LKMO 2021: Bekal Organisasi dan Motivasi Menuju Satu Tahun Kepengurusan

Formadiksi UM News – Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) telah menggelar serangkaian kegiatan Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi (LKMO) Formadiksi UM Tahun 2021 pada Jumat–Minggu (26–28/2/2021) secara dalam jaringan (daring) melalui Google Meet. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus baru Formadiksi UM tahun 2021, beserta Penanggung Jawab Jurusan (PJJ) dari masing-masing Fakultas, Kampus II UM, dan Kampus III UM. Dengan mengusung tema “Menumbuhkan Karakter Kepemimpinan, Keorganisasian, dan Keterampilan dalam Semangat Kekeluargaan”, LKMO Formadiksi UM Tahun 2021 dilaksanakan dalam beberapa agenda.

Agenda hari pertama adalah pembukaan, sambutan-sambutan, serta materi kebidikmisian dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang disampaikan oleh Dima Syafa’a Nabila selaku Koordinator Divisi Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Advokesma) dan Wanda Luthfianita Sari selaku Koordinator Divisi Hubungan Internal Mahasiswa (HIM). Materi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar seputar kebidikmisian dan KIP Kuliah kepada pengurus baru dan PJJ Formadiksi UM tahun 2021.

Agenda hari kedua yakni pelantikan Pengurus Formadiksi UM tahun 2021, sekaligus dilaksanakannya serah terima jabatan dari Ketua Formadiksi UM tahun 2020 kepada Ketua Formadiksi UM tahun 2021. Kegiatan pelantikan dan serah terima jabatan ini dihadiri secara langsung oleh Ibu Wiwid Nurachmawati S.P. selaku Pendamping Teknis Formadiksi UM.

“Kegiatan LKMO ini sangat penting dilaksanakan karena kegiatan ini memberikan materi-materi yang menjadi bekal untuk para pengurus baru, yang dapat menjadi pedoman atau acuan dalam melaksanakan kegiatan atau program-program kerja dari Formadiksi UM. Karena masih dalam kondisi pandemi, kegiatan LKMO ini tidak bisa dilaksanakan secara luar jaringan (luring) sehingga banyak keterbatasan yang kita alami. Materi-materi hanya bisa disampaikan secara daring melalui Google Meet. Akan tetapi, semoga kegiatan ini tetap memberikan manfaat yang baik untuk kita dalam mengemban amanah selama satu tahun kepengurusan ke depan,” ujar Ibu Wiwid.

Tidak hanya itu, di hari kedua juga terdapat penyampaian beberapa materi seperti materi keformadiksian oleh Muhammad Fiqran Nurfan Pamungkas selaku Dewan Pertimbangan Formadiksi UM tahun 2021, materi manajemen persuratan dan keuangan oleh Ibu Wiwid Nurachmawati S.P. selaku Pendamping Teknis Formadiksi UM, materi kepemimpinan dan kepanitiaan oleh Yoga Pratama Putra selaku Ketua Formadiksi UM tahun 2021, dan ditutup dengan sharing session bersama Alumni Pengurus Formadiksi UM.

Pada hari ketiga, kegiatan diisi dengan Talkshow Motivasi Berprestasi dan Manajemen Diri yang disampaikan oleh Ari Gunawan, mahasiswa penerima Bidikmisi UM Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) angkatan 2017 dan Amanatul Haqqil Ibad, mahasiswa penerima Bidikmisi UM Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) angkatan 2017. Keduanya memiliki prestasi di berbagai bidang. Adanya talkshow ini diharapkan mampu memberikan motivasi kepada para pengurus baru Formadiksi UM serta PJJ untuk tidak hanya aktif berorganisasi, tetapi juga mampu mencetak prestasi.

“Untuk Pengurus Formadiksi UM, silakan tentukan tujuan kalian ke depan, tentukan visi misi hidup kalian karena ingat, kalian adalah penerima Bidikmisi, jadi kalian harus bertanggung jawab terhadap apa yang telah kalian dapat. Silakan menjadi orang yang punya value dalam kehidupan, karena kamu akan dikenal dengan value-mu nanti sebagai Pengurus Formadiksi UM yang mampu menuntaskan tanggung jawabnya sampai selesai,” pesan Ari.

Kegiatan hari ketiga dilanjutkan dengan games seru sebagai pelipur lelah bagi para peserta setelah mengikuti kegiatan LKMO selama 3 hari berturut-turut. Di akhir kegiatan, ada sharing session bersama dengan Pengurus Harian, Anggota Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM), dan seluruh peserta LKMO Formadiksi UM Tahun 2021. Pesan-pesan yang disampaikan dalam sharing session ini ternyata mampu memberikan kesan tersendiri bagi Annisa Tisna Mufidah, Anggota Divisi HIM tahun 2021.

“Hal yang paling berkesan bagi saya adalah saat sharing session dari Pengurus Inti, Bapak dan Ibu Koordinator Divisi, serta kakak-kakak PSDM karena nasihat-nasihat yang diberikan membuat saya pribadi menjadi terpacu untuk bisa memanajemen waktu dan emosi, juga menanamkan diri saya untuk bisa amanah dan bertanggung jawab,” tutur Annisa Tisna.

Dalam sesi wawancara bersama Reporter Formadiksi UM News pada Senin (1/3/2021), Annisa Tisna juga menyampaikan bahwa banyak hal yang telah ia dapatkan selama mengikuti kegiatan LKMO Formadiksi UM Tahun 2021 ini.

“(Yang) saya dapatkan dari kegiatan ini adalah banyaknya ilmu baru, mulai dari informasi dasar mengenai Bidikmisi dan KIP Kuliah, sejarah Formadiksi UM, dasar-dasar kepemimpinan, bagaimana kepanitiaannya, motivasi dari Kak Ari dan Kak Amana, di mana materi-materi ini menjadi bekal yang berguna untuk berproses bersama dalam menjalankan kepengurusan. (Dan) yang terpenting adalah saya mendapatkan keluarga baru,” tutup Annisa Tisna.

 

Reporter          : Della Fitriani

Editor              : Della Fitriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *