Mahasiswa Penerima Bidikmisi UM Jadi Duta Pemuda dalam Ajang JPI

Mahasiswa Penerima Bidikmisi UM Jadi Duta Pemuda dalam Ajang JPI

Formadiksi UM News –  Masa pandemi tak menyurutkan mahasiswa penerima Bidikmisi Universitas Negeri Malang (UM) untuk kembali menorehkan prestasi. Pasalnya, pada tanggal 14 September 2020 Wecya Sugevin, mahasiswa penerima Bidikmisi Jurusan Seni dan Desain UM angkatan 2018, berhasil meraih Juara 1 Ajang Seleksi Jambore Pemuda Indonesia (JPI) Kabupaten Malang Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga beserta Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) Kabupaten Malang pada tanggal 8 September 2020 lalu secara offline dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pada Jumat (14/9/2020), Reporter Formadiksi UM News telah mewawancarai sang juara, Wecya Sugevin. Mari simak liputannya berikut ini!

Setelah dua kali mengikuti Ajang Seleksi JPI, Wecya Sugevin akhirnya berhasil menjadi juara

Senang dan sangat bersyukur setelah dua kali mengikuti ajang ini, akhirnya bisa keluar sebagai juara. Tahun 2019 lalu pernah mengikuti dan masuk dalam 16 besar, namun ketika babak penyisihan dari 16 besar ke 8 besar saya berhalangan untuk hadir karena saya harus mengikuti kegiatan lain ke luar kota. Sempat sedih, tapi akhirnya tahun 2020 ikut lagi dengan persiapan yang lebih baik lagi. Setelah 6 hari menunggu pengumuman, akhirnya hari ini diumumkan melalui grup seleksi yang sebelumnya dibuat oleh pihak penyelenggara dan bersyukur mendapatkan posisi pertama.

Peraih Juara 1 Ajang Seleksi JPI akan mewakili Kabupaten Malang ke seleksi tingkat Nasional dan menjadi Duta Pemuda.

Dari 8 besar ini nanti akan mewakili Kabupaten Malang dalam Jambore Pemuda Daerah tingkat Provinsi Jawa Timur. Untuk juara 1 akan mewakili Kabupaten Malang dalam seleksi tingkat Nasional. Namun sepertinya untuk tahun ini penyelenggaraan tingkat Provinsi tidak ada karena adanya pandemi, kemungkinan insyaallah tahun depan baru akan diselenggarakan.

Selain mewakili kabupaten di tingkat berikutnya, kegiatan kami ke depannya sebagai Duta Pemuda yang merepresentasikan pemuda Kabupaten Malang.

Berbagi pengalaman tahapan Ajang Seleksi JPI

Kemarin, selama seleksi melalui beberapa tahap, di antaranya tes tulis seputar wawasan Kabupaten Malang, wawasan kebangsaan dan kepemimpinan. Kemudian ada tes talenta, kebetulan aku menampilkan tari sesuai bakatku, hehehe. Tes ketiga interviu terkait dengan seni budaya, keorganisasian dan wawasan kebangsaan, serta yang terakhir tes wawancara bahasa Inggris.

Wecya kantongi tekad kuat untuk menyabet Juara 1

Kendalanya mungkin sedikit grogi pada saat kompetisi, karena melihat beberapa peserta yang saya yakin mereka adalah pemuda-pemuda terbaik se-Kabupaten Malang, sedikit pesimis jika tidak bisa meraih juara satu hehehe. Karena prinsip saya, datang untuk menjadi juara bukan untuk menjadi runner up atau 8 besar saja hehe.

Wecya juga matangkan persiapan speaking bahasa Inggris dan advokasi mengenai rebuild character by culture education untuk melaju ke tahap berikutnya.

Persiapannya banyak sekali karena masih perlu banyak belajar lagi. Mungkin untuk persiapan selanjutnya lebih fokus menambah pengetahuan dan lebih meningkatkan lagi speaking bahasa Inggris. Dan saya ingin mematangkan advokasi saya tentang rebuild character by culture education yang ingin saya bawa sampai tingkat Nasional terkait isu melemahnya karakter anak bangsa akhir-akhir ini, dan saya ingin membangun kembali hal tersebut melalui pendidikan budaya sesuai dengan passion saya. (Dan) semoga saja advokasi saya ini banyak mendapat dukungan.

Pesan untuk mahasiswa penerima Bidikmisi UM

Tetaplah belajar, belajar, dan belajar tanpa bosan dan tanpa henti, karena saya percaya bahwa kehidupan kita tak akan pernah terlepas dari belajar. Semakin banyak belajar akan semakin tahu dan semakin yakin bahwa kita membutuhkan belajar untuk meningkatkan kapasitas diri. Meskipun kondisi pandemi, tetap berkarya sesuai dengan passion kita, pembatasan segala aktivitas bukan berarti pembatasan diri untuk berkreativitas.

 

Semoga menginspirasi ya teman-teman! Bidikmisi, Berprestasi Tiada Henti!

 

Reporter          : Ayu Anggraeni, Chantika Putri

Editor              : Ayu Anggraeni, Chantika Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *