Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang Siap Berlaga Pada Asian Games 2018

Malang – Gelaran pesta olahraga terbesar bangsa-bangsa Asia, Asian Games 2018 yang akan diadakan di Jakarta dan Palembang tinggal menghitung hari lagi. Segala persiapan telah dilakukan untuk menyukseskan pesta olahraga empat tahunan ini, seperti infrastruktur, venue pertandingan, penyelenggaraan, serta tak ketinggalan prestasi para atletnya. Dalam kegiatan ini, Universitas Negeri Malang patut berbangga, pasalnya terdapat dua mahasiswanya akan membela merah putih pada Asian Games 2018 yang akan dibuka pada 18 Agustus 2018 mendatang. Salah satunya adalah Mutiara Ayuningtias, mahasiswa Bidikmisi Fakultas Ilmu Keolahragaan UM angkatan 2016. Mahasiswi asal Malang ini nantinya akan berlaga pada cabang olahraga gulat gaya bebas putri (58 kg). Peraih medali emas Test Event Jakarta 2017 ini mengaku sangat bersyukur dapat bergabung ke dalam Tim Nasional yang nantinya akan berjuang pada Asian Games nanti.

“Saya sangat bersyukur sekali, terima kasih kepada Allah SWT atas kesempatan yang diberikan kepada saya,” ungkap rasa syukurnya, saat dihubungi reporter Formadiksi UM News via WhatsApp pada 7 Juli lalu.
Atlet gulat kelahiran 24 Agustus 1998 ini menyatakan bahwa untuk meraih kesempatan tersebut banyak proses serta perjuangan yang harus dilalui, mulai dari mengikuti kompetisi gulat kejuaraan provinsi, nasional dan berbagai ajang seleksi lainnya hingga perjuangan tersebut mengantarkannya pada kesempatan emas yang dia raih saat ini untuk mengharumkan nama Indonesia.
“Awalnya itu ada kejuaraan nasional pada bulan Oktober 2017 sebagai ajang seleksi untuk masuk di tim Asian Games. Sebelum adanya seleksi atau tes, event ini sudah ada tim Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) untuk persiapan Asian Games yang diambil dari juara 1 PON Jabar 2016. Nah, yang juara 1 PON tersebut itu akan tergabung menjadi tim Pelatnas Asian Games, entah kenapa lalu ada tes event pada Oktober kemaren tersebut diadakan seleksi. Di situlah kesempatan bagi semua pegulat seluruh Indonesia untuk bertanding agar masuk tim Pelatnas Asian Games 2018 dan alhamdulillah waktu tes event tersebut saya juara 1,” jelasnya.
Ayu juga berpesan bahwa sebagai pemuda dan juga sebagai mahasiswa penerima Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi harus mampu bersaing dan berkontribusi untuk Indonesia, memiliki semangat yang tinggi dan bersungguh-sungguh untuk berprestasi memanfaatkan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya.
“Sebagai pemuda Indonesia apalagi kita sebagai mahasiswa Bidikmisi kita harus mempunyai semangat yang tinggi dalam hal apapun khususnya dalam melakukan suatu keahlian yang kita punya, lakukan sesuatu (dalam bidang masing-masing) dengan maksimal dan berusahalah menjadi yang terbaik, manfaatkan kesempatan yang ada pada hidup kita dengan sebaik-baiknya,” pesannya.
Di samping Ayu, terdapat satu mahasiswa Universitas Negeri Malang lainnya yang akan berlaga pada Asian Games 2018 yaitu Lulut Gilang Saputra Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan angkatan 2014. (M. Yunan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *