Mahasiswa Bidikmisi UM Turut Serta Sabet Jawara di KMHE 2019

MALANG, Formadiksi UM News – Universitas Negeri Malang kali ini berkesempatan menjadi tuan rumah Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019 setelah tahun lalu bertempat di Universitas Negeri Padang. KMHE 2019 berlangsung pada 24 – 28 September 2019. Lebih dari 50 perguruan tinggi negeri di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI) berlaga dalam ajang bergengsi ini.

Dari beberapa cabang lomba, Universitas Negeri Malang diwakili oleh Tim Semeru berhasil memenangkan dua kejuaraan, yaitu Juara 1 Kategori Prototype Motor Pembakaran Dalam (MPD) Etanol dan Best Vehicle Design. Juara 1 kategori prototype karena mampu memperoleh jarak tempuh 643 km/liter dan Best Vehicle Design karena desain mobil dinilai elegan namun tetap memiliki aerodinamika yang baik.  Adapun anggota Tim Semeru yang merupakan Mahasiswa Bidikmisi, sebagai berikut:

  • Suryo Abi Putra (Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Teknik Mesin angkatan 2016), President Director.
  • Wayan Aunur Rafiq (Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2016), Body Design and Manufacturing Division.
  • Irsyad Efendi (Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2017), Prototype Manager.
  • Imam Adi Winarno (Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2017), Steering and Brake Division.
  • Satria Aji Nugroho (Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif angkatan 2017), Steering and Brake Division.

Suryo Abi Putra, President Director dalam Tim Semeru menceritakan perjuangannya selama berlaga di KMHE 2019. Tim Semeru juga menyiapkan semuanya mulai dari perancangan hingga test drive.

“Persiapan kami cukup panjang, kami mulai melakukan perancangan dan pembuatan desain di bulan Desember 2018 dan kami melaksanakan manufaktur mobil di bulan April sampai Agustus 2019. Di bulan Agustus kami melaksanakan test drive beberapa kali di Kanjuruhan. (Dengan) beban sebagai tuan rumah, pastinya kami semakin terpacu untuk tetap menjadi juara. Oleh karena itu di setiap tantangan selama proses kami perjuangkan bahkan menyita waktu tidur kami. Kami (lebih) sering tidur di kampus daripada tidur di kos–kos an,” jelas Suryo.

Menurutnya perjuangan yang dilakukan atas dasar ingin mengharumkan nama Jurusan Mesin Universitas Negeri Malang di kancah Nasional maupun Internasional.

“Motivasi kami adalah ingin mengharumkan nama (jurusan) Mesin UM di kancah Nasional maupun Internasional,” ujarnya.

Selain itu Suryo juga berpesan kepada Mahasiswa Bidikmisi agar senantiasa memanfaatkan kesempatan menimba ilmu dengan sebaik mungkin.

“Pesan saya, kita sudah mendapatkan kesempatan menimba ilmu secara gratis di sini, manfaatkan sebaik mungkin. Kuliah bukan tentang ijazah semata. Akan tetapi kuliah adalah di mana kamu ditempa dan dididik untuk  mendapat ilmu pengetahuan, pengalaman, dan cara berfikir yang lebih. Jadi jangan kejar kesuksesan, kejarlah ilmu pengetahuan, maka kesuksesan akan menghampirimu,” tutup Suryo.

 

Reporter           : Zainur Roziqin

Editor                : Nadya Erawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *