Mahasiswa Bidikmisi UM Turut Serta Sabet Jawara di MTQMN XVI

Formadiksi UM News – Kembali membawa pulang prestasi gemilang, Kafilah Universitas Negeri Malang untuk kali keempat secara berturut-turut meraih Juara Umum dalam ajang bergengsi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Pada tahun 2019 ini MTQ yang diselenggarakan adalah MTQ tingkat nasional atau yang biasa disebut MTQMN (Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional). Seluruh perguruan tinggi negeri di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) berlaga dalam berbagai cabang lomba pada ajang ini.

Dari seluruh cabang lomba, Universitas Negeri Malang berhasil membawa 11 kejuaraan, baik cabang lomba yang individu maupun tim. Adapun 10 jawara dalam MTQMN XVI ini merupakan Mahasiswa Bidikmisi, sebagai berikut:

  • Juara 1 Syarhil Quran (SQ): Irma Nur Fiani (Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Sastra), Mery Cahyani (Fakultas Sastra), dan Novia Dian Pratiwi (Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Sastra).
  • Juara 1 Desain Aplikasi Komputer Al Quran (DAQ): Austin Fascal Iskandar (Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Teknik) dan Ari Gunawan (Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Ekonomi).
  • Juara 1 Karya Tulis Ilmiah Al Quran (KTIA): M. Khoirul Rifai (Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) dan Rizal Fanany (Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam).
  • Juara 2 Hifzhil Quran (HQ) 20 Juz Putra: Al Rizal Tisma Wahid Maulana (Fakultas Sastra).
  • Juara 2 Hifzhil Quran (HQ) 30 Juz Putri: Elmiatun Nafiah (Fakultas Sastra).
  • Juara 3 Debat Ilmiah Kandungan Quran dalam Bahasa Arab (DIA): Moh. Rozy Zamroni (Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Sastra) dan Muhammad Ahsan Thoriq (Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Sastra).
  • Juara 3 Khaththil Quran (KQ) Golongan Dekorasi: Alfiatus Sholicha (Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Sastra).
  • Juara 3 Fahmil Quran (FQ): Siti Ainun Hafidzoh (Fakultas Ilmu Pendidikan), Zakiyatus Sholihah Zen (Fakultas Sastra), dan Hamilatur Roziyah (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam).
  • Juara Harapan 1 Debat Ilmiah Kandungan Quran dalam Bahasa Inggris (DII): Tamima Rubbama Fiarsyiyah (Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Sastra) dan Eka Nurcahyaningsih (Fakultas Sastra).
  • Juara Harapan 2 Tilawatil Quran (TQ) Putra: Achmad Fauzan (Fakultas Sastra).
  • Juara Harapan 3 Tilawatil Quran (TQ) Putri: Imro’aturrozaniyah (Fakultas Teknik).

Rozy Zamroni, salah satu juara dalam MTQ-MN yang juga Mahasiswa Bidikmisi UM menceritakan kesannya selama berlaga di Universitas Syiah Kuala, Aceh.

“Alhamdulillah bisa dapat kenalan baru, banyak teman, dan nuansanya itu lo kalau di MTQ islami banget. Soalnya kan lomba-lombanya islami semua. Yo adem ngunu lo,” ujar Rozy.

Menurutnya, dengan memiliki banyak kenalan, jaringan kita akan semakin luas sehingga juga akan memudahkan kita ketika memerlukan suatu bantuan tertentu.

“Bisa punya kenalan dari luar kampus, bisa bagi-bagi pengalaman, bagi-bagi info. Pokoknya punya jaringan. Kan aku suka jalan-jalan dan ikut lomba, jadi pas sudah punya kenalan bisa hubungi dia. Misalnya mau ke UGM (Universitas Gadjah Mada), terus aku punya kenalan di UGM karena MTQ kemarin, kan enak kalau mau tanya-tanya sesuatu pas mau ke UGM,” jelasnya.

Melihat prestasi Universitas Negeri Malang yang berturut-turut telah memboyong Juara Umum dalam MTQ, Rozy berharap agar Kafilah UM tahun-tahun berikutnya dapat tetap mempertahankan prestasi dan tetap rendah hati.

“Harapan saya, semoga tetap mempertahankan yang ada (juara umum), namun jangan mengedepankan dada (sombong). Dan kita kan gak mungkin jadi kafilah selamanya, toh. Jadi bagi para penerus yo harus mempertahankan. Soalnya mempertahankan iku sulit lo daripada menggapai,” terang Rozy.

Selain itu, Rozy juga berpesan untuk Mahasiswa Bidikmisi agar senantiasa berprestasi.

“Untuk teman-teman Bidikmisi semoga bisa berprestasi. Kan kita anak-anak pilihan yang dibiayai oleh pemerintah. Ayo kita buat pemerintah bangga dengan prestasi-prestasi kita,” tutup Rozy.

 

Reporter          : Amanatul Haqqil Ibad

Editor              : Nanda Ayu Luthfi Khofifah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *