Mahasiswa Baru KIP Kuliah, Mengukir Prestasi Cipta Puisi Tingkat Nasional

Mahasiswa Baru KIP Kuliah, Mengukir Prestasi Cipta Puisi Tingkat Nasional

Formadiksi UM News – Kabar gembira kembali hadir di tengah-tengah kita. Salah satu mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) Universitas Negeri Malang (UM), Rafli Ragil Wijaya Syahputra, mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn), Fakultas Ilmu Sosial (FIS) yang merupakan mahasiswa baru angkatan 2020 berhasil mengukir prestasi dengan meraih Juara 2 Puisi dalam Kompetisi Nasional Kreativitas Mahasiswa Seven Days Challenge yang diselenggarakan oleh Kemahasiswaan Universitas Riau.

Kompetisi ini adalah salah satu kompetisi nasional, rangkaian kegiatan Milad Universitas Riau tahun 2020 yang ke-58. (Yang) tujuannya untuk membentuk mahasiswa dan pemuda bangsa yang turut aktif menyalurkan pikiran kreatif dan inovatifnya dalam bentuk karya tertulis.

“Rasanya campur aduk ketika mengetahui pengumumannya. Setelah mengetahui kabar ini saya juga harus terus belajar dan harus rendah hati. Di samping itu senang tetapi enggak boleh terlalu berlebihan,” ungkap Rafli kepada Reporter Formadiksi UM News pada Senin (23/11/2020).

Bahkan mahasiswa baru program studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) tersebut mengungkapkan bahwa ia hanya iseng mencoba mengikuti lomba tersebut, karena biasanya dia mengikuti ajang perlombaan baca puisi.

“Sebenarnya saya lebih suka baca puisi. Jadi karena suka baca terus iseng-iseng buat puisi untuk mengikuti lomba ini, tidak berniat menang. Tetapi satu niat saya, hanya karena Allah,” jelas Rafli.

Akan tetapi di balik raihan prestasinya kali ini, ternyata ia sudah sangat banyak mengikuti berbagai perlombaan, serta latar belakangnya yang menyukai dunia kepenulisan.

“Saya sangat suka menulis, mulai tingkat sekolah dasar (SD). Dulu pernah mengikuti event tetapi bidang cipta dan baca puisi di Jawa Timur, lalu mewakili Jawa Timur menuju tingkat Naional. Teapi untuk lomba menulis puisi baru pertama kali,” papar Rafli.

Menulis puisi dapat dijadikan kegiatan yang memberikan keasikan tersendiri. Untuk itu, Rafli juga membagikan tips menulis puisi kepada kita mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM agar mudah berkarya dalam bidang kepenulisan, khususnya puisi.

“Tipsnya menulis dari hati. Kalau capek menulis, jalan-jalan saja biar fresh kembali. (Dan) jadikan menulis itu sebagai kegiatan yang mengasikkan,” jelas Rafli.

Tidak lupa ia memberikan pesan untuk tetap semangat kepada kita semua agar terus mengukir prestasi.

“Selalu ingat perjuangan agar menjadi spirit untuk perjuangan yang akan datang dan harus semangat untuk ikut event-event selanjutnya,” tutup Rafli.

Nah, demikianlah ulasan terkait ukiran prestasi salah satu mahasiswa penerima KIP Kuliah UM. Semoga dapat menginspirasi dan memotivasi kita untuk terus berprestasi.

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

 

Reporter          : Ayu Anggraeni Wulansari

Editor              : Chantika Putri Ana

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *