Lomba Cipta OPCN: Wadah Produktivitas Mahasiswa Penerima Bidikmisi Kala Pandemi

Formadiksi UM News –Senin (29/6/2020) Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) sudah membuka pendaftaran dan saat ini sedang berlangsung pengumpulan karya untuk Lomba Cipta Opini, Puisi, dan Cerpen Mahasiswa Penerima Bidikmisi Nasional (OPCN) hingga 14 Agustus mendatang. Kegiatan ini dilakukan secara daring dengan mengangkat tiga tema yang berbeda di masing-masing kategori lomba. Adapun tema utama yang diusung, yakni “Produktif Berkarya dan Berinovasi untuk Era New Normal dalam Ekspresi Pena Mahasiswa penerima Bidikmisi”.

Lomba Cipta OPCN menargetkan mahasiswa penerima Bidikmisi dari angkatan 2017 hingga 2019 di seluruh Indonesia. Konsep Lomba Cipta OPCN kali ini adalah memberikan suatu wadah bagi mahasiswa penerima Bidikmisi untuk selalu berkarya utamanya di bidang kepenulisan bagaimanapun keadaannya. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Ayu Anggraeni selaku Ketua Pelaksana Lomba Cipta OPCN yakni, “Lomba Cipta OPCN ini bertujuan untuk memberikan wadah kepada mahasiswa penerima Bidikmisi di seluruh Indonesia untuk tetap berkarya di masa pandemi Coronavirus disease ini, khususnya di bidang kepenulisan.”

Rangkaian kegiatan dari Lomba Cipta OPCN ini di antaranya, pendaftaran dan pengumpulan karya, penjurian, dan pengumuman. Untuk sesi pendaftaran dan pengumpulan karya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti biaya pendaftaran sebesar Rp15.000,00, bukti pembayaran biaya pendaftaran, bukti sebagai mahasiswa penerima Bidikmisi dalam bentuk jpg atau pdf, dan karya dalam bentuk doc atau docx. Untuk alur pendaftaran dan pengumpulan karyanya, peserta wajib melakukan registrasi biaya pendaftaran dan konfirmasi melalui Short Message Service (SMS) atau WhatsApp melalui contact person yang tersedia dengan mengirimkan bukti pembayaran. Setelah konfirmasi pembayaran, peserta dapat mengirimkan karya dan mendaftarkan diri melalui link http://formadiksi.um.ac.id/pendaftaran-lomba-cipta-opcn-2020/.

“Setelah pendaftaran selesai, peserta wajib melakukan konfirmasi melalui narahubung atas nama Adang Sutrisno (082184007232),” ujar Dima Syafa’a Nabila selaku Koordinator Sie Lomba Cipta OPCN.

Dengan diselenggarakannya Lomba Cipta OPCN, harapannya tak hanya menjadi wadah produktivitas dalam bidang kepenulisan, tetapi juga turut memberikan solusi atas permasalahan di masa pandemi.

Goal-nya (Lomba Cipta OPCN) adalah bagaimana lomba ini bisa mewadahi mahasiswa penerima Bidikmisi agar tetap produktif, berkarya, dan hadir memberikan solusi atas permasalahan (di) Indonesia di masa pandemi seperti sekarang ini melalui tulisan,“ ungkap Chantika Putri Ana selaku Koordinator Divisi Jurnalistik.

 

Reporter          : Gisha Ferlania Aminta Putri

Editor              : Firda Imroatus Solekah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *