdulillah ada Donasi 1% ini, jadi memudahkan saya untuk merealisasikan niat saya,” jelas Hera.

Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini juga menyampaikan kepada Reporter Formadiksi UM News pada Jumat (25/6/2021), bahwa mengikuti Donasi 1% adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk mendukung program kerja Formadiksi UM.  Selain itu, Hera juga memaparkan kesannya setelah mengikuti Donasi 1%.

“Alhamdulillah bisa ikut serta dalam Donasi 1% ini dan terima kasih banyak untuk Formadiksi UM sudah mengadakan program kerja ini, sehingga kita bisa belajar bersyukur dan berbagi, semoga semakin banyak mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah yang ikut berpartisipasi dalam Donasi 1% ini,” jelas Hera.

Penjelasan dari Hera ini menunjukkan bagaimana manfaat dari Donasi 1% Periode Maret–Agustus tahun 2021 dapat dirasakan oleh mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah itu sendiri. Hal ini juga disampaikan oleh Wakil Ketua Formadiksi UM, Chantika Putri Ana, Mahasiswi Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) kepada Reporter Formadiksi UM News pada Sabtu (10/7/2021).

“Donasi 1% merupakan salah satu program kerja dari Formadiksi UM yang mana salah satu tujuan penghimpunan dana ini yakni untuk keperluan pengembangan maupun bantuan sosial, yang mana manfaatnya juga akan kembali kepada mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM. Pada dasarnya, penghimpunan Donasi 1% ini juga sebagai upaya menumbuhkan rasa berbagi dan peduli bagi mahasiswa penerima Bidikmisi maupun KIP Kuliah UM terhadap sesama,” papar mahasiswi angkatan 2018 tersebut.

Sejalan dengan pelaksanaan Donasi 1% Periode Maret–Agustus tahun 2021 yang berjalan dengan baik hingga penutupan, besar harapan bahwa antusiasme mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM akan bertahan bahkan meningkat pada periode selanjutnya agar manfaat yang diberikan juga lebih baik.

“Harapannya, semoga di periode selanjutnya, adanya Donasi 1% ini dapat memberikan kebermanfaatan yang lebih baik dan lebih baik lagi dari sebelumnya,” tutup Chantika Putri Ana.

Demikian informasi terkait pelaksanaan Donasi 1% Periode Maret–Agustus tahun 2021. Mari kita biasakan berbagi mulai dari hal sekecil apapun!

Donasi 1%! Ikhlas Berbagi, Sejukkan Hati, Wujudkan Semangat Berbagi!

Reporter          : Precilia Putri Juda Pratama

Editor              : Precilia Putri Juda Pratama

One thought on “Laksanakan Donasi di Tengah Pandemi Tanpa Mengurangi Semangat Berbagi”

  1. Adanya pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibacakan oleh presiden Soekarno sebagai penanda bahwa Indonesia telah merdeka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *