MEET UP DTP: Antusiasme Tinggi, Siap Harumkan Universitas Negeri Malang  

MALANG, Formadiksi UM News – Jumat (30/8/2019) telah dilaksanakan meet up pertama antara peserta dan panitia program kerja Debate Training Programme (DTP) Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik (BEM FT) pukul 13.00 WIB.

Debate Training Programme sendiri merupakan program kerja dari Divisi Minat dan Bakat Formadiksi UM dengan tujuan untuk mewadahi Mahasiswa Bidikmisi UM yang memiliki minat di bidang public speaking untuk mengasah kemampuan khususnya di bidang debat.

“Saya cukup senang, mulai dari pendaftaran antusiasnya sangat luar biasa karena kita awalnya menargetkan 50 peserta, sekarang total pendaftarnya sekitar 60 peserta. Tujuan diadakan meet up ini agar peserta tahu mekanisme, teknis pelaksanaan, dan apa saja aturan-aturan selama pelatihan. Jadi nanti waktu pertemuan pertama pelatihan mereka tidak bingung sehingga tidak memakan waktu lagi untuk menjelaskan hal tersebut,” jelas Wecya Sugevin, Ketua Pelaksana DTP.

Debate Training Programme akan dilaksanakan di Sekretariat Formadiksi UM mulai tanggal 6 September hingga 25 Oktober 2019 pukul 15.30 – 17.00 WIB. DTP ini akan dibimbing oleh seorang pemateri yaitu Agelgara Kusuma Putra yang merupakan Tentor Bahasa Indonesia di Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Bela Cita Malang dan LBB Al-Azzar Malang. Beliau juga merupakan guru di SMAN 9 Malang dan SMA Alam Bilingual Surya Buana Malang serta owner Agiftmalang.

“Dari pertemuan yang awal ini sudah bagus, sehingga peserta sendiri tidak bingung untuk kegiatan selanjutnya. Sangat membantu sekali untuk pengenalan lebih dalamnya lagi ke pelatihan selanjutnya,” ujar Muslihin, Mahasiswa Baru Bidikmisi UM dari Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Nilna, salah satu peserta meet up menambahkan, “Jujur saya kalau berbicara di depan umum itu suka gagap. Saya sebenarnya sudah paham tentang apa yang saya sampaikan, sudah ada di otak tapi ketika menyampaikan ke orang itu biasanya mbulet atau bagaimana. Jadi saya tujuannya ya pengen bisa lebih lancar kalau mau berbicara sama orang dan berbicara di depan umum.”

Gevin juga menjelaskan teknis pelaksanaan pelatihan DTP yaitu terdapat teori, praktik dan ujian akhir.

“Setiap pertemuan ada materi yang berbeda-beda yang akan disampaikan, ada teori juga praktik dan di pertemuan terakhir ada ujian akhir. Ujian akhir nanti yang seperti disampaikan waktu meet up ada pendelegasian, jadi nanti akan dipilih yang terbaik untuk didelegasikan.”

Gevin juga berharap jika output dari pelatihan DTP yaitu Mahasiswa Bidikmisi UM dapat menerapkan ilmunya terutama untuk mengikuti lomba atau event public speaking yang nantinya bisa mengharumkan nama Universitas Negeri Malang.

“Harapan setelah meet up ini peserta tambah semangat untuk mengikuti pelatihan dan serangkain kegiatan dari awal sampai akhir yang nantinya akan diharapkan output dari pelatihan ini yaitu Mahasiswa Bidikmisi UM dapat menerapkan di bidang public speaking dan nantinya bisa mengharumkan nama Universitas Negeri Malang,” tutup Gevin.

 

Reporter          : Rindiani Sholikatun

Editor              : Muhamad Fiqran Nurfan P.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *