LKMO: Melatih Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi serta Meningkatkan Motivasi Berprestasi

MALANG, Formadiksi UM News – Sebagai lanjutan langkah awal berjalannya roda kepengurusan baru tahun 2020, Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) telah melaksanakan kegiatan Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi (LKMO) pada Jumat–Minggu (14–16/2/2020). Peserta kegiatan tidak hanya berasal dari pengurus baru Formadiksi UM, tetapi juga diikuti oleh perwakilan Penanggung Jawab Jurusan (PJJ) Formadiksi UM dari masing-masing fakultas, Kampus II UM, dan Kampus III UM.

Adapun kegiatan ini mengusung tema, “Meningkatkan Profesionalitas, Sinergitas, dan Semangat Berorganisasi Tanpa Batas Dalam Bingkai Kekeluargaan.” Dengan adanya LKMO ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan jiwa kepemimpinan serta memupuk rasa kekeluargaan antara pengurus dengan PJJ Formadiksi UM.

Hari pertama pelaksanaan LKMO pada Jumat malam (14/2/2020) diisi dengan pelantikan Pengurus Formadiksi UM tahun 2020 dan dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Pola Pembinaan Kemahasiswaan dan Pelatihan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Keuangan oleh Bapak Subur Hariono, selaku Pendamping Teknis Formadiksi UM.

“Harapannya setelah adanya kegiatan ini, (Pengurus dan PJJ) Formadiksi UM bisa memiliki nilai plus. Harus jauh lebih baik dari tahun kemarin, minimal sama dengan tahun lalu. Akan tetapi kalau bisa harus ada inovasi baru dalam program kerjanya,” tutur Bapak Subur.

Pada hari kedua, Sabtu (15/2/2020) peserta banyak mendapatkan materi-materi, mulai dari materi tentang kebidikmisian yang disampaikan oleh Alin Septiana, Koordinator Divisi Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Advokesma), materi keformadiksian oleh Nadia Risky Putri Aulia Mustofa, Dewan Pertimbangan Formadiksi UM, materi kepemimpinan, keprotokoleran, dan kepanitiaan oleh Muhamad Fiqran Nurfan Pamungkas, Ketua Formadiksi UM, serta Motivasi Berprestasi oleh Faris Rosul Arifin, mahasiswa penerima Bidikmisi UM dari Fakultas Ilmu Sosial angkatan 2016 yang juga menyabet gelar Mahasiswa Berprestasi III FIS UM tahun 2019 dan merupakan Presiden Mahasiswa UM tahun 2019.

“Untuk tips berprestasi, kita harus memiliki motivasi yang bisa membangkitkan diri untuk berprestasi. Bagaimana caranya, yakni salah satunya dengan mengingat orang tua kita. Ada orang tua yang bekerja keras untuk kita, ada orang tua yang menunggu kita untuk meraih kesuksesan,” ungkap Faris Rosul.

“Untuk menjadi organisatoris yang baik, yang pertama menurut saya adalah berkomitmen terhadap tanggung jawab yang organisasi berikan kepada kita, yakni dengan cara menyelesaikan semua jobdesc yang diberikan serta tidak menghilang dari organisasi. (Yang) kedua, belajar untuk manajemen diri, yakni bagaimana kita bisa mengontrol antara perkuliahan, organisasi, atau prestasinya. (Dan) yang ketiga harus punya pencapaian, di mana ketika di organisasi kita harus memikirkan bagaimana caranya saya bisa memberikan pengaruh, tidak hanya sekadar ikut-ikutan, (tapi juga) bisa memberikan manfaat, bisa memiliki teman banyak, serta lingkungan yang banyak,” tambahnya.

Tak hanya penyampaian materi-materi, pada Sabtu malam acara dilanjutkan dengan penampilan Pentas Seni (Pensi) setiap divisi dengan PJJ, koordinator divisi, dan pengurus inti.

“Menurutku kegiatan yang paling berkesan adalah waktu Pensi, karena di sini kita bisa belajar apa sih Formadiksi UM itu, bisa lebih mengenal tiap-tiap divisi. Selain itu, bisa mempererat tali silaturahmi (kedekatan) dengan PJJ, karena PJJ juga ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan Pensi,” ungkap Widya Dewi, Penanggung Jawab Kampus III Formadiksi UM.

Pada hari ketiga, Minggu (16/2/2020), kegiatan dilanjutkan dengan outbound, Focus Grup Discussion (FGD), dan softskills yang dapat memupuk nilai kebersamaan, kerja sama tim, dan berpikir kritis dalam memecahkan suatu masalah.

“Perasaan saya senang banget, LKMO ini sangat membantu Mahasiswa Bidikmisi (Pengurus dan PJJ Formadiksi UM) untuk melatih kepemimpinan mereka dan bekal untuk lebih baik ke depannya,” tutup Widya.

 

Reporter          : Chantika Putri Ana

Editor              : Chantika Putri Ana

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *